ilustrasi makana sehat yogurt (Photo by Tiard Schulz on Unsplash)

Ternyata, Menu Diet juga Mengandung Gula Tersembunyi

17 May 2021   |   21:16 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pada saat sedang menjalankan diet, sering kali seseorang menghindari gula karena dianggap dapat merusak program diet yang dijalankan. Padahal, gula juga terdapat di dalam berbagai menu diet dan makanan sehat lho.

Dokter spesialis gizi klinik Diana F Suganda menuturkan bahwa gula memang sangat sulit untuk dihindari. Sebab, gula tidak hanya ditemukan pada makanan yang manis saja. Berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, bahkan yang tidak manis sekalipun, tetap memiliki gula tersembunyi.

Tahukah Genhype, ternyata hal ini tidak disadari oleh sebagian besar masyarakat. Selain itu, sebagian dari mereka juga belum mengetahui menu makanan sehat dan untuk diet.

Diana menyebutkan, untuk beberapa menu diet seperti granola yang selama ini diyakini rendah kalori ternyata kandungan gulanya mencapai 20 gram per sajian.

Begitu pula dengan snack bar atau healthy bar yang diklaim berasal dari buah-buahan pun tak luput dari gula tersembunyi yang jika dihitung jumlahnya sekitar 10 gram hingga 20 gram per sajian.

Adapun untuk minuman yogurt yang sering dijadikan campuran smoothies atau minuman pendukung diet memiliki kandungan gula yang cukup tinggi mencapai 20 gram per sajian.

”Banyak masyarakat yang sering berpikir bahwa menu makanan itu sehat sehingga boleh dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Padahal, di dalam setiap sajian kandungan gulanya terbilang cukup banyak. Tak heran bila 30% masyarakata Indonesia mengonsumsi lebih dari batas yang ditetapkan WHO,” jelasnya.

Susu almond yang saat ini sedang menjadi tren dan dianggap menyehatkan pun ternyata mengandung gula tersembunyi sebanyak 10,5 gram per sajian. Apalagi untuk jenis kudapan seperti puding atau cake, kandungan gulanya bisa lebih dari 20 gram. So agar kesehatan terjaga, atur dengan baik asupan kalian ya.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Lucy in The Sky Bakal Buka 7 Gerai dengan Konsep Lebih Segar

BERIKUTNYA

Wah! Lisa BLACKPINK Dikonfirmasi Hadir Dukung iKON di Kingdom

Komentar

Widya NR

Widya NR

14 Mar 2023 - 12:01

aku baru tau ternyata masih banyak makanan diet yang cukup tinggi gula, padahal aku udh mengurangi gula dengan cara cari <a href="https://modusgaia.com/" rel="dofollow">rekomendasi</a> pengganti gula seperti madu, makasih infonyaa


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: