Ilustrasi diet sehat. (Sumber foto: Pexels/Gustavo Fring)

Mau Punya Badan Ideal? Intip 3 Jenis Diet yang Sehat & Aman

12 March 2023   |   14:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype mungkin ingin menurunkan berat badan karena alasan pribadi atau untuk menjaga kesehatan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi upaya menurunkan berat badan di antaranya melakukan perubahan pola makan, olahraga, dan gaya hidup. Kendati demikian, diet yang dilakukan harus tepat dan aman.

Spesialis Gizi Klinik dari Eka Hospital BSD dr. Oki Yonantan menyampaikan diet memang dirancang untuk mencapai berat badan ideal. Namun, jika dilakukan tanpa pengetahuan yang benar, diet hanya akan membuang waktu dan tenaga, bahkan dapat membahayakan kesehatan.

Baca juga: Jangan Langsung Cheating Day Aja, Pahami Dulu Risikonya Buat Diet Kalian

Seperti contoh diet intermittent fasting yang merupakan diet yang terinspirasi dari metode puasa. Metode diet ini menganjurkan seseorang hanya akan mengonsumsi kalori sesuai kebutuhannya dan berpuasa selama 14-16 jam.

Diet intermittent fasting sudah sering dilakukan banyak artis, seperti Nicole Kidman dan Beyonce. Walaupun terkesan sehat, akan tetapi diet ini tidak cocok untuk semua orang.

Oki mengatakan jenis diet tersebut bisa saja menyebabkan masalah pada sistem metabolisme dan justru malah mengganggu kesehatan, terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan diet yang tepat dan sehat, tidak sekadar ikut-ikutan.

Dia menjelaskan penting untuk mengetahui kondisi tubuh sebelum menentukan program diet yang akan dijalankan. Jika salah langkah, program diet justru dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius karena kekurangan nutrisi yang seharusnya dibutuhkan setiap hari.

“Hindari untuk terlalu membatasi makanan meski sedang dalam diet karena asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat tetap dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Oki dalam keterangannya dikutip Hypeabis.id, Minggu (12/3/2023). 

Dalam menentukan program diet, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan. Pasalnya, setiap orang memiliki proporsi serta reaksi tubuh yang berbeda-beda.

Kendati demikian, menurut Oki ada beberapa diet yang aman dan telah terbukti memiliki manfaat kesehatan, terutama dalam menjaga berat badan ideal atau menurunkan berat badan. Apa saja? Berikut di antaranya:
 

Ilustrasi diet. (Sumber foto: Pexels/Andres Ayrton)

Ilustrasi diet. (Sumber foto: Pexels/Andres Ayrton)


1. Diet Keto

Diet ketogenik atau diet keto adalah salah satu jenis diet yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Diet ini merupakan diet yang memfokuskan kamu untuk mengonsumsi lebih banyak protein daripada karbohidrat sebagai sumber energi utama. Dengan demikian, tubuh  akan terlatih untuk membakar lemak ketimbang gula untuk menghasilkan energi.

Makanan pada diet ketogenik mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi, kentang, gandum dan memfokuskan pola makan dengan kandungan lemak tinggi seperti daging merah, telur, dan produk susu. Jenis diet ini sudah sering dilakukan banyak orang yang ingin membangun kebugaran. Diet keto merupakan jenis diet yang aman dilakukan untuk penderita epilepsi. 

Para peneliti telah menemukan bahwa diet keto dapat mengurangi risiko kejang karena kadar gula yang rendah dan kadar lemak tinggi di dalam tubuh. Dengan demikian, diet ini mempengaruhi cara kerja rangsangan otak dan mengurangi kecenderungan untuk menimbulkan gejala kejang yang dimiliki penderita epilepsi.

Kendati demikian, diet ini tidak dianjurkan untuk penderita kadar kolesterol tinggi. Pasalnya, konsumsi lemak yang berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.
1
2


SEBELUMNYA

Selain Suzume No Tojimari, Cek 5 Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai Lainnya

BERIKUTNYA

Hypereport: Ujung Tombak dan Potensi Domestikasi Hewan di Indonesia

Komentar

Widya NR

Widya NR

14 Mar 2023 - 11:52

Ternyata ada banyak jenis diet ya, selama ini dietku cuma makan makanan sehat <a href="https://modusgaia.com/" rel="dofollow">rekomendasi</a> dari dokterku, makasih infonyaa!


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: