Makoto Shinkai dalam acara diskusi film The Garden of Words di Moskow, Rusia. (sumber foto/wikipedia/Ilya Voyager)

Selain Suzume No Tojimari, Cek 5 Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai Lainnya

12 March 2023   |   12:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Makoto Shinkai baru saja meluncurkan anime berjudul Suzume No Tojimari di bioskop Indonesia pada Rabu, (8/3/23). Para pencinta animasi di Tanah Air pun banyak yang tertarik untuk menyaksikan karya terbaru sutradara legendaris asal Jepang itu.

Ya, bagi pencinta animasi karya-karya Makoto Shinkai memang terus ditunggu penggemar. Pasalnya, Shinkai selalu berhasil menghadirkan visual yang indah, lewat karakternya yang kokoh dan elemen cerita unik dalam menggali sisi emosional penonton.

Makoto Shinkai bahkan digadang sebagai penerus Hayao Miyazaki, dari Studio Ghibli. Namun, tentu mereka berbeda, jika Miyazaki membuat lanskap anime sebagai panggung indah dari hasil imajinasinya, Shinkai justru sering mengambil landmark dari dunia nyata agar penonton mudah melakukan asosiasi dengan realitas.

Baca juga: Review Suzume no Tojimari, Romansa Berbalut Bencana Gempa dari Makoto Shinkai

Mengawali karir dengan film pendek Others Worlds (1997) nama Makoto Shinkai mulai dikenal saat filmnya, She and Her Cat (1999) meledak di pasaran. Berdurasi 5 menit, film tentang seekor kucing jantan dan pemilik perempuannya ini berhasil menghadirkan perspektif berbeda mengenai manusia dengan realitas sekitarnya.

Dari sinilah, perlahan nama Makoto Shinkai moncer di industri film anime Jepang dan dikenal sebagai sineas dengan sederet karya fenomenal. Tak hanya itu, banyak dari karya-karyanya bahkan menjadi big hit di seluruh dunia dan mencetak Box Office. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 anime terbaik dari Makoto Shinkai.


1. 5 Centimeters Per Second


5 Centimeters per Second merupakan salah satu mahakarya Shinkai yang dibuat pada 2007. Mengambil genre romansa animasi berdurasi 1 jam 3 menit ini memiliki premis sederhana. Yaitu tentang dua orang yang saling mencintai tapi terpisahkan oleh jarak dan tidak mampu mengutarakan perasaan mereka satu sama lain.

Adapun, animasi ini terdiri dari tiga bagian, yakni Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second. Ketiganya mengikuti karakter Takaki dan Akari, dua sahabat sejak kecil yang terpaksa berpisah saat Akari harus pindah sekolah di kota yang berbeda. Mereka pun mengakalinya dengan surat menyurat.

Namun, seiring berjalannya waktu, kontak mereka satu sama lain mulai berhenti. Tahun demi tahun berlalu dan keretakan di antara mereka semakin besar. Takaki pun mengingat saat-saat yang mereka bagi bersama, tetapi saat kehidupan terus berlanjut untuknya, dia bertanya-tanya apakah dia akan diberi kesempatan untuk bertemu Akari lagi.


2. Your Name

 


Kimi No Nawa atau Your Name merupakan karya fenomenal dan film tersukses di Jepang dan dunia setelah Spirited Away dari Studio Ghibli. Dirilis pada 2016 animasi ini bahkan meraup keuntungan sekitar US$250 juta dan ditayangkan di lebih dari 120 negara, termasuk China dan Korea Selatan.

Masih mengusung genre romansa dengan bumbu fantasi, Your Name mengisahkan tentang Taki Tachibana yang tinggal di metropolitan Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang tinggal di pedesaan. Suatu hari keduanya menyadari bahwa tubuh mereka telah tertukar, tapi akhirnya perlahan menikmati perubahan aneh tersebut hingga menemukan lingkungan dan budaya yang baru.

Suatu ketika, sebuah komet jatuh di wilayah tempat tinggal Mitsuha, hingga akhirnya mereka tak lagi sering bertukar tubuh. Tali pun mencoba mengunjungi Mitsuha, tapi yang didapati adalah sebuah kampung yang hancur akibat ledakan komet. Di sinilah Taki berjuang sekuat tenaga menyelamatkan seorang perempuan yang bahkan belum pernah ditemuinya.
1
2


SEBELUMNYA

Tak Sesuai Izin, Puluhan Resor di Kepulauan Anambas Disegel Pemerintah

BERIKUTNYA

Mau Punya Badan Ideal? Intip 3 Jenis Diet yang Sehat & Aman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: