Voxxes (Sumber gambar: Voxxes Music)

Voxxes Kembali Rilis Single Terbaru, Without You, dengan Kisah Percintaan yang Mengharu Biru

07 March 2023   |   09:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Grup musik pop-indi Voxxes kembali merilis single, kali ini bertajuk Without You. Lagu ini menjadi tembang ketiga yang akan menjadi bagian dalam album perdana mereka. Sebelumnya, Voxxes telah merilis dua single berjudul Paris (2022) dan Frences (2021).

Karya-karya Voxxes selama ini dikenal kerap mengusung tema romantisme atau mengeksplorasi seputar percintaan. Namun, dalam single Without You, menjadi kali pertama bagi mereka mengisahkan hubungan percintaan yang kandas yang bisa saja membuat pendengarnya merasakan galau.

Baca juga: Spotify Rilis DJ, Fitur Rekomendasi Pilihan Lagu Berbasis AI

"Single ini akan jadi lagu sedih pertama dari album Zero Hour. Lagu Without You merepresentasikan orang-orang yang penuh dengan memori baik dengan seseorang yang tidak lagi bersama mereka," kata Qashmal Zhafari, vokalis Voxxes.

Seperti judulnya, lirik lagu Without You yang ditulis oleh Zhafari ini menggambarkan proses seseorang yang tengah membiasakan diri dalam kesendiriannya tanpa seorang pasangan di sampingnya. Lagu ini tertulis dan disenandungkan dengan syahdu dan sendu, membawa single ketiga Voxxes ini sebagai warna baru dalam album perdananya mendatang.

Meski begitu, lagu ini tetap menjadi materi yang menarik dan segar dengan adanya balutan musik yang terdengar menyenangkan yang diusung oleh Voxxes. Without You dipersembahkan sebagai narasi klasik dari kisah patah hati seseorang dengan rangkaian synthesizer, serta hook yang menyenangkan dan menarik perhatian.

"Beda sama dua single sebelumnya yang punya warna cerah, Without You ini jadi yang paling moody dari sisi materi. Lagu ini bisa dibilang lagu upbeat tapi punya makna dan rasa yang sedih secara nada dan lirik," jelas Zhafari.
 

Voxxes (Sumber gambar: Voxxes Music)

Artwork single Without You (Sumber gambar: Voxxes Music)

Abbyan Faizy, sang gitaris, mengatakan bahwasanya lagu terbaru mereka ini cocok dinikmati ketika pendengar sedang merasa rindu dengan seseorang namun telah berada di fase yang tepat untuk mengikhlaskan kondisi mereka yang tidak lagi bersama. 

"Lagu Without You itu kalau menurut gua semacam treatment kita untuk menikmati kesedihan in a different way sih. Jadi mungkin kalau di fase kehidupan asli, lagu ini cocok buat didengerin pas lagi rindu dengan seseorang ketika kita sudah di tahap ikhlas untuk merelakan," kata pria yang akrab disapa Abby itu.

Hal tersebut juga diamini oleh Faishal Tanjung, sang keyboardist. Menurutnya, secara lirik, lagu ini bisa dibilang sangat kental dengan lirik yang terdengar sedih semenjak lagu Cigarettes. "Lucunya, lagu ini dibalut sama vibe yang gemas secara instrumennya," ujarnya.
 

Di sisi lain, Rayhan Rizki yang merupakan produser dari semua karya-karya Voxxes memperjelas bahwa single terbaru mereka merupakan lagu yang cukup kuat secara penulisan materi. “Single Without You jadi salah satu lagu yang secara penulisan materinya memang enak banget sih," katanya.

Meski memakan waktu produksi yang relatif cepat, single Without You digarap secara matang oleh Voxxes. Salah satu yang menjadi tantangan utama selama penggarapan lagu ini adalah ketika rekaman vokal Zhafari yang menghabiskan beberapa waktu untuk mendapatkan nuansa vokal yang maksimal.

Tak hanya berfokus pada produksi musik, Voxxes juga masih menaruh perhatian besar dalam penyampaian lagunya melalui visualisasi artwork lagu mereka. Untuk single Without You, mereka menggambarkan sepasang kekasih di tengah cerahnya kota Paris dengan sentuhan cahaya gelap pada visualnya sebagai gambaran bagaimana sebuah hubungan kerap berjalan.

"Artwork ini menggambarkan bahwa sebuah hubungan enggak selalu senang-senang aja, tapi juga ada kurangnya. Kalau enggak pas, pada akhirnya bisa selesai juga," ucap Zhafari.
 

Voxxes (Sumber gambar: Voxxes Music)

Voxxes (Sumber gambar: Voxxes Music)

Voxxes merupakan grup band indie yang digawangi oleh Qashmal Zhafari (vokal), Rayhan Rizki (kibor & suara latar), Resky Pratama (drum), Faris Rozaan (bas), dan Abbyan Faizy (gitar).

Aktif bermusik sejak 2019, karya-karya Voxxes turut membawa grup musik dengan gaya pop ini semakin produktif berkarya di industri musik hingga saat ini. Dikenal erat sebagai grup band yang memiliki kesan roman di setiap materi musiknya, Voxxes menjadikan hal tersebut sebagai harapan menjadi zona nyaman bagi setiap pendengarnya dalam mengekspresikan cinta melalui karya-karyanya.

Selain mengusung roman di setiap materinya, gaya Pop pada grup band ini kerap diasosiasikan dengan kebebasan. Hal ini turut memengaruhi proses kreatif Voxxes dalam mempersembahkan karya-karyanya yang tidak terbatas untuk berkembang, serta menikmati setiap bentuk proses dalam eksplorasi bermusik mereka. 

Baca juga: Angkat Tema Situationship, Girl Group Asal Indonesia V1RST Rilis Lagu Rasa

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Konser 20 Tahun Maliq & D'Essentials Dihelat Mei 2023, Simak Cara Beli Tiketnya

BERIKUTNYA

Bersiaplah untuk KCON 2023: Tiga Alasan Mengapa Acara Ini Wajib Kamu Saksikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: