Ilustrasi fitur DJ Spotify (sumber gambar Spotify)

Spotify Rilis DJ, Fitur Rekomendasi Pilihan Lagu Berbasis AI

23 February 2023   |   16:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Implementasi teknologi kecerdasan buatan (AI) memang kian nyata dalam kehidupan sehari-hari. Terbaru, platform musik streaming Spotify meluncurkan fitur berbasis AI yang disebut DJ. Fungsi fitur ini adalah untuk mempersonalisasi pengalaman mendengarkan musik bagi pengguna.

Dikutip dari laman resmi Spotify, fitur DJ dapat membuat daftar putar atau playlist yang mengikuti selera musik pengguna. Namun, untuk saat ini, fitur DJ Spotify baru diluncurkan dalam versi beta bagi pengguna aplikasi Spotify premium di Amerika Serikat dan Kanada.

Kendati berbasis AI, nantinya pengguna akan tetap memiliki kendali penuh atas musik apa yang sedang diputar. Oleh karena itu, jika mereka tidak menyukainya, maka  dapat mengetuk tombol DJ untuk mengganti genre, artis, dan gaya musik yang dikehendaki.
 
 

Spotify menyatakan mereka juga menyediakan editor musik, pakar, penulis naskah, dan kurator data dengan akses ke teknologi AI Generatif OpenAI untuk meningkatkan wawasan mereka tentang musik, artis, dan genre.

Tak hanya itu, untuk membuat model suara di fitur DJ, mereka menggunakan suara Head of Cultural Partnerships mereka sendiri, Xavier “X” Jernigan. Pria itu sebelumnya merupakan salah satu pembawa acara di acara pagi pertama Spotify yang populer di platform tersebut.

Hal itu disebabkan acaranya yang bertajuk The Get Up berhasil mendulang antusiasme lewat kepribadian dan suaranya dinilai selaras dengan pendengar Spotify. Selain model suara Xavier juga kembali digunakan karena terbukti telah berhasil memiliki sejumlah pengikut setia podcast.
 
"Suaranya adalah model pertama untuk DJ, dan kami akan terus mengulang dan berinovasi, seperti yang kami lakukan dengan semua produk kami," tulis Spotify dalam laman resmi mereka.

Lebih lanjut, fitur DJ juga akan menyortir musik terbaru dan lama yang menjadi favorit pengguna. Lalu akan meninjau apa yang mungkin pengguna nikmati, serta memberikan deretan lagu yang dipilih dan dapat membuat komentar yang relevan secara budaya serta akurat dalam skala yang besar.

Fitur DJ ini juga berfungsi seperti stasiun di Spotify, di mana aliran lagu tidak akan berakhir. Perusahaan mengatakan fitur tersebut merupakan kombinasi dari teknologi personalisasi yang ada, suara AI dari akuisisi Sonantic, dan AI Generatif melalui penggunaan teknologi OpenAI.

Adapun, untuk menggunakan fitur Spotify DJ, simak caranya di bawah ini, seperti dikutip dari laman resmi mereka.

1. Buka Umpan Musik Anda di Beranda di aplikasi seluler Spotify di perangkat iOS atau Android Anda.

2. Ketuk Mainkan di kartu DJ.

3. Biarkan Spotify melakukan sisanya! DJ akan menyajikan rangkaian musik bersama komentar singkat tentang lagu dan artis, yang dipilih khusus untuk Anda. 

4. Ketika kamu tidak tertarik maka bisa menekan tombol DJ di kanan bawah layar untuk dibawa ke genre, artis, atau mood yang berbeda dan mungkin kamu ingin dengar.

Baca juga: Didominasi Aura Positif, Cek Tiga Mood Musik Teratas di Spotify 2023


Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Restoran Vegetarian Tertua di Dunia ada di Swiss, Intip Apa Saja Makanannya

BERIKUTNYA

Anak Angelina Jolie Berani Potong Rambut untuk Dukung Wanita di Iran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: