Ilustrasi Michelangelo (Sumber gambar: Perpustakaan Wellcome, London/Creative Commons)

Profil Michelangelo, Maestro Seni Multitalenta dari Era Renaissans

06 March 2023   |   17:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Nama Michelangelo tidak bisa dipisahkan dari tonggak masa keemasan periode Renaisans. Sebagai seniman multitalenta, bahkan karya-karyanya masih bisa dinikmati hingga sekarang yang tersebar di berbagai negara, mulai dari patung hingga lukisan.

Dianggap sebagai salah satu seniman terbaik sepanjang masa, Michelangelo juga sering disebut sebagai rival dari Leonardo da Vinci. Kendati keduanya dalam zaman yang berbeda, tapi Michelangelo juga berebut predikat Bapak Renaisans dengan Da Vinci.

Lahir hari ini pada 6 Maret 1475, seniman asal Toskana Italia itu memang berhasil menciptakan sederet karya masyhur. Beberapa di antaranya adalah fresco The Creation of Adam, Patung David, Patung Pieta, lukisan Penghakiman Terakhir, dan masih banyak lagi. Namun, siapakah sebenarnya Michelangelo, dan apa kontribusinya dalam kesenian dunia?

Baca juga: Profil Henri Matisse, Maestro Lukis yang Menjadi Guru & Rival Pablo Picasso


Lahirnya Seniman Berbakat

Michelangelo Buonarroti lahir di desa kecil Caprese, sekarang Toskana, di Italia. Dia merupakan anak seorang hakim yang tumbuh besar di kota Florence, pusat awal gerakan Renaisans yang dihelat oleh para pendahulunya, termasuk da Vinci.  

Sejak kecil Michelangelo memang sudah tertarik dengan dunia seni, khususnya melukis. Menurut sejarawan klasik Giorgio Vasari, bahkan dia bakal menggambar apa saja yang dia lihat di sekitarnya untuk dituang dalam bentuk gambar.

Leonardo di Buonarroti, sang ayah yang menyadari bakat Michelangelo kemudian mengirimnya ke bengkel pelukis ternama di Florence, yaitu pelukis Domenico Ghirlandaio, Hal ini saat anaknya berusia 13 untuk belajar melukis selama satu tahun.

Kemudian, pada 1490, Michelangelo kembali nyantrik atau berguru pada pematung Bertoldo di Giovanni dan tinggal di Istana Medici.  Di bawah asuhan sang maestro, dia mempelajari semua koleksi seni keluarga wangsa Medici yang saat itu menguasai Italia, termasuk patung-patung dari zaman Romawi.


Karya Patung  Michelangelo

Namun, setelah wangsa Medici digulingkan pada 1494, Michelangelo pergi ke Bologna dan Roma dimana dia melakukan sejumlah pekerjaan. Salah satunya adalah Pieta (1498), sebuah patung yang menggambarkan sosok Bunda Maria saat memangku jenazah Yesus.

Lewat kemampuannya yang luar biasa, Michelangelo menciptakan dua patung yang imbang dari satu balok batu marmer. Patung Pieta kelak dianggap sebagai salah satu mahakarya terbesar dunia dan saat ini, berada di Basilika Santo Petrus Vatikan.
 
 

Kesuksesan Pieta membawa Michelangelo ke pekerjaan berikutnya, membuat patung David untuk Katedral Florence. Patung itu menggambarkan David saat sedang mendekati musuh bebuyutannya Goliat. Karya ini juga menjadi demonstrasi kepiawaian sang seniman mengenai anatomi tubuh manusia.

Tak hanya itu, Michelangelo kembali membuat patung 12 murid Yesus dengan menggunakan batu marmer di katedral Florence pada 1505. Namun, pekerjaan itu ditinggalkan saat dia diminta mengerjakan makam Paus Julius II di Basilika St Petrus di Vatikan hingga  dia membuat puluhan patung di sana. 

Baca juga: Salvador Dali, Seniman Nyentrik yang Karyanya Diadaptasi Film Money Heist
1
2


SEBELUMNYA

Hasil MPL ID S11 Pekan 3: ONIC Makin Meroket, Alter Ego Kian Merosot

BERIKUTNYA

Efektif 20 Maret 2023, Ini Daftar Merek Mobil & Motor Listrik yang Dapat Subsidi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: