Laptop gaming ASUS ROG Strix Scar 16/18 (Sumber foto: Hypeabis.id/Syaiful)

Mengintip Jajaran Laptop Gaming ASUS yang Bakal Rilis Sepanjang 2023 

05 March 2023   |   19:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Bermain gim telah menjadi salah satu hiburan utama masyarakat di dunia. Jumlah pemain gim (gamer) dari tahun ke tahun terus meningkat. Perangkat yang dipakai juga makin beragam, mulai dari konsol khusus hingga komputer pribadi. 

Selain format desktop yang banyak diandalkan para gamer, komputer jinjing alias laptop juga jadi pilihan untuk bisa memainkan judul-judul permainan favorit. Jika bicara soal merek laptop khusus gim (gaming), salah satu top of mind di benak banyak gamers adalah Republic Of Gamers (ROG). 

Brand gaming dari ASUS itu nyatanya menguasai sekitar 50 persen pangsa pasar laptop gim di dalam negeri, berdasarkan data aktivasi NVIDIA. Dengan begitu, ROG masih menjadi pilihan pemain gim di Indonesia dibandingkan dengan brand lain seperti Legion dari Lenovo, Predator dari ACER, Omen dari HP, dan yang lainnya. 

Baca juga: Menjajal ASUS ProArt Studiobook 3D OLED, Laptop dengan Fitur Layar 3 Dimensi 

ASUS Southeast Asia Regional Director, Jimmy Lin, mengatakan bahwa perusahaan terus menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna untuk tetap relevan. Tak terkecuali pada tahun ini. 

Dia menjabarkan bahwa jajaran laptop gaming ROG tidak hanya tampil dengan pembaruan spesifikasi software dan hardware saja, tapi tampilan dan fitur baru yang dirancang khusus untuk memanjakan gamer hingga content creator

“Kami tidak sabar untuk segera menghadirkan semua jajaran laptop gaming terbaru di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi. 

Dalam kesempatan Media Gathering belum lama ini, Technical Public Relations ASUS Indonesia, Riandanu Madi Utomo, menuturkan bahwa jajaran laptop gim ASUS yang dihadirkan pada tahun ini punya beberapa peningkatan fitur.

Pertama, Nebula Display. Salah satu fitur unggulan ASUS di sisi layar ini memang sangat menarik, karena menghadirkan spesifikasi yang jempolan untuk sebuah laptop gim. Sayangnya pada tahun lalu fitur ini hanya eksis di sebagian kecil produk perusahaan. Menurut Danu, pada tahun ini sekitar 90 persen laptop anyar ASUS bakal menyematkan fitur tersebut. 

Kedua, NVIDIA Optimus yang bakal hadir di semua line-up gaming perusahaan. Nvidia Optimus merupakan sistem yang dikembangkan untuk mengoptimalkan kinerja kartu grafis, dan akan berefek pada ketahanan baterai.

Ketiga, Intelligence Cooling. Danu menuturkan bahwa beberapa laptop rilisan 2023 ini bakal menerapkan sistem pendinginan baru yang lebih efisien tapi tetap sunyi. Keempat, bundling laptop dengan aksesori seperti tetikus (mouse) berdasarkan jenis produk yang dibeli. 

Pada gelaran Consumer Electronic Show atau CES 2023 awal tahun ini, ASUS telah mengungkap daftar laptop gaming yang bakal meluncur sepanjang tahun ini, dan sebagian besar di antaranya juga dipastikan bakal masuk ke pasar dalam negeri 

Hypeabis.id, berkesempatan melihat langsung beberapa line-up gaming laptop ASUS dengan prosesor Intel Core Generasi ke-13, yang akan secara bertahap masuk secara resmi ke Indonesia. Yuk intip penampakannya. 

Baca juga: Sapa Fans DC, ASUS Resmi Luncurkan ROG Phone 6 Batman Edition

 

ROG Strix Scar 16/18

 


 

 

ROG Strix Scar 18 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

ROG Strix Scar 18 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)


Laptop ini boleh dibilang sebagai produk paling gahar dari ASUS. Lini Strix pada tahun ini juga mengalami perubahan format dari 15/17 inci pada tahun-tahun sebelumnya ke layar 16 dan 18 inci untuk produk yang akan meluncur. Selain ukurannya, perusahaan juga mengubah penampilan laptop dengan bagian belakang bodi yang telah dilengkapi lampu RGB. 

Dari sisi spesifikasi, ROG Strix Scar menjadi laptop yang yang menyematkan label ROG Nebula HDR - varian tertinggi fitur Nebula - dan resolusi QHD. Sistem pendinginnya dibekali dengan ROG Intelligent Cooling Technology yang memakai full width heatsink dan tri-fan
 

ROG Strix G16/18

ROG Strix G16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

ROG Strix G16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Satu tingkat di bawah Scar, ada laptop Strix G dengan format layar yang sama yakni 16 dan 18 inci. Saat ini, 18 inci merupakan format layar laptop gim terbesar di industri. Kendati punya ukuran layar yang besar, laptop ini punya berat yang mirip dengan produk 16/17 inci generasi sebelumnya. Bedanya, Strix G masih menyediakan beberapa konfigurasi prosesor seperti Intel i5 hingga i9, sementara Strix Scar lebih terbatas dengan spesifikasi paling mentok dari Intel. 
 

ROG Flow X16

ROG FLow X16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

ROG Flow X16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Salah satu produk ASUS paling inovatif ROG Flow juga kedatangan seri baru yakni X16. Laptop gaming ini mendapatkan peningkatan perangkat lunak dengan semua spesifikasi terbaru untuk 2023, termasuk Thunderbolt 4. Perangkat ini juga masih bisa dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan GPU eksternal.
 

ROG Zephyrus M16

 

 

 

Zephyrus M16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Zephyrus M16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Zephyrus menjadi lini gaming laptop ASUS yang punya tampilan stylish dan tetap portabel. Salah satu peningkatan paling signifikan perangkat ini dibanding seri sebelumnya adalah kehadiran Anime Matrix. Perusahaan menyebut bahwa fitur animasi di bagian bodi laptop itu juga punya bidang luas yang lebih besar. 
 

ROG Zephyrus G16

Zephyrus G16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Zephyrus G16 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Selain model M16, lini Zephyrus 2023 juga akan kedatangan G16. Seperti produk lainnya, laptop ini juga telah menggunakan prosesor Intel generasi terbaru yang punya performa lebih tinggi, serta graphics card NVIDIA GeForce RTX 4070 yang dilengkapi dengan Mux Switch dan Advance Optimus. 

\Selain untuk para gamers, laptop ini dirancang untuk para content creator dengan fitur seperti rasio bodi hingga 94 persen. Produk juga sudah terstandar ROG Nebula dengan color gamut 100 persen DCI-P3 dan sertifikasi Pantone Validated Display. 
 

TUF Gaming F15

TUF Gaming F15 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

TUF Gaming F15 (Sumber: Hypeabis.id/Syaiful)

Selain jajaran laptop ROG, ASUS juga punya lini gim TUF yang menyasar para pemain gim kasual. Laptop gaming versi hemat bujet. Untuk makin meluaskan pangsa pasarnya, perusahaan terus melakukan inovasi di lini ini, salah satunya adalah mengumumkan TUF Gaming F15 2023. 

ASUS menghadirkan perubahan desain di bodi utama perangkat, tapi tetap dengan warna yang sama. Selain itu, laptop ini juga mendapatkan peningkatan sejumlah fitur termasuk layar dengan color gamut 100 persen sRGB dan dukungan NVIDIA G-Sync. Tak lupa, perusahaan masih menyematkan sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810H untuk laptop ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Ringan di bawah Rp 10 Juta, Cocok untuk Mobilitas Tinggi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daftar Kegiatan yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berwisata di Pulau Bunaken

BERIKUTNYA

Kemenparekraf Buka Pendaftaran Festival Film Bulanan, Cek Informasinya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: