Pulau Bunaken, Sulawesi Utara (Sumber foto: Flickr/Fabio Achili)

Daftar Kegiatan yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Berwisata di Pulau Bunaken

05 March 2023   |   16:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian yang hendak berlibur untuk melepaskan penat setelah lama bekerja, Pulau Bunaken, yang terletak di Teluk Manado bisa menjadi pilihan. Tempat wisata di Sulawesi Tenggara itu menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, khususnya kekayaan biota bawah laut yang memesona. 

Dikutip dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pulau Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken yang merupakan kawasan konservasi. Taman ini memiliki wilayah yang terdiri dari perairan, pesisir daratan, dan gugusan pulau. 

Di Pulau Bunaken terdapat hamparan cekungan yang terbentuk pada masa pembentukan gunung api di Ratahan Minahasa. Bentukan ini pun membuat keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken tidak perlu diragukan lagi.

Tercatat, setidaknya 3.000 jenis ikan seperti ekor kuning, kudaikangusumi, goropa, emperor angelfish, almaco jack, spotted seahorse, dan masih banyak jenis lain yang ada di tempat ini. Ikan-ikan itu bertempat tinggal di karang-karang indah yang ada di bawah laut Taman Nasional Bunaken.

Baca juga: 4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu
 

Berikut adalah rangkaian kegiatan yang dapat kalian nikmati ketika mengunjungi destinasi wisata Bunaken, sebagaimana dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber:


Berenang

Di Pulau Bunaken, salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pelancong adalah berenang. Air laut jernih dan biru menjadikan berenang sebagai kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Kejernihan air laut di sekitar Pulau Bunaken dapat membuat wisatawan dapat menikmati keindahan yang ada di bawahnya. Saat berenang, jangan lupa untuk memperhatikan sejumlah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi keamanan dan keselamatan. 
 

Diving

Selain berenang biasa, para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bunaken juga dapat melakukan aktivitas diving atau menyelam. Keindahan alam bawah laut di sekitar pulau ini menjadikan kegiatan ini tidak boleh dilewatkan. Saat menyelam, tidak jarang ikan-ikan cantik dan menawan akan menghampiri kalian. Selain ikan dan fauna lainnya, terumbu karang yang berada di bawah laut juga menjadi pemandangan yang akan memanjakan mata.


Snorkeling

Jika kalian belum memiliki keahlian atau sertifikat untuk melakukan diving, snorkeling bisa menjadi pilihan aktivitas ketika berada di laut sekitar Pulau Bunaken. Keindahan bawah laut masih akan terlihat menawan. Menikmati pemandangan bawah laut di sekitar pulau ini dijamin akan menjadi pengalaman dan cerita yang tidak akan pernah dilupakan. Jangan lupa juga untuk membawa kamera guna mengabadikan kegiatan ini. 
 

Berjemur & Menikmati Matahari Terbenam

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh para wisatawan ketika berada di Pulau Bunaken adalah berjemur di atas pasir pantai yang lembut. Sinar matahari, udara laut, dan pasir pantai menjadi perpaduan sempurna bagi wisatawan. Tidak hanya itu, saat sore hari, wisatawan juga dapat menikmati matahari terbenam yang indah sambil berjemur. Lembayung senja yang terdapat di pantai menyajikan lukisan alam yang sangat luar biasa di langit Bunaken.
 

Berkeliling dengan Perahu atau Kapal

Kegiatan lainnya yang dapat kalian lakukan ketika berada di sini adalah berkeliling dengan menggunakan perahu atau kapal. Taman Nasional Bunaken tidak hanya sekedar Pulau Bunaken. Jadi, wisatawan dapat menikmati keindahan lainnya pulau-pulau yang menjadi bagiannya.

Tidak hanya itu, kalian juga dapat menikmati ikan-ikan yang berenang di laut Taman Nasional Bunaken ketika berkeliling. Pelancong dapat bertemu dengan lumba-lumba yang berada di sekitar taman nasional jika beruntung.
 

Jelajah Pulau Manado Tua

Wisatawan juga dapat menjelajahi keindahan alam Pulau Manado Tua  Dengan menggunakan perahu, pelancong dapat menuju pulau dan naik sampai ke puncak gunung api tidak aktif yang ada di tengah pulau. Pelancong dapat memanfaatkan pemandu wisata ketika hendak menikmati menyusuri dan menikmati keindahan pulau ini. 

Baca juga: Uji Adrenalin Berselancar di Pulau Panaitan, Salah Satu Ombak Terbaik di Dunia!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Jadwal MPL ID S11 5 Maret 2023, ONIC Lawan Rebellion Zion Hari Ini!

BERIKUTNYA

Mengintip Jajaran Laptop Gaming ASUS yang Bakal Rilis Sepanjang 2023 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: