ASUS ProArt Studiobook 16 3D OLED (Sumber: ASUS)

Menjajal ASUS ProArt Studiobook 3D OLED, Laptop dengan Fitur Layar 3 Dimensi 

27 February 2023   |   18:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada awal tahun ini, di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023, ASUS memperkenalkan sebuah produk inovatif yang menarik. ProArt Studiobook 16 3D OLED, sebuah laptop yang memungkinkan penggunanya merasakan pengalaman tiga dimensi dari gambar yang ditampilkan layar tanpa memerlukan bantuan kacamata khusus. 

Perangkat anyar tersebut belum secara resmi dihadirkan untuk pasar Indonesia. Akan tetapi, perusahaan telah memboyong laptop ini pada gelaran ASUS Indonesia “A Decade of Leadership” yang diadakan di Denpasar, Bali untuk dipresentasikan kepada sejumlah media. Hypeabis.id, bagian dari Bisnis Indonesia berkesempatan mengikuti acara itu dan menjajal sendiri laptop unik tersebut. 

Baca juga: Cek Spesifikasi Lengkap & Harga Asus ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming Berlayar Ganda 
 

(Sumber foto: Hypeabis.id/Syaiful M)

(Sumber foto: Hypeabis.id/Syaiful M)

Laptop seri ProArt memang dihadirkan perusahaan secara khusus untuk para pekerja kreatif. Perangkat ini dari tampilannya saja sudah berbeda dengan laptop pada umumnya. Salah satu pembeda utama adalah adanya ASUS Dial, yang berbentuk lingkaran di antara panel keyboard dan trackpad

ASUS Dial merupakan pengontrol fisik yang memberikan penggunanya kontrol instan dan presisi untuk sejumlah aplikasi kreatif, baik produktivitas maupun hiburan. Tombol itu bisa digunakan, misalnya, di Adobe Photoshop untuk mengubah ukuran kuas dengan cepat. Bisa juga dipakai untuk mengurangi volume laptop, dan lain-lain. 

Beralih ke fitur utamanya. Bagian layar yang memungkinkan pengguna yang duduk di hadapan laptop menikmati gambar tiga dimensi (3D) tanpa menggunakan kacamata atau perangkat khusus tambahan. Untuk dapat melakukan hal ini, perusahaan mengembangkan teknologi yang disebut ASUS Spatial Vision. 

Teknologi itu menawarkan pengalaman baru dan unik, yakni memunculkan gambar tiga dimensi pada layar laptop. Dengan mengaktifkan format 3D, hanya orang yang ada di depan laptop yang akan merasakan sensasinya. Sementara itu, orang lain yang melihat dari pinggir justru akan merasa ada yang aneh dengan layar laptop tersebut. 

Dalam acara yang digelar di Bali itu, ASUS Senior Technical PR Manager Andrew Chan mendemonstrasikan kemampuan laptop ProArt Studiobook 16 3D OLED. Setelah duduk tepat di depan laptop, dia mengoperasikan perangkat untuk masuk ke sebuah peranti lunak yang menampilkan sistem tubuh manusia. Dengan pen yang tersedia, dia melakukan gerakan-gerakan sembari memberi penjelasan.

“Saya bisa memilih bagian tertentu dari organ ini, lalu menariknya keluar, dan bagian itu akan muncul. Dan sekarang saya bisa melihatnya dalam format tiga dimensi,” katanya. 
 

(Sumber foto: Hypeabis.id/Syaiful M)

(Sumber foto: Hypeabis.id/Syaiful M)

Awak media yang menyaksikan demo tersebut dari dekat merasa aneh karena layar laptop terlihat biasa saja, malahan ada semacam distorsi. Akan tetapi, ketika mulai duduk di depan laptop, penulis baru paham tentang hal yang dibicarakan. Layar tersebut memang memunculkan gambar 3D. 

Hal ini dimungkinkan karena teknologi ASUS Spatial VIsion melakukan pelacakan mata pengguna memakai kamera ganda. Aplikasi lalu melakukan rendering dan weaving secara real time untuk membuat gambar 3D, yang menyesuaikan saat pengguna mengubah posisi tampilan. 

Selain demonstrasi terkait sistem tubuh untuk keperluan edukasi, penulis juga menyaksikan cuplikan video (trailer) film Avatar: The Way of Water (2022) dengan format tiga dimensi di depan laptop tersebut. Rasanya cukup aneh karena belum terbiasa, tapi juga menakjubkan. Hewan dan tumbuhan eksotik dari Pandora terlihat timbul dan mengambang. 

Di luar kekhususannya menampilkan media dalam format tiga dimensi, laptop ProArt Studiobook 16 3D OLED juga dibekali dengan spesifikasi perangkat jempolan. Berdasarkan lembar informasi yang ada berikut rinciannya: 
 
  • Prosesor: Intel Core i9-13980HX 
  • Sistem Operasi: Windows 11 
  • Kartu Grafis: GeForce RTX GPU (NVIDIA Studio drivers, MUX Switch) 
  • RAM: Up to 64GB DDR5 4.800Mhz 
  • Memori Penyimpanan: Up to 8TB PCle 4.0 SSD Storage 
  • Layar: 16 inci, resolusi 3,2K 120Hz 3D OLED, 100?I-P3 
  • Baterai: 90Wh 
  • Sertifikasi: Pantone Validated TUV Rheinland Certified, Dolby Vision Atmos 

Seperti disebutkan sebelumnya, perusahaan masih belum memasukkan laptop dengan layar tiga dimensi itu ke pasar Indonesia. Akan tetapi, tim ASUS memastikan bahwa perangkat tersebut akan rilis dan menyapa para pengguna di dalam negeri. Gimana Genhype, apakah kalian menantikan laptop ini? 

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Ringan di bawah Rp 10 Juta, Cocok untuk Mobilitas Tinggi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Lineup Joyland Festival Bali 2023, dari Phoenix hingga M.I.A

BERIKUTNYA

5 Lukisan Termahal Karya Seniman Wassily Kandinsky, Bapak Seni Abstrak Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: