Sally Field di film Hello, My Name Is Doris (2015). (Sumber foto: Stage 6 Films)

Simak Profil Aktris Sally Field, Penerima SAG Life Achievement Award 2023

27 February 2023   |   18:51 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Aktris senior Sally Field dianugerahi penghargaan pencapaian seumur hidup Screen Actors Guild 2023, menandai kariernya dalam industri film dan televisi. Yang membuat momen ini jadi lebih mengesankan, lawan mainnya di franchise The Amazing Spider-Man, Andrew Garfield, menyerahkan langsung trofi kepada Field.

Dalam pidatonya, Field mengatakan bahwa akting baginya tidak pernah tentang kebutuhan untuk menyembunyikan diri di balik karakter orang lain. Akting selalu tentang menemukan beberapa momen berharga di mana dia merasa hidup.

Baca juga: Grammy Awards Bikin Kategori Penghargaan Khusus untuk Musisi Hiphop Legendaris Dr. Dre

Dia pun mengulas kembali tentang perjalanan awal kariernya mengisi peran yang lebih ringan seperti di serial Gidget, Field mengakui bahwa meskipun jalannya tidak mudah, dia tahu ada banyak aktor dan aktris lainnya yang memiliki pengalaman lebih sulit.

"Ketika saya melihat-lihat ruangan ini malam ini, saya tahu pertarungan saya, sekeras apa pun itu, ringan dibandingkan dengan beberapa pertarungan Anda. Easy is overrated," ujarnya pada seremoni yang berlangsung di Fairmont Century Plaza, Los Angeles, Minggu (26/2/2023).

Sally Field adalah penerima penghargaan ke-58, menyusul ikon legendaris lainnya seperti Frank Sinatra, Elizabeth Taylor, Betty White, Morgan Freeman, Julie Andrews dan penerima penghargaan tahun lalu, Helen Mirren. Adapun, Life Achievement Award diperuntukkan bagi individu yang telah menunjukkan pencapaian luar biasa dalam mengembangkan cita-cita terbaik dari profesi akting.

Field mendapatkan delapan nominasi penghargaan SAG sebelumnya, termasuk kemenangannya tahun 2008 untuk Aktris Luar Biasa dalam serial drama Brothers & Sisters. Penulis buku In Pieces itu memulai kariernya di komedi situasi komedi pada 1960-an, memainkan peran tituler dalam Gidget (1965-1966) dan The Flying Nun (1967-1970).

Sepanjang kariernya sebagai aktris, Field telah memenangkan dua penghargaan Academy Awards kategori aktris terbaik untuk penampilannya di film Norma Rae (1979) dan Places in the Heart (1984). Dia juga tiga kali menjadi pemenang Primetime Emmy Award untuk penampilannya di film televisi Sybil (1976), drama serial ER (2000–2006), dan perannya sebagai Nora Walker di serial drama Brothers & Sisters.

Berikut ini delapan film terbaik yang dibintangi oleh Sally Field:


1. Norma Rae (1979)

 

Norma Rae (1979). (Sumber foto: 20th Century Fox)

Norma Rae (1979). (Sumber foto: 20th Century Fox)

Sally Field memenangkan Oscar pertamanya berkat perannya yang emosional sebagai pekerja tekstil yang berani yang mencoba mendirikan serikat pekerja di sebuah pabrik kapas kota kecil. Film ini juga meraih Academy Award untuk lagu temanya, It Goes like It Goes, yang dibawakan oleh Jennifer Warnes.

Seperti kebanyakan keluarganya sebelumnya, Norma Rae (Sally Field) bekerja di pabrik tekstil setempat, di mana bayarannya hampir tidak sepadan dengan jam kerja yang panjang dan kondisi kerja yang buruk.

Namun, setelah mendengar pidato yang menggugah semangat dari aktivis buruh Reuben (Ron Leibman), Norma terinspirasi untuk menggalang rekan-rekan sekerjanya untuk mendirikan serikat pekerja. Keputusannya membuat marah keluarganya, terutama tunangannya, Sonny (Beau Bridges), dan menimbulkan banyak penghinaan dari majikannya.
 

2. Places in the Heart (1984)

 

(Sumber foto: Tri-Star Pictures)

Places in the Heart (1984). (Sumber foto: Tri-Star Pictures)

Pada tahun 1935 di sebuah pedesaan di Texas, Edna Spaulding (Sally Field) yang baru saja menjanda berjuang untuk bertahan hidup dengan dua anak kecil, sebuah peternakan untuk dijalankan dan sangat sedikit uang di bank -- belum lagi tornado yang mematikan dan kehadiran Ku Klux Klan yang tidak diinginkan.

Edna dibantu oleh saudarinya, Margaret (Lindsay Crouse); seorang pria yang menumpang di rumahnya, Tuan Will (John Malkovich); dan Moze (Danny Glover), yang memutuskan untuk bertahan untuk mengajari Edna cara menanam dan memanen kapas.

Places in the Heart diakui sebagai film tear-jerker yang juga akan membuat penonton tersenyum berkali-kali. Beberapa ulasan bahkan menyebutkan bahwa film tentang kemenangan manusia atas bencana ini harus disaksikan setidaknya sekali seumur hidup.
 

3. Steel Magnolias (1989)

 

(Sumber foto: Tri-Star Pictures)

Steel Magnolias (1989). (Sumber foto: Tri-Star Pictures)

Romansa drama komedi yang luar biasa ini menceritakan kisah persahabatan tentang sekelompok enam wanita dengan usia berbeda yang terjalin erat di sebuah kota kecil di Louisiana. Film ini memberi kita gambaran sekilas tentang kehidupan sehari-hari mereka selama beberapa tahun, tawa mereka, kegembiraan mereka, dan air mata mereka, semuanya melalui lensa persahabatan abadi mereka.

Sally Field dalam karakternya sebagai M'Lynn Eatenton menyampaikan salah satu monolog paling ikonik dalam film saat dia menangis di kuburan putrinya Shelby (Julia Roberts).

Baca juga: Profil Michelle Yeoh, Aktris Asia Tenggara Pertama Peraih Golden Globes 2023
1
2


SEBELUMNYA

5 Fakta Seru Sons of The Forest, Game Horor Survival yang Viral Dimainkan YouTube Gamers

BERIKUTNYA

Nokia Ganti Logo Setelah 60 Tahun, Begini Filosofinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: