Dr. Dre saat penganugerahan trofi di Grammy Awards. (Sumber gambar: Instagram/Grammy)

Grammy Awards Bikin Kategori Penghargaan Khusus untuk Musisi Hiphop Legendaris Dr. Dre

06 February 2023   |   18:43 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ajang Grammy Awards 2023 menjadi momen penting bagi musisi legendaris hiphop Dr. Dre. Pasalnya, rapper bernama lengkap Andre Romelle Young itu mendapat penghargaan kategori khusus bernama Dr. Dre Global Impact Award dalam acara tahunan bergengsi di industri musik itu.

Diinisiasi The Recording Academy Black Music Collective, penobatan tersebut diberikan pada Dr. Dre atas warisannya dalam pengaruh musik hiphop dunia. Momen penghargaan untuk lelaki berusia 54 tahun itu sekaligus merayakan hari jadi musik hiphop yang ke-50. 

Adapun, Rapper Cool J menjadi sosok yang menyebutkan penobatan tersebut pada Minggu, (5/2/23) di  Crypto.com Arena, Los Angeles, Amerika Serikat. Wajah semringah pun menghiasi raut Dr.Dre saat melangkah ke atas podium dengan sebelum memulai pidatonya.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2023, Beyonce Cetak Sejarah!

Dr. Dre menceritakan bagaimana musik hiphop masuk ke dalam hidupnya sebagai inspirasi ketika masih remaja dan tetap menggandrunginya hingga sekarang. Dia pun sempat berkelakar pada para pengunjung Grammy mengenai apa yang bakal mereka lakukan jika tak ada musik hiphop di dunia.

"Saya sangat terharu dengan adanya penghargaan ini dan ingin berterima kasih kepada The Recording Academy serta Black Music Collective. Hari ini adalah hari jadi ke-50 dari hiphop! Tepuk tangan untuk hiphop!" kata Dr. Dre yang sontak disambut sorak pengunjung Grammy Awards.
 
 

Tak hanya itu, Dr. Dre juga mengungkapkan rasa bangga usai namanya dipilih untuk sebuah gelar di kategori Grammy. Dia pun menghargai usaha The Recording Academy dan berharap penghargaan tersebut dapat menginspirasi pekerja kreatif lain untuk mengejar kejayaan mereka di masa depan.

"Kejar kualitas dibanding kuantitas. Dan selalu ingat, semua hal sangatlah penting. Semua sangatlah penting. Terimakasih banyak atas penghargaan ini, saya sangat mengapresiasinya." jelas musisi sekaligus produser musik itu.

Mengawali karir sebagai disjoki, kiprah Dr.Dre melesat setelah dia menandatangani kontrak dengan label Ruthless Records. Dari sinilah dia lalu memproduksi rekaman hit untuk rapper lokal seperti Eazy-E, Ice Cube, The D.O.C dan MC Ren. Tak hanya itu, dia juga membentuk grup rap ikonik N.W.A yang dikenal dengan gaya ngerapnya yang blak-blakan dengan bahasa yang eksplisit.

Pada tahun 1996 ia mendirikan label rekaman Aftermath Entertainment, dan album solo pertamanya yang bertajuk 2001, menjadi salah satu album rap terbaik sepanjang masa.  Adapun dalam skena musik hiphop dunia  album tersebut juga menjadi salah satu kolaborasi terbaik dengan menggaet Snoop Dogg, Eminem, Nate Dogg, Akon, Krupt, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, album debutnya, The Chronic (1992), sukses besar dan menjadikannya salah satu produser genre hiphop paling sukses. Sewindu kemudian pada 2001 Dr. Dre juga membuat rekaman klasik lain yaitu The Chronic 2000 (2001) yang sukses meledak di pasaran dan banyak mempengaruhi rapper di dunia.

Baca juga: Aksi Panggung Sam Smith dan Kim Petras di Grammy Award 2023 Dikritik Netizen, Mirip Ritual Pemujaan
Setan?


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Aksi Panggung Sam Smith dan Kim Petras di Grammy Award 2023 Dikritik Netizen, Mirip Ritual Pemujaan Setan?

BERIKUTNYA

Saldo Pengguna Hilang Setelah Eror, Begini Tanggapan Shopee

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: