Michelle Yeoh (Sumber gambar: Instagram.com/goldenglobes)

Profil Michelle Yeoh, Aktris Asia Tenggara Pertama Peraih Golden Globes 2023

11 January 2023   |   21:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Aktris Michelle Yeoh berhasil menyabet piala bergengsi Golden Globe ke-80 yang berlangsung pada 11 Januari 2023. Wanita berusia 60 tahun tersebut mendapat gelar aktris terbaik berkat perannya sebagai Evelyn Quan Wang dalam film Everything Everywhere All at Once yang tayang 22 Juni 2022 lalu.

Michelle Yeoh merupakan aktris kelahiran Ipoh, Perak, Malaysia yang memulai kariernya di dunia seni peran sejak 1984. Kesuksesan Michelle Yeoh merengkuh piala itu menjadikannya aktris Asia Tenggara pertama yang meraih Golden Globes. Untuk Asia, Michelle menjadi pembawa pulang piala Golden Globes kedua setelah Akwafina, akrtis berdarah China yang bermain untuk film Crazy Rich Asians.

Pada usianya yang ke 59 tahun, peran nyentrik Michelle di film bergenre musikal komedi itu menarik perhatian banyak orang. Aksi laganya yang ciamik membuatnya semakin dilirik untuk menjadi pemeran di film besar.

Untuk tahun ini saja , Michelle Yeoh akan tampil ke layar lebar dalam film Transformers: Rise of the Beasts sebagai Airazor atau Serdacier. Aktris kelahiran 6 Agustus 1962 ini pun sudah mengantongi banyak film besar dalam 5 tahun ke depan, di antaranya Avatar 3 yang siap menggebrak bisokop pada 2024,  Avatar 4 pada 2026, dan deretan film besar lainnya.

Memiliki nama asli Tan Sri Dato Seri Michelle Yeoh Choo-Kheng, karier Michelle justru dimulai dari dunia kecantikan, dimana dia memenangkan ajang kontes kecantikan Miss Malaysia di usianya yang ke-20 tahun. Kemudian dia mewakili Malaysia untuk Miss Qorld 1983 yang bertempat di London.

Saat mewakili Malaysia untuk konten Queen of the Pacific 1983, dia juga berhasil menyabet gelar bergengsi di ajang kecnatikan itu. Kecantikan parasnya pun berhasil membuat wanita berdarah Tiongkok ini masuk dalam daftar 35 All Time Screen Beauties versi People, dimana Michelle menjadi satu-satunya akrtis Asia di dalamnya.


Tidak berpuas diri dengan dunia kecantikan saja, Michelle memilih untuk merambah ke industri film. Yes, madam menjadi film pertama dalam karier seni perannya dimana dia banyak menampilkan aksi seni bela diri pada film yang rilis pada 1985 itu. Namanya semakin meroket setelah memerankan film-film Hong Kong.

Michelle langsung meroketkan popularitasnya di awal 1990-an, ketika namanya mulai dilirik untuk film-film barat seperti James Bond 1997 Tomorrow Never Dies. Di film tersebut, dia memerankan Wai Lin, sosok wanita yang bekerja sebagai agen rahasia China yang hendak membongkar rencana CMGN.

Berkat kerja kerasnya pada akhir 90-an, Michelle memenangkan penghargaan BAFTA untuk Akrtis Terbaik pada tahun 2000. Adalah film berjudul Crouching Tiger, Hidden Drgaon yang membuatnya mendapat penghargaan tersebut. Pada 2008, Rotten Tomatoes memberikan predikat The Greatest Action Heroin of All Tie untuk peran-perannya di industri film.

Karier Michelle semakin naik daun di tahun 2000-an. Dia banyak berperan di film-film ternama seperti Guardians of the Galaxy Vol 2, Sang Chi and Legend of Ten Rings, hingga yang terbaru Avatar 2 dimana Michelle memerankan sosok Dr Karina Mogue.

Penghargaan lainnya pernah diterima Michelle untuk film  Crazy Rich Asians untuk kategori Outstanding Achievement in Cinema di The Asian Awards 2019 lalu.  

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lebih Seru dan Menantang, Game Free Fire Hadirkan Patch Baru

BERIKUTNYA

Ingin Sukses Menjadi Reseller? Ini Langkah-Langkahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: