Ilustrasi mertua. (Sumber gambar : Freepik/Pressfoto)

Biar Dapat Restu, Begini Cara Ambil Hati Calon Mertua

21 February 2023   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kabar putusnya pasangan selebgram dan YouTuber, Fuji Utami dan Thariq Halilintar menghebohkan jagat maya, terutama fans mereka yang disebut Thofu. Banyak warganet yang mengaitkan bahwa asmara itu kandas karena terhalang restu orang tua. Kendati demikian, Thariq dan Fuji membantah asumsi para netizen itu.

Seperti yang disampaikan Thariq saat curhat di channel YouTube abangnya, Atta Halilintar. Dikatakan bahwa kandasnya asmara mereka karena perbedaan prinsip yang tidak bisa dilanggar. 

Lepas dari kabar putusnya Thariq dan Fuji, dalam menjalani hubungan yang serius memang diperlukan restu dari orang tua masing-masing pasangan. Hubungan antara calon mertua perlu dibangun sejak dini agar impian pasangan di masa mendatang bisa terwujud dan terjalin dengan baik. 

Menurut konselor pernikahan dari Konselingkeluarga.com Elly Nagasaputra, yang pertama dilakukan ketika memiliki hubungan spesial dengan seseorang dan memiliki niat menuju jenjang yang lebih serius yakni mengambil hati orang tua pasangan dengan pendekatan.

Banyak cara yang bisa dilakukan yakni memberi perhatian, menghormatinya, menunjukkan sopan santun saat bertemu, hingga membawa makanan favoritnya. 

“Kalau ada hal yang kurang setuju, bilang ke pasangan, dia yag approach ke orang tuany, jangan membuka konfronstasi,” tegas Elly kepada Hypeabis.id, Selasa (21/2/2023).

Kendati demikian, dia tidak memungkiri ada kalanya orang tua merasa tidak suka atau tidak cocok dengan pasangan anaknya. Biasanya mereka punya paradigma atau pola pikir tertentu kenapa tidak setuju dengan hubungan tersebut.

Dalam kasus ini menurut Elly, anak mereka lah yang harus memperjuangkan agar pasangan diterima orang tuanya. “Bukan calonnya yang harus membaikkan, harus lobi ke orang tuanya. Anaknya yang harus approach ke orang tua,” sarannya. 

Anak harus menggali faktor-faktor apa saja yang menyebabkan orang tua tidak suka dengan pasangannya. Dengan demikian, mereka bisa memberikan tips kepada pasangan dan mencari solusi bersama untuk mengambil hati orang tua tersebut.

Oleh karena itu, penting membangun komunikasi yang baik antar pasangan ketika ada salah satu pihak orang tua yang tidak menyetujui hubungan tersebut. “Pasangan harus satu frekuensi dulu jadi mereka bisa sepakat bagaimana approach ke orang tua,” sebut Elly. 

Baca juga: 3 Manfaat Pasangan Keluarga Sadar Konsep Manajemen dan Resolusi Konflik

Begitu pula dengan calon ipar. Kesan yang baik harus ditampilkan ketika melakukan pendekatan. “Kadang ada kadus kalau tidak cocok tidak apa-apa, tetapi jangan sampai berantem. Berbasa basi, silaturahmi tetap mungkin tidak bisa akrab,” tutur konselor keluarga itu.

Biar lebih lengkap, berikut beberapa tips untuk mengambil hati calon mertua yang bisa kamu terapkan.
1
2


SEBELUMNYA

Bawa 55 Musisi Tenar pada Masanya, Sabiphoria Siap Ajak Nostalgia Musik 2000-an

BERIKUTNYA

Makeup dengan Konsep Hybrid Makin Diminati, Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: