Jepang menempati posisi keenam dalam daftar GMTI non anggota OKI (Sumber gambar ilustrasi : pexels/ Belle co)

5 Destinasi Ramah Muslim di Jepang, dari Hokkaido sampai Tohoku

19 February 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jepang menjadi salah satu destinasi wisata utama dunia yang selalu menjadi pilihan bagi para pelancong global untuk menghabiskan waktu liburan. Selain beragam budaya yang tersaji, Jepang juga menawarkan banyak hal yang menyenangkan seperti festival, pameran seni, sampai dengan pemandangan alam.

Tidak hanya itu, negara ini juga sudah mulai memikirkan tentang destinasi yang ramah terhadap muslim. Berdasarkan Global Muslim Travel Index 2022, Jepang adalah negara di posisi keenam dalam daftar rangking 20 negara non-OKI. Jepang berhasil menggungguli beberapa negara seperti Filipina, Amerika Serikat, Australia, Spanyol, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Etika di Jepang yang Perlu Diketahui Traveller

Negara ini berada di bawah Hong Kong, Inggris, Thailand, Taiwan, dan Singapura dalam daftar tersebut. Jepang berhasil memiliki skor Global Muslim Travel Index 2022 sebesar 45. Jepang berhasil meningkatkan posisinya jika dibandingkan dalam daftar yang sama pada 2021, yakni posisi ketujuh.

Laporan ini menyebutkan bahwa negara-negara dalam daftar ini – termasuk Jepang – telah memiliki upaya yang tidak kecil dalam menarik dan menyambut wisatawan muslim atau menjadi destinasi wisata yang ramah terhadap muslim.

Dikutip dari Japan.travel, berikut destinasi wisata ramah muslim yang dapat dikunjungi oleh kalian yang ingin tetap menikmati keindahan atau keseruan Jepang. Namun, dapat tetap nyaman menjalankan nilai-nilai dalam islam.


1. Hokkaido

Hokkaido adalah wilayah paling luas di bagian utara Jepang. Tempat ini memiliki beragam destinasi menarik yang dapat menjadi pilihan bagi para pelancong dari luar negeri. Di Hokkaido bagian utara terdapat daerah Furano dan Wakanai.

Sementara itu, di bagian timur adalah wilayah dengan alam yang sangat menawan seperti Shiretoko. Di bagian tengah, sejumlah tempat terkenal akan dijumpai oleh para pelancong seperti daerah Sapporo dan Otaru. Tidak hanya itu, di bagian tengah juga adalah Hakodate yang terkenal dengan taman bunga.

Di tempat ini, para pelancong dapat menikmati salju ketika musim dingin lantaran suhu di Hokkaido bisa mencapai di bawah 0 derajat celcius. Sementara itu, musim panas di wilayah ini bisa mencapai di atas 30 derajat celcius.

Hokkaido memiliki tempat yang menyediakan fasilitas bagi wisatawan muslim untuk melakukan ibadah salat atau pun menikmati hidangan tanpa babi dan alkohol. Beberapa tempat di Hokkaido bahkan menyediakan seluruh layanan ramah muslim seperti makanan tanpa alkohol, babi, minuman alkohol, dan menyediakan tempat untuk salat.


2. Tohoku

Wilayah lainnya yang dapat menjadi tujuan berlibur bagi kalian yang ingin menimati destinasi ramah muslim adalah Tohoku. Terletak di utara Pulau Honshu, pelancong dapat menempuh tempat ini dengan menggunakan kereta cepat dari Tokyo.

Wilayah yang terkenal sebagai daerah penghasil sayuran dan buah-buahan ini memiliki pemandangan indah bunga sakura sampai awal Mei ketika musim semi. Pada musim dingin, pemandangan berganti menjadi pemandangan salju yang sangat memikat.

Saat salju datang, bermain ski adalah salah satu kegiatan yang dapat menjadi pilihan ketika berada di wilayah ini. Tidak hanya itu, di Tohoku juga terdapat festival, seperti Festival Nebuta Aomori dan Festival Sendai Tanabata. Tidak sebanyak Hokkaido, tapi para pelancong tetap dapat menikmati beragam fasilitas yang ramah terhadap wisatawan muslim.

Baca juga: Resep Fruit Sando, Sandwich Isi Buah Segar Ala Jepang yang Sedang Viral

Di tempat ini juga terdapat Sendai Mosque atau Islamic Cultural Center of Sendai yang terdapat di Hachiman, Aoba-ku, Sendai-Shi, Myagi. Tidak hanya itu, sejumlah restoran juga menyediakan makanan tanpa alkohol dan babi. Salah satunya adalah Warung Mahal.
 
1
2


SEBELUMNYA

Sinopsis The First Slam Dunk, Bukan Tentang Hanamichi Sakuragi?

BERIKUTNYA

Yuk Intip Sejarah Kuil Fushimi Inari Taisha yang Terkenal di Jepang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: