Ilustrasi obat-obatan (dok:Unsplash/Christine Sandu)

Wow, Obat Khusus Covid-19 Bersiap Masuk Tahap Uji Klinis di Jepang

27 July 2021   |   11:10 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar gembira terkait dengan upaya penanganan Covid-19. Obat yang diklaim mampu mencegah gejala parah pada pasien Covid-19 sudah masuk tahap uji klinis di Jepang. Perusahaan farmasi Jepang Shionogi menyatakan tengah menyiapkan tahap pertama uji klinis obat Covid-19.

Mengutip Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (27/7/2021), Shionogi mengatakan jika obat itu dikonsumsi pada tahap awal infeksi, obat itu dapat menghentikan virus dari berkembang biak dan mencegah munculnya gejala yang parah.

Perusahaan itu menyebutkan para pasien akan mengonsumsi obat antiviral secara oral.

Uji klinis itu akan dimulai pada Kamis (29/07/2021) terhadap 75 orang pria berusia 20 hingga 55 tahun dengan tujuan memastikan keamanan obat tersebut terhadap orang dewasa sehat.

Seperti diketahui, saat ini obat-obatan yang digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 adalah obat-obatan untuk penyakit lainnya. Sebagai contoh adalah obat untuk radang sendi atau arthritis baricitinib. 

Di Jepang, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 adalah remdesivir dari Gilead Sciences, deksametason, dan baricitinib dari Eli Lilly. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ini 7 Cara Melindungi Hewan Peliharaan dari Cuaca Panas Ekstrem

BERIKUTNYA

5 Kiat Jitu agar Terhindar dari Burnout

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: