Ilustrasi anak (Sumber gambar: Freepik)

Sebagian Orang Tua Belum Paham tentang Kebutuhan Gizi Anak

17 February 2023   |   12:41 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like

Efek Konsumsi Kental Manis Secara Berlebihan

Ada harga mahal yang harus dibayar ketika orang tua lalai. Pemberian kental manis secara berlebihan kepada anak akan memengaruhi tumbuh kembang mereka. Dokter spesialis anak Agnes Tri Harjaningrum mengatakan bahwa anak yang diberi kental manis dalam jumlah banyak secara tidak langsung akan memengaruhi kesehatan jangka panjang mereka.

“Konsumsi kental manis tidak langsung dirasakan oleh anak. Namun, kebiasaan ini jika diteruskan bisa memperbesar potensi anak terkena diabetes,” jelasnya.

Menurut Agnes, kandungan gula maksimal yang diperbolehkan dikonsumsi anak di bawah 10 persen dari kalori. Namun, kandungan gula di kental manis rata-rata mencapai 58 persen dari kalori. Hal itu membuat setiap gelas kental manis telah melampaui batas maksimal dari konsumsi gula anak.

Efek anak mengonsumsi gula terlalu banyak tidak main-main. Selain risiko diabetes jadi meningkat, anak juga akan kecanduan makan makanan yang manis. Sebab, mereka harus mendapatkan asupan gula yang sudah tinggi akibat kecanduan tersebut.

Oleh karena itu, kental manis sebenarnya tidak bisa disebut sebagai susu. Minuman ini lebih tepat dinamai sirup rasa susu. Sebenarnya, kata Agnes, kental manis hanya satu dari sekian banyak jenis minuman serupa yang ikut berkontribusi terhadap meningkatnya konsumsi gula pada anak. Salah satu yang masih sering disalahpahami ialah jus kotak.

Menurut Agnes, jus kotak tidak berasal dari buah-buahan alami. Hal itu membuat kandungan gula di jus kotak juga cukup tinggi. Dia tidak menyarankan jus kotak dikonsumsi anak di bawah 1 tahun. jika ingin mendapatkan manfaat dari buah, dirinya lebih menyarankan meminum jus asli atau buah potong.

Sementara itu, pengamat sosial Devie Rahmawati menjelaskan, fenomena orang tua memberikan kental manis berawal dari ketidaktahuan masyarakat. Minimnya tingkat literasi masyarakat dinilai menjadi faktor yang membuat mereka akhirnya tidak mengetahui bahaya dari kental manis yang dikonsumsi tidak sesuai anjuran.

Baca juga: Alasan Susu Kental Manis Tidak Boleh Jadi Konsumsi Harian, Bisa Bikin Kecanduan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Jadi Ketua Umum PSSI, Intip Kiprah Mentereng Erick Thohir di Dunia Sepak Bola

BERIKUTNYA

Jadwal Tayang & Sinopsis Suzume, Animasi Terbaru Besutan Makoto Shinkai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: