Salad buah sebagai menu sehat untuk diet (Sumber gambar: Unsplash)

Populer Sebagai Menu Diet, Cek Nilai Gizi Pada Salad Buah

19 July 2023   |   08:39 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang kaya akan kandungan vitamin dan rendah kalori, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan cocok untuk dijadikan menu ketika ingin menurunkan berat badan. Salah satu olahan buah-buahan yang sedang viral saat ini adalah Salad buah.

Salad buah dapat menjadi pilihan yang baik untuk diet karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Setidaknya ada empat alasan mengapa banyak orang senang mengonsumsi salad buah untuk diet. Pertama, buah-buahan umumnya mengandung kalori yang rendah.

Baca juga: 5 Buah Yang Bisa Menurunkan Lemak

Artinya kamu dapat menikmati salad buah dengan porsi yang cukup besar tanpa khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori. Hal ini membantu menjaga asupan kalori tetap rendah dan mencapai tujuan untuk penurunan berat badan.

Kedua, salad buah tinggi akan serat yang membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama. Serat juga baik untuk pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus.

Ketiga, buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Makan salad buah memberikan kamu berbagai nutrisi yang penting tanpa menambah banyak kalori.

Terakhir, buah-buahan mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, penting untuk tetap memperhatikan ukuran porsi dan apa yang ditambahkan ke salad buah. Hindari menambahkan saus salad (dressing) yang kaya kalori atau gula tambahan seperti keju atau susu.

Jika sedang dalam program diet tertentu, seperti diet rendah karbohidrat atau diet tertentu lainnya pastikan untuk memperhatikan jenis buah dan dressing yang kalian konsumsi, karena beberapa buah mengandung gula dan karbohidrat yang lebih banyak daripada beberapa buah lain.

Jumlah kalori dalam salad buah dengan keju dan susu dapat bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah bahan yang digunakan dalam salad tersebut. Berikut ini adalah perkiraan jumlah kalori dalam beberapa bahan umum yang biasanya digunakan dalam salad buah:

1. Keju:
   - Keju Cheddar (per 1 potong): 114 kalori
   - Keju Parmesan (per 1 potong): 122 kalori
   - Keju Mozzarella (per 1 potong): 95 kalori

2. Susu:
   - Susu skim (dalam 1 cangkir sedang): sekitar 103 kalori
   - Susu kedelai (dalam 1 cangkir sedang): sekitar 131 kalori

Jika kamu ingin mengetahui jumlah kalori yang lebih spesifik dalam salad buah disarankan untuk melakukan pengecekan dengan alat pencatat kalori atau memperhatikan informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan dalam salad tersebut yang tersedia pada kemasan.

Selain itu, salad buah juga sebaiknya tidak menjadi satu-satunya asupan makanan utama kamu selama menjalani diet. Pastikan untuk tidak lupa menyertakan sumber protein, lemak sehat, dan karbohidrat dalam makanan untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang. Bila diperlukan bisa juga untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan panduan yang seimbang antara kebutuhan diet dan kesehatan secara individu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Deretan Pembicara Utama Ubud Writers and Readers Festival 2023

BERIKUTNYA

4 Kegiatan Bermanfaat untuk Merayakan Tahun Baru Islam Bersama Keluarga di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: