Cuplikan film Panduan Mempersiapkan Perpisahan (Sumber gambar: Bioskop Online)

Panduan Mempersiapkan Perpisahan Tayang 24 Februari, Kisah Hubungan Asmara yang Bikin Ambyar

10 February 2023   |   20:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang memiliki cara berbeda dalam mengartikan rasa cinta. Begitu pun dengan dua orang yang saling dekat belum pasti memiliki pandangan sama tentang cinta. Persoalan itulah yang dieksplorasi dalam film berjudul Panduan Mempersiapkan Perpisahan.

Jelang rilis pada 24 Februari 2023 mendatang, Bioskop Online pun meluncurkan trailer terbaru dari film yang diadaptasi dari novel karya Arman Dhani berjudul Eminus Dolere itu. Dalam video berdurasi 1 menit 35 detik itu menampilkan kisah awal pertemuan tokoh bernama Bara (diperankan oleh Daffa Wardana) dengan Demi (diperankan oleh Lutesha Sadhewa).

Baca juga: Intip Permainan Karakter Bara ala Daffa Wardhana dalam Film Panduan Mempersiapkan Perpisahan

Keduanya berkenalan lalu seiring waktu saling dekat satu sama lain. Perlahan, Bara diam-diam menaruh perasaan cinta pada Demi hingga memiliki impian untuk bisa menjadi pasangannya. Namun, tampaknya tidak demikian pada Demi. Dia justru digambarkan sebagai sosok wanita yang independen.

Demi memiliki persepsi tentang arti bahagianya sendiri termasuk dalam memandang tentang cinta. Bara memiliki harapan bisa merajut masa depan dengan Demi sebagai perempuan yang dicintainya. Sebaliknya, Demi justru belum tahu persis apa masa depan yang ingin dia capai.

Dalam satu adegan, Bara meminta Demi untuk bisa tetap tinggal bersama dirinya. Namun, Demi justru masih ingin berkelana dan mewujudkan semua keinginannya. Berbeda dengan Bara, dia memiliki cara tersendiri dalam memaknai sebuah cinta. Dinamika karakter antar keduanya sangat terasa dalam video trailer yang telah ditonton lebih dari 100.000 kali itu.
 

Cuplikan film Panduan Mempersiapkan Perpisahan (Sumber gambar: Bioskop Online)

Cuplikan film Panduan Mempersiapkan Perpisahan (Sumber gambar: Bioskop Online)

Disutradarai oleh Adriyanto Dewo, cerita film Panduan Mempersiapkan Perpisahan sejatinya berasal dari sudut pandang Bara, pria berusia 25 tahun, yang selama bertahun-tahun memiliki hubungan tanpa status dengan seorang wanita bernama Demi. Meski begitu, hubungan mereka kini sudah berakhir dan keduanya hidup terpisah selama beberapa waktu.

Hubungan ini dituliskan oleh Bara ke dalam sebuah buku yang berjudul Eminus Dolere. Di dalam buku tersebut, Bara menceritakan perjalanan kisah cintanya dengan Demi. Dimulai dari pertemuan, kisah kebersamaan hingga perpisahan mereka.

Dalam film ini, penonton akan mendengar kisah-kisah tersebut dalam sebuah fragmen memori. Memori mengenai bagaimana keduanya kerap menghabiskan waktu bersama dan jatuh cinta. Hingga akhirnya, Bara mulai memiliki ekspektasi untuk hubungan yang lebih. Meski begitu, Demi memiliki ketakutan untuk memiliki komitmen dengan seseorang.

Bagi Daffa Wardhana, membintangi film ini, merupakan kali pertamanya mendapatkan peran yang serius dan dewasa. Sebelumnya, aktor berusia 24 tahun itu telah membintangi sejumlah judul serial seperti Married with Senior, Can You Hear Me?, serta 5 Detik dan Rasa Rindu.

"Ketika harus berperan sebagai Bara, saya mencoba untuk menyampaikan sisi seriusnya Bara untuk mengejar kepastian hubungan dengan Demi. Meski ternyata di sini Bara akhirnya mengalami tiga fase hidup, yaitu bertemu, bersama dan berpisah dengan Demi," katanya.

Begitu pun dengan lawan main Daffa, Luthesa Sadhewa. Panduan Mempersiapkan Perpisahan menjadi proyek film romance pertamanya. Sebelumnya, dia juga telah membintangi sejumlah judul film dan serial dengan berbagai genre seperti Keramat 2, The Big 4, Penyalin Cahaya, My Generation, Bebas, dan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Luthesa mengatakan bahwa dirinya mencoba masuk ke dalam nuansa romansa yang belum pernah dia lakukan. Bahkan, untuk memperdalam karakternya, dia sampai membuat playlist khusus agar bisa tetap masuk ke dalam perannya sebagai Demi.

“Kalau Daffa berusaha untuk bisa menunjukkan sisi dewasanya Bara, aku lebih menjaga mood romansanya Demi. Caranya dengan membuat playlist, dan itu aku dengarkan di sela-sela syuting berjalan, agar tetap masuk ke dalam karakter Demi,” ungkapnya.
 

Sementara itu, sutradara Adriyanto Dewo berharap pesan film ini bisa sampai kepada penonton. Menurutnya, dunia Bara dan Demi digambarkan dengan baik oleh Daffa dan Lutesha, yang membuat film ini benar-benar menyajikan perspektif yang sangat relate dalam sebuah hubungan.

"Semoga film ini bisa menyampaikan perspektif tentang sebuah hubungan dan perpisahan dan menjadi reflektif untuk para penontonnya,” tuturnya.

Sepanjang film, Bara memang akan menjadi pencerita tentang kisahnya bersama Demi. Mulai dari pertemuan yang tak disengaja, kedekatan yang tak terduga, sampai perpisahan yang mau tidak mau harus mereka alami. Sampai di satu titik, Demi tiba-tiba muncul kembali dengan harapan bisa memperbaiki hubungan dengan Bara.

Menurut Ajeng Parameswari selaku President of Digital Business Visinema, film ini ibarat sebuah perjalanan utuh, sebuah metamorfosa dimana semua orang akan mengalami hal serupa mulai dari bertemu, bersama, hingga berpisah.

"Semua itu dirangkum dan menjadi poin menarik dari film Panduan Mempersiapkan Perpisahan, yang akan membuat kita menebak-nebak akhirnya akan happy ending atau sad ending, yang mungkin akan berbeda-beda untuk setiap penonton tergantung dari sudut pandangnya,” ucapnya.

Adapun, film Panduan Mempersiapkan Perpisahan akan tayang 24 Februari 2023 di platform streaming Bioskop Online.

Baca juga: Mengapa Film-Film Lawas Menggunakan Bahasa Indonesia Resmi?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gaya Hidup Sehat dengan Produk Herbal Semakin Digemari

BERIKUTNYA

Hypereport: Menengok Fondasi dan Ambisi Tim Esports Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: