First look film Aum! (Dok. Bioskop Online)

Potret Perjuangan Tahun 1998 dalam Film Aum!

02 August 2021   |   16:00 WIB

Ingat dengan bocoran film aksi dan horor yang sempat diumumkan oleh rumah produksi Visinema pada Juni 2021? Dari 15 judul film yang dirilis dalam Visinema Week 2021, ada satu judul yang akan menyiapkan perilisannya di tahun ini, yaitu film Aum! garapan sutradara Bambang "Ipoenk" K.M yang telah merilis video teaser perdananya!

Diperankan oleh Jefri Nichol dan Chicco Jerikho, film yang mengangkat Peristiwa Reformasi 1998 ini bercerita tentang perjuangan kebebasan berpendapat dan reformasi yang dilakukan oleh seorang pemuda bernama Sanjaya yang vokal dan kritis yang kemudian bertemu dengan sutradara bernama Panca yang idealis adn ingin menciptakan film yang penting.

Dalam film ini, Ipoenk ingin mengangkat bagaimana kebebasan berpendapat belum bisa dirasakan sepenuhnya dari swasensor terhadap diri sendiri, baik secara sadar maupun tidak sadar, dengan berbagai alasan tersendirii dari ketakutan akan pendapat yang memicu pihak lain hingga tidak enak untuk menjadi yang lantang di antara banyak orang.
 

Diawali dengan pernyataan adanya kawan-kawan yang menjadi korban dan hilang entah ke mana, Genhype ditunjukkan dengan adegan penahanan oleh sekelompok orang yang tidak dikenal bersamaan dengan transisi Sanjaya yang menyerukan perlunya perjuangan dengan diselingi adegan konflik di antaranya dengan beberapa pemuda lain di adegan yang berbeda.

Di sisi lain, upaya perjuangan yang dipimpin oleh Sanjaya yang harus berhadapan dengan beberapa oknum tertentu yang mengejarnya karena kekritisan dan pergerakan yang diinisiasinya.

Mulai dari harus sembunyi di sebuah rumah kosong dengan teman seperjuangannya hingga dikejar di kompleks rusun, dia bersama dengan Panca dan teman-temannya bekerja sama untuk memperjuangan reformasi yang mereka cita-citakan.

Akankah keduanya bisa melakukan kolaborasi untuk sebuah karya yang bisa mewakilkan cita-cita rakyat Indonesia?

Aum! yang diproduseri oleh Damar Adi dan Suryo Wiyogo akan tayang segera di platform Bioskop Online. Jangan sampai ketinggalan info untuk tahu jawabannya, Genhype!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Perjuangan Tak Mudah Greysia Polii & Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Tokyo 2020

BERIKUTNYA

Yuk Ambil Bagian dalam Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional #3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: