Tugu Kujang Kota Bogor (Sumber foto: - Unsplash - Adhit Murridwan)

Rekomendasi Wisata Alam dan Kuliner di Bogor

05 February 2023   |   15:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bogor menjadi wilayah yang dapat dituju untuk menyegarkan pikiran. Wilayah tersebut menyimpan berbagai spot wisata yang sayang jika dilewatkan. 

Dari profilnya, berdasarkan laman kotabogor.id, Kota Bogor terletak di antara 106’ 48’ Bujur Timur (BT) dan 6’ 26’ Lintang Selatan (LS). Kota ini memiliki rata-rata ketinggian minimum 190 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan maksimum 330 Mdpl.

Baca juga: 6 Rekomendasi Wisata di Luwuk Banggai, Ada Air Terjun Piala hingga Pantai Kilo Lima

Kondisi iklim di kota ini memiliki rata-rata 26’ C setiap bulan dengan suhu terendah 21,8’ C dan tertinggi 30,4’ C. kota ini juga memiliki kelembapan udara sebesar 70 persen, rata-rata curah hujan setiap tahun berada di 3.500 – 4.000 mm.

Dengan luas sebesar 11.850 hektare, Kota Bogor terdiri dari 6 kecamatan dan 68 kelurahan. Secara administratif, kota ini juga terdiri dari 6 wilayah kecamatan, 31 kelurahan, dan 37 desa, 210 dusun, dan dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Bogor.

Di kota ini, terdapat berbagai tujuan wisata yang dapat menjadi pilihan bagi warga Jabodetabek tanpa harus bepergian dengan jauh. Berikut wisata yang dapat menjadi pilihan bagi Genhype di Kota Bogor dirangkum dari berbagai sumber:


1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu destinasi wisata untuk menyegarkan pikiran kalian setelah bekerja, dan berhadapan dengan aktivitas sehari-hari. Di kebun yang menjadi hutan kota ini, kalian dapat menikmati alam yang masih asri. Tentunya berbagai tumbuhan dan tanaman langka, mengingat Kebun Raya Bogor adalah tempat konservasi.

Di area ini, kalian juga dapat menjumpai ribuan rusa alias uncal yang dilepas bebas. Jika datang bersama anak-anak, kalian dapat memberikan makan rusa-rusa tersebut dengan wortel, yang banyak dijajakan warga lokal di kawasan tersebut. Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektare dan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Selain itu, di Kebun Raya Bogor juga terdapat Ecodome, yakni bangunan artistik yang menjadi tempat tanaman ditata sedemikian rupa. Bangunan ini memiliki pintu iklim sehat yang dapat membersihkan 10.000 meter/ kubik udara kotor per jam melalui sebuah usaha saringan tertentu.

Bangunan ini memiliki banyak tanaman dan bunga tropis. Di bidang tengah-tenga kubah, terdapat konstruksi besar dengan tinggi 10 meter berwarna oranye.


2. Hutan CIFOR atau Hutan Penelitian Dramaga

Tempat lainnya di Kota Bogor yang bisa menjadi destinasi wisata adalah Hutan CIFOR atau hutan penelitian. Memiliki luas 60 hektare, hutan ini berada di ketinggian 244 Mdpl. Di kawasan hutan konservasi ini, terdapat aneka jenis tanaman dan pepohonan.

Kemudian, terdapat juga tempat penangkaran rusa, Pusat Pengembangan Teknologi Penangkaran Rusa. Jumlah rusa yang berada di tempat ini mencapai lebih dari 40 ekor. Hutan CIFOR sudah dikelola oleh Balai Penyelidikan Kehutanan sejak 1956. Proses pembangunan hutan ini dimulai dengan pembelian tanah masyarakat pada 1954 – 1955.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di 5 Destinasi Kota Favorit, Liburan Seru bareng Keluarga
1
2


SEBELUMNYA

Wawancara Khusus Sutradara Makbul Mubarak, Merayakan Ketakutan Tanpa Hantu

BERIKUTNYA

6 Film & Reality Show Romantis yang Pas Ditonton Saat Momen Valentine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: