Curug Ciseupang adalah salah satu destinasi wisata di Jonggol (sumber gambar ilustrasi: pexels/pixabay)

1 Jam dari Jakarta, Cek Destinasi Wisata Alam di Kawasan Jonggol Bogor

12 September 2022   |   18:20 WIB

Jonggol adalah daerah salah satu Kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wilayah ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang tidak boleh dilewatkan seperti curug, gua, taman bunga dan lain-lain yang tersebar di 14 desa.

Dilansir dari berbagai sumber, curug atau air terjun adalah destinasi wisata favorit yang dapat dijumpai oleh para pelancong yang ingin menikmati wisata di Jonggol. Air terjun yang berada di daerah Kecamatan Jonggol masih sangat alami dan harus masuk dalam daftar wisata di kabupaten Bogor.

Selain air terjun, terdapat berbagai tujuan wisata alam lainnya yang juga menjanjikan kesegaran mata bagi pelancong yang telah lelah dengan kegiatan sehari-hari. Tidak hanya itu, di kecamatan ini juga terdapat destinasi yang instagramable.

Baca juga: Melancong ke Bengkulu? Coba 6 Makanan Khas Bumi Rafflesia Ini Yuk

Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari ibukota sehingga kawasan ini cocok untuk Genhype yang ingin healing sesaat:


1. Curug Ciseupang

Air terjun yang satu ini berada di Kp. Baru Tegal Sempung, Desa Sukasirna. Untuk mencapai tujuan wisata Curug Ciseupang, para pelancong hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit atau setengah jam dari alun-alun Jonggol, Kabupaten Bogor.

Kondisi alam yang masih asri di sekitar curug, dan tumpahan air dari atas ke bawah menjadikan tempat ini cocok bagi para pelancong yang ingin healing atau beristirahat sejenak melupakan hiruk-pikuk keramaian ibu kota dan sekitarnya.


2. Curug Sedong

Air terjun lain yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong ketika berada di Jonggol adalah Curug Sedong. Posisi curug ini tidak jauh dari Gua Ciwadon Cibodas, yakni kurang dari satu jam jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Keberadaan Curug Sedong di kawasan hutan membuat udara di daerah ini sejuk, asri, dan masih sangat alami. Hamparan air yang turun terjun ke bawah, suara air jatuh, dan suasana alam dapat memberikan ketenangan sekaligus memanjakan mata bagi siapa pun yang melihatnya.


3. Gua Ciwadon

Tempat tujuan wisata lainnya di Jonggol adalah Gua Ciwadon. Di dalam gua yang terletak di desa Cibodas ini, para pelancong dapat menjumpai batuan yang menonjol, yakni stalaktit dan stalakmit.

Batu-batuan yang tercipta secara alami di dalam gua itu memberikan keindahan yang tiada tara dan tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong ketika berkunjung ke Kecamatan Jonggol, di Kabupaten Bogor.

Untuk masuk ke dalam gua, para pelancong harus jalan dengan berjongkok lantaran mulut gua yang tidak luas, yakni hanya sekitar satu meter.


4. Jonggol Garden

Destinasi wisata lainnya yang terdapat di kecamatan Jonggol adalah adalah Jonggol Garden. Tempat wisata yang satu ini menjanjikan pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan dataran hijau dari puncak akan memanjakan mata ketika datang ke tempat ini.

Tidak hanya itu, bagi pelancong yang suka dengan swafoto atau selfie. Tempat ini disebut-sebut dapat menjadi pilihan untuk memenuhi akun instagram dengan foto-foto cantik nan indah dengan latar alam yang mempesona.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Anak Muda Simak Yuk, 5 Cara Mempersiapkan Dana Darurat

BERIKUTNYA

Punya Lahan Terbatas, Yuk Intip Inspirasi 5 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Ala Jepang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: