Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah. (Sumber foto: Unsplash/Robert Modalo)

6 Rekomendasi Wisata di Luwuk Banggai, Ada Air Terjun Piala hingga Pantai Kilo Lima

04 February 2023   |   13:44 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Potensi alam Indonesia memang nggak ada habisnya untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Kota Luwuk di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang menjadi ibukota kabupaten Banggai. Memiliki julukan Kota Berair, Luwuk Banggai menawarkan pesona alam yang tak terbantah keindahannya.

Terletak di timur Provinsi Sulteng, Luwuk Banggai berjarak kurang lebih 610 kilometer dari Kota Palu. Total luas wilayahnya mencapai 72,83 kilometer persegi dan dihuni sekitar 359.495 jiwa. Namun, keindahan Luwuk bisa membuat siapapun jatuh cinta dengan kondisi alamnya yang khas.

Baca juga: 5 Spot Wisata yang Muncul di MV Sugar Rush Ride Punya TXT

Hal itu dikarenakan lokasinya yang berada di lembah dan diapit dua pegunungan, yaitu Pegunungan Paka dan Pongoti. Oleh karena itu, tak heran jika Luwuk Banggai menyimpan destinasi unik dari hijaunya pegunungan sampai  wisata laut di daerah sekitar pesisir teluk Sulawesi.

Nah, biar nggak penasaran, yuk simak destinasi wisata di Luwuk Banggai yang dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.
 

1. Bukit Kasih Sayang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Like Indonesia (@like_luwuk)


Salah satu cara menikmati panorama Kota Luwuk adalah dengan mengunjungi Bukit Kasih Sayang. Destinasi wisata ini memang populer di kalangan anak-anak muda karena pemandangan yang ditampilkan mengusung konsep romantis dengan ragam pilihan kafe dan penginapan di atas bukit.

Saat Genhype berkunjung pada siang hari, maka akan disuguhi pemandangan garis pantai yang biru dengan panorama rumah penduduk yang khas. Sedangkan saat malam hari, kamu bisa menikmati lanskap pernak-pernik lampu Kota Luwuk dari ketinggian yang siap memanjakan mata kalian.
 

2. Air Terjun Salodik

 

Pengen healing sejenak di Kota Luwuk? Maka destinasi Air Terjun Salodik adalah jawabannya. Pasalnya, di tempat ini selain disuguhi jernihnya air yang meluncur dari ketinggian 750 mdpl, kamu juga bisa menikmati hijaunya hutan tropis yang masih asri dan tentu saja jauh dari hingar bingar kesibukan kota.

Bagi penggemar fotografi, kawasan Air Terjun Salodik juga bisa menjadi spot untuk berburu visual yang ciamik. Di sini kalian bisa mengabadikan ragam bebatuan alami bertingkat yang dialiri curahan air. Atau deretan pohon-pohon tua yang tentunya estetik untuk dijadikan sebagai objek gambar kalian.
 

3. Pantai Kilo Lima

 

Destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi saat bertualang ke Luwuk Banggai adalah Pantai Kilo Lima yang masih terjaga keasriannya. Sebab, pantai yang membentang di garis terdepan Kota Luwuk ini masih jarang dijamah turis. Sehingga, selain pasirnya yang masih bersih kamu pun bisa menikmati suasana pantai yang sunyi dan tenang.

Tak hanya itu, di sini Genhype juga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik. Termasuk snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karangnya yang masih terjaga. Selain itu kamu pun bisa menikmati kudapan yang dijajakan para penjual yang biasa mangkal di sana, hingga kafe dengan menu yang beragam.
1
2


SEBELUMNYA

Cek Perbedaan ChatGPT Reguler & ChatGPT Plus yang Baru saja Dirilis Open AI

BERIKUTNYA

Hari Kanker Sedunia, Intip Sejarah Hingga Cara Memperingatinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: