Snorkeling adalah kegiatan menikmati suasana bawah laut (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ John Cahil Rom)

4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu

02 February 2023   |   09:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kekayaan laut bawah Indonesia membuatnya menjadi tempat kegiatan snorkeling yang selalu memikat para wisatawan untuk menjelajahinya untuk mengisi kegiatan liburan. Bagi Genhype yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, pemandangan bawah laut di sekitar Kepulauan Seribu dapat menjadi spot terbaik buat kalian yang hobi dengan aktivitas wisata bahari ini.

Berdasarkan laman Taman Nasional Kepulauan Seribu, tempat ini terbagi menjadi empat zona yaitu Zona Inti, Zona Perlindungan Bahari, Zona Pemanfaatan I dan Zona Pemanfaatan II.

Baca juga: Berkunjung ke Pantai Panjang? Jangan Lewatkan Kegiatan Seru Ini

Zona Inti memiliki luas luas 4.407,73 hektare (4.1%) yang merupakan bagian kawasan taman nasional. Zona ini merupakan daerah yang dilindungi dan aktivitas manusia tidak boleh ada di daerah ini.

Kemudian, Zona Perlindungan Bahari seluas 26.440,15 hektar (25%) yang merupakan bagian dari taman nasional untuk perlindungan jenis tumbuhan, satwa dan ekosistem, serta sistem penyangga kehidupan yang mendukung kepentingan pelestarian di Zona Inti maupun Zona Pemanfaatan.

Sementara itu terdapat Zona Pemanfaatan I seluas 59.440,15 hektar (55,3%) yang menjadi bagian kawasan taman nasional. Letak, kondisi dan potensi alam di zona ini diamanfaatkan sebagai pusat pariwisata alam dan pemanfaatan kondisi lingkungan lainnya.

Sementara itu, Zona Pemanfaatan II seluas 16.818,38 hektar (15.6%) adalah bagian kawasan taman nasional yang selain diperuntukan untuk pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam.

Saat ini, wilayah perairan adalah wilayah yang mendominasi Kepulauan Seribu. Kondisi ini menjadikan kegiatan air sebagai yang utama.
Terumbu karang yang memesona, aneka ikan berwarna-warni yang mondar-mandir berenang di antara sela-sela terumbu karang, dan biota laut yang masih langka seperti penyu sisik dan penyu hijau dapat ditemukan oleh wisatawan di tempat ini.

Bisa dikatakan bahwa para wisatawan dapat melakukan snorkeling di seluruh pulau yang ada di Kepulauan Seribu lantaran alam bawah lautnya yang indah. Namun, di antara pulau-pulau yang ada, terdapat pulau yang menjadi kegemaran para snorkeler lantaran suasana bawah laut yang masih terjaga.

Berikut spot-spot menarik di Kepulauan Seribu yang dapat kalian nikmati untuk melakukan snorkeling dari berbagai sumber.


1. Pulau Macan

Salah satu spot menarik untuk melakukan snorkeling di Kepualauan Seribu adalah Pulau Macan. Alam bawah laut di Pulau Macan Kecil menyajikan suasana yang dapat membuat kalian terkagum-kagum akan kebesaran Sang Maha Kuasa. Terumbu karang yang masih terawat dan aneka spesies ikan mungil yang lalu lalang dapat dinikmati oleh kalian ketika melakukan snorkeling.

Baca juga: Pantai Sumur Tiga, Pantai Elok di Pulau Weh

Keindahan yang ditemukan oleh para pelancong di pulau ini tidak terlepas dari fungsi pulau yang menjadi wilayah untuk mendukung pelestarian alam selain sebagai tempat rekreasi.

Para wisatawan dapat menanam koral-koral baru di Pulau Macan yang pada akhirnya koral tersebut akan mengundang berbagai ikan cantik.
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Agenda Pameran Seni Sepanjang Februari 2023, Ada Art Jakarta Gardens dan The Big Picture

BERIKUTNYA

Personal Trainer Berperan Penting dalam Mencapai Tujuan Fitnes, Yuk Cek Berapa Tarifnya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: