Ilustrasi personal trainer (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)

Personal Trainer Berperan Penting dalam Mencapai Tujuan Fitnes, Yuk Cek Berapa Tarifnya?

02 February 2023   |   09:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejak pandemi, sebagian besar masyarakat mulai menaruh perhatian besar terhadap kesehatan baik fisik maupun mental. Kondisi ini pun membuat banyak orang mulai rutin berolahraga, baik untuk menjaga kebugaran tubuh ataupun menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis olahraga yang kian diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah fitness. Saat ini, banyak orang mulai gemar berolahraga fitness di gym atau pusat kebugaran, yang menyediakan berbagai alat pendukung sehingga latihan bisa lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 7 Kiat Membentuk Otot Dada di Rumah, Tidak Harus ke Tempat Fitnes

Namun, banyaknya alat olahraga yang tersedia di gym juga tak jarang membingungkan. Situasi ini paling sering dirasakan oleh pemula yang baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat fitness. Oleh karena itu, biasanya orang menggunakan jasa personal trainer.

Personal Trainer Riko Koto mengatakan kehadiran personal trainer cukup penting bagi orang yang baru memulai olahraga fitness dan mereka yang pernah mengalami cedera. Pemula akan mendapatkan pengetahuan mulai dari penggunaan alat, program yang tepat dijalankan sesuai dengan kebutuhan tubuh, hingga menghindari risiko cedera.

Sebab, menurutnya, tak sedikit pemula yang justru mengalami cedera otot, sendi, hingga pinggang, lantaran mereka tidak mengerti penggunaan dan manfaat alat-alat fitness, termasuk seringkali melakukan latihan fitness secara acak. "Apalagi yang fat loss atau over weight parah, itu sangat diharuskan menggunakan personal trainer sebenarnya," katanya kepada Hypeabis.id.

Selain itu, gerakan latihan fitness yang dilakukan juga acapkali kurang tepat sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal pada tubuh, termasuk tidak memahami program apa yang ingin dilakukannya.

Adapun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Riko menjelaskan sebelum melakukan fitness, diwajibkan untuk melakukan pemanasan selama 10-15 menit, dilanjutkan kardio lalu latihan beban. Setelah itu, disarankan untuk melakukan kardio kembali.

Sebaliknya, ketika menggunakan jasa personal trainer, seseorang akan mendapat sejumlah edukasi dan latihan. Dimulai dari membetulkan postur tubuh dengan sejumlah latihan fitness termasuk pengetahuan manfaat dan titik risiko cederanya, baru kemudian akan dilanjutkan dengan rekomendasi pola makan dan asupan gizi serta pola istirahat.

"Jadi jumlah hari dan durasi latihan juga akan kami terangkan semua. Supaya mereka latihan dan olahraganya tertata," jelasnya.

Adapun, untuk latihan yang akan diberikan oleh personal trainer tergantung dari program yang diinginkan oleh anggota, misalnya menurunkan atau menaikkan berat badan. Nantinya, personal trainer akan mengarahkan proses latihan secara teratur dan terprogram.

Kebutuhan Personal Trainer
Riko menuturkan kebutuhan orang terhadap jasa personal trainer saat ini cenderung meningkat untuk olahraga fitness. Salah satu faktornya adalah tak sedikit orang saat ini mudah lelah dan kesulitan mengatur pernapasan ketika fitness yang disinyalir merupakan efek jangka panjang pandemi.

Dari seluruh anggotanya, kebanyakan merupakan pemula dan orang-orang yang menginginkan program khusus seperti membentuk otot dan postur tubuh. Dengan mendapatkan edukasi dari personal trainer, seseorang akan memahami manfaat penggunaan alat-alat fitness dan program yang dia butuhkan, sehingga dapat berolahraga secara mandiri namun tetap terarah dan teratur.

Umumnya, personal trainer akan memberikan edukasi dan latihan maksimal selama satu tahun. Riko mengatakan seseorang sudah dianggap cukup mendapatkan latihan dengan personal trainer ketika mereka bisa memahami jenis-jenis latihan fitness dan bisa mempraktikkannya dengan gerakan yang benar.

Meski demikian tak dipungkiri bahwa sebagian orang juga menggunakan jasa personal trainer dalam jangka waktu yang lama. Hal itu dilakukan semata-mata untuk menjaga konsistensi latihan fitness yang mereka jalani. "Karena ada sebagian orang kalau tidak ada dorongan, mereka sulit untuk olahraga," ucapnya.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Meningkat, Aplikasi Kesehatan & Fitness Terus Tumbuh

Umumnya, tarif menggunakan jasa personal trainer ialah kisaran Rp3,5 juta-Rp3,7 juta untuk 12 kali pertemuan. Namun, harga tersebut relatif dinilai mahal oleh sebagian besar orang. Terkait hal ini, Riko mengatakan bahwa tarif tersebut dianggap mahal lantaran orang-orang tidak melihat manfaatnya secara kasat mata.

Padahal, menurutnya, edukasi dan latihan dari personal trainer merupakan investasi kesehatan jangka panjang yang bisa dipraktikkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu

BERIKUTNYA

Kisah Sang Raja Kasino Berlanjut, Big Bet Musim 2 Tayang 15 Februari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: