Pantai Sumur Tiga (Sumber gambar ilustrasi: disbudpar.acehprov.go.id)

Pantai Sumur Tiga, Pantai Elok di Pulau Weh

14 November 2022   |   19:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam pantai indah yang menarik untuk didatangi. Salah satu dari banyak pantai itu adalah pantai Sumur Tiga yang terletak di le Meulee, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.

Menurut informasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Aceh, pantai Sumur Tiga berjarak 15 menit dari Kota Sabang. Pantai ini memiliki pasir putih yang dengan pemandangan alam yang akan memanjakan mata para pelancong.

Baca juga: Top, Destinasi Pantai Lampuuk di Aceh Wajib Masuk Daftar Liburan

Tidak hanya itu, para pelancong di pantai ini juga dapat melakukan diving atau snorkling guna menikmati keindahan bawah laut Pantai Sumur Tiga.

Pantai yang kerap menjadi tujuan wisata para pelancong dari dalam dan luar negeri itu memiliki nama Sumur Tiga lantaran dalam cerita masyarakat terdapat tiga sumur air tawar di pantai. Masyarakat pada saat itu pun kemudian menyebut pantai dengan pantai Sumur Tiga.

Pasir pantai Sumur Tiga yang berwarna putih disebut-sebut berkilau seperti sebuah kristal. Tidak hanya itu, pasir di pantai Sumur Tiga juga lembut dengan air berombak yang menuju pantai. Selain itu, air laut berwarna biru kehijauan di pantai Sumur Tiga menjadi pemandangan yang dapat membuat para pelancong enggan untuk pulang.

Para pelancong di pantai Sumur Tiga juga dapat menikmati bangunan bersejarah berupa benteng sisa pendudukan Jepang di tempat ini selain menikmati keindahan alam pantai. Untuk mencapai pantai Sumur Tiga, Genhype hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kota Sabang.

Dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pantai Sumur Tiga merupakan pantai yang berada di Pulau Weh, yakni salah satu dari 111 pulau kecil terluar Indonesia yang berada di Laut Andaman.

Pulau yang berada lebih dari 32,27 kilometer di utara Banda Aceh itu menjadi pulau yang memiliki posisi paling ujung di barat Indonesia. Pulau ini juga disebut sebagai sebuah pulau karang yang proses terbentuknya melalui pengangkatan dari permukaan laut.

Kemudian, sekitar 2.600 hektare (ha) terumbu karang yang terdapat di pulau ini, terutama di sekitar Pulau Rubiah, telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh. Penetapan itu melalui SK No. 928/Kpts/UM/1982 pada 22 Desember 1982.

Dilansir dari laman Pemerintah Kota Sabang, Pulau Weh disebutkan dari kata Weh yang memiliki arti pindah dalam bahasa Aceh. Pulau ini disebut-sebut pada awalnya menjadi satu kesatuan dengan Pulau Sumatra. Karena suatu hal yang tidak disebutkan, pulau ini kemudian pindah.

Sementara itu, dalam cerita yang diyakini oleh masyarakat, pulau ini pada awalnya menjadi satu dengan Ulee Lheue di Banda Aceh. Cerita lainnya adalah letusan gunung berapi membuat pulau ini terpisah.
 

Menuju Lokasi

Sementara itu, untuk menuju ke Pulau Weh, Genhype dapat menggunakan perjalanan darat dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Sesampai di pelabuhan, kalian dapat menggunakan kapal cepat atau lambat ke Pelabuhan Balohan, Kota Sabang.

Perjalanan dengan menggunakan kapal cepat akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Kota Sabang. Sementara itu, kalian akan sampai dalam waktu 1,5 – 2 jam jika menggunakan kapal lambat atau feri.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengenal Faktor Risiko Diabetes yang Bisa Diubah dengan Mudah

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Masjid Sheikh Zayed Solo, Mirip Grand Mosque di Abu Dhabi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: