karya seni lukis menjadi salah satu karya yang ditampilkan dalam pemeran seni (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Daian Gan)

5 Agenda Pameran Seni Sepanjang Februari 2023, Ada Art Jakarta Gardens dan The Big Picture

02 February 2023   |   07:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) oleh pemerintah sejak akhir tahun silam, menjadi kesempatan bagi para pelaku di sektor kreatif untuk memeriahkan kembali ruang publik dengan agenda gelar karya dan pameran seni rupa pada tahun ini. Apalagi di tengah kebangkitan pasar seni dan lahirnya generasi baru kolektor seni menjadi kesempatan emas bagi para pegiat seni untuk memamerkan karya-karya terbaiknya.

Pada Februari tahun ini, sejumlah galeri dan museum pun mengadakan pameran karya seni rupa dari para seniman, dan merupakan kabar gembira bagi kalian pencinta seni atau pun kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang karya seni.

Baca juga: Flora Yukhnovich, Seniman Muda yang Bikin Heboh Pasar Seni Global

Pameran itu bisa menjadi sumber inspirasi atau destinasi hiburan mengisi libur akhir pekan. Keindahan artistik goresan cat di atas kanvas atau lekukan bentuk patung yang lahir dari tangan seniman dapat memanjakan mata.

Berikut sejumlah agenda seni pada Februari 2023 yang tidak boleh kalian lewatkan.


1. New Hope

Pameran pertama yang dapat kalian saksikan pada bulan kedua tahun ini adalah New Hope. Pameran ini diadakan oleh Galeri Nasional Indonesia dan Art Xchange Gallery. Terselenggara di ruang serbaguna Galeri Nasional Indonesia, New Hope dapat dinikmati dari 4 sampai 23 Februari 2023 dari pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Pameran ini akan menampilkan karya dari 30 seniman dengan kurasi dari Arif Bagus Prasetyo. Genhype akan menyaksikan karya-karya perupa dari dalam dan luar negeri yang menyuarakan beragam harapan melalui banyak subjek, teknik, konsep, dan juga pendekatan artistik.

Seniman-seniman yang akan berpartisipasi dalam pameran New Hope adalah Aya Nur Aisah, Andi Prayitno, Ang Cheche, Anis Kurniasih, Antoe Budiono, Budi Asih, Burhanudin Reihan Afnan, Cadio Tarompo, Camelia Mitasari Hasibuan, Chairol Imam, Dedi Imawan,.

Dona Prawita Arissuta, E. Lestari, Friski Jayantoro, Hendra Purnama, I Made Santika Putra, I Putu Adi, Jemana Bayubrata Murti, Lim Tong Xin, Lini Natalini, Marisa R Ng, Nadya Korotaeva, Nahyu Rahma Fathriani, Ni Nyoman Sani, Rawraw, R. Sumantri MS, Sergey Gapanovich, Sinisha Kashawelski, Suwandi Waeng, dan Wisnu Ajitama.


2. Art Jakarta Gardens 2023

Art Jakarta Gardens 2023 adalah pameran seni lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype pada Februari tahun ini. Terselenggara dari 7 sampai 12 Februari 2023, ajang seni rupa ini akan menampilkan koleksi dari 25 galeri atau museum di Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

Penyelenggaraan ajang art fair pada bulan ini adalah yang kedua kalinya. Art Jakarta Gardens pertama kali diadakan pada tahun lalu di tempat yang sama. Kalian akan menikmati karya para seniman, baik berupa karya dua dimensi atau pun tiga dimensi. Tidak hanya itu, penyelenggara pameran ini juga menyajikan presentasi khusus dari sejumlah seniman.

Salah satunya adalah berjudul Cahaya Perjalanan oleh FX Harsono. Untuk diketahui, FX Harsono adalah salah satu seniman kontemporer paling dihormati di Indonesia. Dia menjadi tokoh sentral dunia seni rupa Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Baca juga: Kolase, Lebih dari Seni Menempel

Pada 1975, sang seniman termasuk dalam kelompok seniman muda yang mendirikan Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia, yang menekankan pendekatan eksperimental, konseptual, penggunaan materi sehari-hari, dan keterlibatan dengan isu-isu sosial dan politik.
 
1
2


SEBELUMNYA

Jadwal Tayang & Sinopsis Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

BERIKUTNYA

4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: