Surfing (Sumber foto: Pexels/Pixabay)

Top 5 Watersport Populer yang Wajib Genhype Coba

14 May 2024   |   16:32 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Kegiatan olahraga telah menjadi sangat populer belakangan ini. Banyak orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental, terutama di tengah gaya hidup yang modern. Kesadaran akan manfaat olahraga bagi kesehatan juga membuat orang-orang lebih termotivasi untuk aktif di berbagai kegiatan fisik. 

Diantara banyaknya kegiatan olahraga, watersport atau olahraga air merupakan salah satu olahraga yang paling di minati. Bagi Genhype yang ingin mencoba hal baru, olahraga air sangat cocok untuk kalian yang ingin menantang diri dan keluar dari zona nyaman.

Baca juga: Identik Jadi Olahraga Anak Pantai, Cek Kiat Jitu Berlatih Selancar Menurut Ahli

Sama halnya dengan olahraga di darat, olahraga air juga memberikan manfaat kesehatan yang penting. Berikut adalah 5 olahraga air paling populer yang wajib Genhype coba. 
 

1. Selancar

 

Surfing (Sumber foto: freepik/viarprodesign)

Surfing (Sumber foto: freepik/viarprodesign)

Surfing adalah kegiatan seru di mana kalian berdiri atau berbaring di atas papan kecil dan berjalan di atas gelombang air. Dilansir dari laman Sufer Today, ada empat jenis gelombang selancar, yakni spilling waves, plunging waves, surging waves, dan collapsing waves.

Tidak masalah jika kalian belum pernah melakukan berselancar sebelumnya karena kalian bisa mencoba dengan mencari tempat yang menyediakan kursus atau meminta bantuan dari teman yang sudah ahli dalam olahraga ini. 
 

2. Berlayar

 

Berlayar (Sumber foto: freepik/wirestock)

Berlayar (Sumber foto: freepik/wirestock)

Berlayar adalah olahraga air yang menggabungkan keterampilan dan strategi dalam mengendalikan angin untuk menggerakkan perahu di atas air. Selain itu, berlayar juga merupakan aktivitias yang bisa dinikmati untuk kegiatan santai atau perlombaan dan cocok untuk semua orang. Terlebih, berlayar bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan terutama jika kalian melakukannya bersama keluarga atau teman.
 

3. Kayak

 

Kayak (Sumber foto: freepik/prostooleh)

Kayak (Sumber foto: freepik/prostooleh)

Selanjutnya olahraga air yang wajib kalian coba adalah kayak, salah satu olahraga air yang mudah dijangkau semua orang dan tak butuh kemampuan khusus. Dilansir melalui Neilson, kayak merupakan perahu kecil di mana kita duduk rendah di atas air yang menggunakan dua dayung untuk mendorong perahu ke depan.

Ada banyak jenis kayak yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi airnya, misalnya untuk arus deras, balapan, atau hanya untuk kegiatan santai. Olahraga kayak merupakan cara ideal untuk menjelajahi aliran air dan pesisir pantai hingga menikmati olahraga tanpa beban berat.
 

4. Selancar Angin

 

Windsurfing (sumber foto: Unsplash/Thomas Couillard)

Windsurfing (sumber foto: Unsplash/Thomas Couillard)

Windsurfing adalah olahraga air yang menggabungkan gaya selancar dan berlayar. Bedanya dengan selancar, di windsurfing kalian menggunakan angin untuk maju. Kalian akan berdiri di atas papan sambil memegang layar yang ditiup angin di atas air dan mengatur arah dengan mengubah posisi layar serta gerakan kaki. 
 

5. Snorkeling

 

Snorkeling (Sumber foto: freepik/wirestock)

Snorkeling (Sumber foto: freepik/wirestock)

Snorkeling merupakan salah satu olahraga air paling populer. Kegiatannya adalah berenang di perairan sambil dilengkapi dengan masker selam, tabung berbentuk disebut snorkel mirip sirip renang. Dengan menggunakan peralatan tersebut, penyelam dapat mengamati atraksi bawah laut untuk jangka waktu yang lebih lama. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Kapal Pesiar Siap Berlayar Tahun 2024, Ada Icon of The Seas & Disney Treasure

BERIKUTNYA

Simak Penjelasan NASA tentang Aurora di Polandia yang Disebut Ada Kekacauan Magnetik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: