Ilustrasi anak-anak di sekolah (Sumber gambar: Mario Heller/Unsplash)

3 Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

01 February 2023   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Memberikan Proteksi Berupa Asuransi Pendidikan

Selain membuat tabungan khusus, menyiapkan tabungan pendidikan anak juga bisa menggunakan asuransi pendidikan. Berbeda dengan tabungan, asuransi pendidikan memiliki batasan waktu untuk mencairkan uangnya.

Uang tersebut akan bisa diambil jika anak ingin masuk SD, SMP, SMA, dan kuliah. Meski bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar jika memakai asuransi pendidikan, penting untuk diingat bahwa kalian akan dikenakan penalti (denda) jika ingin mencairkan dana pendidikan sebelum waktunya.

Baca juga: 3 Hal Penting Siapkan Dana Pendidikan Anak, Menabung Saja Tak Cukup

Dalam asuransi pendidikan anak ini biasanya juga akan dilengkapi produk asuransi jiwa. Namun, jika tidak, maka kalian pun harus membeli sendiri produk proteksi jiwa dan pastikan asuransi jiwa tersebut memiliki uang pertanggungan (UP) yang cukup untuk menanggung biaya hidup serta biaya pendidikan.

Untuk menghitung uang pertanggungan, maka kalian dapat menggunakan metode pendekatan pengeluaran. Dengan metode ini, UP yang akan didapatkan ahli waris akan sesuai dengan kebutuhan pada masa depan yang sudah disesuaikan dengan inflasi.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Lagi Viral, Cek 5 Top Drakor yang Diperankan Song Joong-ki

BERIKUTNYA

Cek Kombinasi Makanan Terbaik untuk Sarapan Menurut Harvard

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: