Ilustrasi pendidikan (Sumber gambar: Unsplash/Vasily Koloda)

Menteri Nadiem Sebut Pentingnya Dukungan dari Guru, Orang Tua, dan Mahasiswa pada Program Merdeka Belajar 

25 May 2022   |   14:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Dukungan dari perwakilan forum guru, mahasiswa, dan orang tua terhadap program Merdeka Belajar diperlukan untuk mempercepat transformasi kualitas pendidikan nasional. Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim saat menghadiri Rembuk Komunitas bertajuk Bergerak Bersama Berdaya Bersama, pada Selasa (24/5). 

Nadiem mengatakan, Merdeka Belajar merupakan landasan demi terciptanya transformasi pendidikan Indonesia guna menghasilkan generasi Indonesia yang unggul. Program ini tidak akan berjalan maksimal, bila tidak ada dukungan dari sejumlah pihak. 

“Semangat gotong-royong ini harus terus dijaga dan semakin diperluas dengan melibatkan semua kalangan agar upaya dalam peningkatan mutu pendidikan akan terwujud di masa depan,” kata Nadiem dalam keterangan resminya. 

Baca juga: Bingung Mau Pilih Asuransi atau Tabungan Pendidikan? Yuk Kenali 5 Perbedaannya!

Dia juga menambahkan, Merdeka Belajar dihadirkan pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan hak akan pendidikan berkualitas. Program ini bersumber dari pemikiran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional, yang fokus pada asas kemerdekaan dalam menerapkan materi esensial dan fleksibel sesuai dengan minat, kebutuhan, serta karakteristik dari peserta didik. 

Menurutnya, melalui Merdeka Belajar, peran pendidik juga diperkuat untuk merancang metode pembelajaran berbasis proyek untuk memacu kreativitas peserta didik. 

“Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara komprehensif, berkelanjutan, dan menyeluruh, serta tidak hanya fokus pada satu jenjang saja tetapi menyentuh semua peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, maupun orang tua. Kami percaya terobosan ini akan menciptakan lompatan perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan nasional,” ujar Nadiem.

Sementara itu, Koordinator Regional Bali Nusa Tenggara Komunitas Kami Pengajar, Luh Eka Yanthi menjelaskan penyelenggaraan Rembuk Komunitas, yang diikuti sebanyak 1000 orang dari perwakilan komunitas guru, mahasiswa, dan orang tua ini, untuk mengajak seluruh anggota komunitas lebih aktif dalam memberikan rekomendasi bagi Kemendikbudristek.

“Merdeka Belajar merupakan pemikiran hebat dari Kemendikbudristek yang menawarkan hasil jelas demi kebaikan kualitas pendidikan nasional untuk masa depan lebih cerah. Namun, tanpa adanya semangat dan dukungan dari seluruh pihak terkait, program Merdeka Belajar akan menjadi hambar,” katanya. 

Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka Rizal Maula menilai penerapan Merdeka Belajar, melalui Kampus Merdeka, telah memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan. Progam ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, yang merupakan agen perubahan sekaligus garda terdepan, dalam menghadapi perkembangan zaman, dalam aspek pengetahuan dan teknologi.

Adapun, Founder Komunitas Sidina Susi Sukaesih menambahkan Merdeka Belajar menekankan peran penting orang tua dalam mendukung pendidikan anak-anaknya. Orang tua merupakan bagian utama terkait perkembangan pendidikan anak-anaknya sehingga dapat bertahan pada masa disruptif yang kompetitif saat ini.

“Merdeka Belajar menyasar pembentukan orang tua teladan dalam pendidikan yang layak dicontoh. Kami mendorong para orang tua untuk aktif terlibat dalam sosialisasi dan penerapan Merdeka Belajar,” ujar Susi.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2021: Yuk Kenalan dengan Sosok Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional

Untuk kalian ketahui, Komunitas Kami Pengajar memiliki anggota 1.293 orang yang tersebar di 6 regional meliputi Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali & Nusa Tenggara, Maluku & Papua. Kemudian Komunitas ASN PPPK dengan sebanyak 28.469 anggota. Untuk Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka mempunyai anggota sebanyak 24.528 orang. Untuk Komunitas Sidina, komunitas ini beranggotakan 2.075 orang.

Saksikan juga: 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Spesifikasi, Keunggulan & Harga Smartphone Realme Narzo 50 5G di Indonesia 

BERIKUTNYA

Ini Agenda Mantan Pemain Arsenal Mesut Ozil Selama di Jakarta, Kunjungi Pondok Indah Mall hingga ke Tangerang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: