Ilustrasi menu sarapan (Sumber gambar: Amie Bell/Unsplash)

Cek Kombinasi Makanan Terbaik untuk Sarapan Menurut Harvard

01 February 2023   |   09:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sarapan menjadi hal penting untuk memulai hari. Selain mendukung stamina untuk beraktivitas, sarapan juga menjadi kunci bagaimana tubuh merespons aktivitas kita. Tidak sedikit orang yang merasa kembali mengantuk sesaat setelah sarapan. Tentu saja, hal ini bisa terjadi karena makanan dengan kandungan gula yang tinggi turut mendorong gula darah melonjak, sehingga menyebabkan kantuk.

Untuk itu, peran memilih makanan saat sarapan menjadi penting. Makanan yang umum ditemui sebagai kudapan untuk makan pagi seperti nasi uduk, muffin, pancake, dan lainnya sebaiknya dihindari saat pagi.

Baca juga: Menu Sarapan Hingga Makan Malam Ini Efektif Turunkan Berat Badan

Menurut dokter Harvard Medical School, Monique Tellovragam makan pagi yang tinggi karbohidrat terproses dan gula itu akan menaikan level insulin yang juga bisa menyebabkan kadar lemak tubuh meningkat.

Begitupun dengan ragam makanan hewani yang populer sebagai menu sarapan. Misalnya sosis, ham, atau bacon, yang tinggi dengan kandungan garam karena masuk dalam kategori processes foods.  Jenis makanan ini mendorong tekanan darah tinggi dan kolesterol yang berakibat fatal pada penyakit jantung. Lantas, apa menu sarapan terbaik untuk memulai hari?

Menurut Monique dalam situs Harvard Education, kita bisa kembali pada kombinasi makan sederhana yang ringan untuk memulai hari. Misalnya, isi satu mangkok sarapan dengan buah, sayur, gandum utuh, dan protein serta lemak yang baik. Meski tampak lebih susah daripada membuat satu lembar pancake, nyatanya mengonsumsi kombinasi makanan super ini sangat mudah dalam menyajikannya.

Monique menyarankan sebagai pekerja, menghadirkan kombinasi makanan itu tidak susah. Siapkan saja beberapa bahannya di kulkas. Untuk buah, disarankan untuk menyetok buah yang beku atau frozen fruits.

Letakkan kombinasi buah berries di kulkas untuk persiapan sarapan. Buah beku ini diambil saat masih segar sehingga kualitas dan vitaminnya masih terjaga. Kamu tidak perlu khawatir tentang nutrisi yang ada di dalamnya.
 

Ilustrasi menu sarapan (Sumber gambar: Drica Pinotti/Unsplash)

Ilustrasi menu sarapan (Sumber gambar: Drica Pinotti/Unsplash)


Kedua, siapkan jenis gandum utuh. Bisa diganti dengan kacang atau biji-bijian jika menyukainya. Misalnya kacang almond, granola, dan chia seeds. Jenis gandum dan kacang ini terbilang awet untuk disimpan dalam waktu yang lama.  Namun ingat, pilihlah jenis kacang dan biji-bijian yang tanpa gula dan tanpa garam. Hindari jenis kacang yang digoreng, dan pilihlah kacang yang dimasak dengan metode panggang.

Terakhir, siapkan yogurt plain di kulkasmu. Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan, sangat pas dikonsumsi di pagi hari. Nah, tiga kombinasi menu sarapan terbaik ini bisa dengan mudah diramu dalam sebuah mangkok makan pagi sebelum memulai aktivitas.

Baca juga: Resep Quiche Topping Edamame, Sajian Lezat & Sehat untuk Sarapan

Ambil frozen berries secukupnya, kemudian tambahkan kacang almond atau oat utuh, kemudian tuangkan yogurt plain di atasnya. Makanan ini sudah cukup memberi manusia energi untuk beraktivitas hingga makan siang.

Dalam satu mangkok kombinasi menu ini, kamu sudah mendapatkan nutrisi vitamin C, folat, antioksidan, karbohidrat, protein, lemak baik, hingga kalsium.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

3 Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

BERIKUTNYA

Salihara Jazz Buzz Hadir Lagi, Suguhkan Pertunjukan Musik Jazz yang Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: