Flora Yukhnovich (Sumber gambar: Victoria Miro)

Flora Yukhnovich, Seniman Muda yang Bikin Heboh Pasar Seni Global

30 January 2023   |   20:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Kondisi Pasar

Jejak kesuksesan Flora Yukhnovich di pasar juga tak lepas dari bergabungnya dia ke galeri Victoria Miro, London, pada 2021. Victoria Miro tercatat sebagai galeri blue chip. Salah satu seniman dunia yang bergabung dengannya adalah Yayoi Kusama.

Meski begitu, karya-karya Yukhnovich juga enggak lepas dari para peran spekulator. The New York Times dalam laporannya menulis bahwa moncernya karya-karya Yukhnovich diduga karena praktik flapping market. Istilah ini mengacu pada strategi yang digunakan untuk meraih keuntungan dari pembelian dan penjualan sesuatu. 

Biasanya flipping lazim terjadi di sektor properti dan saham. Dalam pasar seni, flipping artinya menjual kembali karya seni dengan harga murah secara cepat dan menguntungkan. 

Terlepas dari hal tersebut, fenomena Yukhnovich telah menunjukkan warna baru dalam pasar seni rupa global, yaitu kehadiran para kolektor muda. Dengan rata-rata usia 20 hingga 40-an Mereka merupakan kolektor gelombang baru. Anak-anak muda ini menjelma menjadi kolektor berkat warisan dan ekonomi digital. 

Dalam wawancara dengan Hypeabis.id, Fair Director Art Jakarta Tom Tandio pun menyebut bahwa sekarang banyak kolektor muda bermunculan. Mereka memiliki uang yang banyak, hasil dari kripto dan bisnis startup

Para kolektor muda ini memiliki selera berbeda dengan para seniornya, yang gemar mengoleksi karya-karya old masters. Sebaliknya, kolektor muda ini membeli karya-karya kontemporer yang memiliki kedekatan secara isu. Hal tersebut tidak mereka dapatkan, jika membeli karya-karya old masters. Lantaran secara isu, apa yang ingin disampaikan melalui karya-karya tersebut jauh dengan mereka. 

Baca juga: 5 Tren Seni Rupa yang Bakal Menggeliat pada 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Lisa Loring, Pemeran Wednesday Pertama di The Addams Family Tutup Usia Akibat Strok

BERIKUTNYA

Profil Annie Wersching, Pengisi Video Game The Last of Us yang Meninggal Akibat Kanker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: