Luna Maya yang tampil sehat dan cantik memakai gaun rancangan Sebastian Gunawan. (Sumber gambar : Instagram/Luna Maya)

Inilah 5 Resep Rahasia Sehat & Bahagia Luna Maya

26 January 2023   |   15:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Work Life Balance


Menurut Luna, penting untuk mengetahui limit atau batas tubuh terutama dalam beraktivitas dan bekerja. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk meredakan stres agar kesehatan mental tetap terjaga. 

Dia menilai setiap orang harus berani mengatakan tidak ketika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda untuk rehat sejenak. Seperti dirinya yang tidak peduli pandangan negatif ketika menolak pekerjaan saat tubuhnya sedang tidak memungkinkan untuk bekerja.

Bodo amat orang bilang enggak profesional. Bukan nolak kerjaan tapi aku ingin kembali ke pekerjaan dengan keadaan lebih baik,” tegasnya.

Setiap orang butuh waktu untuk memulihkan kondisi fisik dan mental. Waktu merawat diri sendiri (me time) itu menurutnya sangat penting. Termasuk bagi para ibu yang sehari-hari harus mengurus suami dan anak-anaknya.

“Enggak apa-apa bilang take off. Itu tidak apa-apa loh. Untuk mendidik anak yang sehat, cerdas, baik, butuh ibu yang sehat mental dan fisik. Hal simpel yang sering terdengar, love your self. Kadang-kadang jadi egois enggak salah kok,” ujar Luna. 

 

Luna Maya (Foto : Desyinta Nuraini)

Luna Maya (Foto : Desyinta Nuraini)

 

4. Sadar dan Apresiasi Diri Sendiri


Untuk memiliki fisik dan mental yang sehat, penerimaan dan apresiasi diri sendiri, menurutnya, cukup penting. Bisa dengan mulai hal sederhana seperti memeluk dan berbicara dengan diri sendiri telah melalui hari serta melakukan yang terbaik, terutama sebeum tidur.   

Tidak masalah jika harus menangis sesenggukan hingga berteriak untuk melepaskan stres atau kesedihan yang dialami. “Kemarin ada kejadian saya kejebak macet 4 jam di jalan. Total duduk 7 jam, saya break down. Untuk kontrol itu ya nangis saja, tarik nafas sampai lega, dan langsung ‘Oke, yuk bisa yuk’,” ulas Luna mencontohkan cara dia berbicara dan memotivasi diri sendiri.

Dia berpendapat, tidak usah peduli lagi dengan omongan atau orang-orang yang memberi komentar serta pandangan negatif. Fokus pada diri sendiri  untuk menjaga mood serta energi positif agar lebih sehat dan bahagia. 

Apresiasi diri sendiri juga penting. Sebagai contoh makan, nonton bioskop, atau traveling ke tempat favorit atau baru seperti yang dilakukannya. 

Baca juga: Saran Luna Maya Terkait Gaya Hidup Sehat, Jangan Tiba-tiba
 

5. Bahagiakan Orang Lain


Luna punya cara untuk menghadirkan energi positif di dalam dirinya, yakni membantu orang lain. Dia kerap kali terlibat dalam kegiatan sosial yang membuat dirinya bahagia. “Padahal yang buat kita lebih happy, sehat, ternyata dengan membantu orang juga,” sebutnya. 

Seperti kolaborasinya dengan Rejuve yang membantu anak-anak berkebutuhan khusus melalui Yayasan Drisana. Luna mengaku paling tidak tega melihat orang kesusahan. Dia selalu memposisikan diri ketika dalam kondisi tersebut. 

Kendati demikian, dia enggan membantu mereka yang tidak mau berusaha seperti mengemis di jalan padahal kondisi fisiknya masih bisa memungkinkan untuk bekerja. Dia tidak ingin membuat orang terbiasa mengemis atau meminta-minta tanpa berusaha yang melahirkan budaya malas. 

 “Cari siapa sih yang paling butuh. Berikan beasiswa agar ke depannya bisa bikin impact yang memperbaiki sistem keluarga,” tegasnya. 

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

RRR Film Heroik India Yang Jadi Perhatian Dunia

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Film Netflix Februari 2023, Ada Dear David & Call Me Chihiro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: