Ilustrasi-Fernando (Unsplash)

Begini 4 Cara Simpel Buat Hempas Rasa Tak Percaya Diri

07 July 2021   |   21:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hampir setiap orang pasti pernah merasakan insekyur atau kurang percaya diri dalam hidup mereka. Hal itu bisa datang dari kehidupan profesional kerja, kehidupan pribadi, atau penampilan mereka.

Biasanya, perasaan insekyur itu datang dari membandingkan diri kamu dengan orang lain sehingga kamu merasa tidak terlalu penting, kurang berhasil dan tidak bahagia dengan apa yang kamu punya.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa coba beberapa hal sederhana ini agar kamu lebih merasa nyaman dengan dirimu sendiri.

1. Tekan ego
Biasanya ego dalam diri akan mencari sebuah pembenaran dan memaksa untuk membandingkan diri kamu dengan orang lain. Jika kamu terus membiarkan egomu, kamu tidak akan pernah merasa cukup dengan diri sendiri sehingga menjadi insekyur. Cobalah untuk menekan ego kamu dan mulai menghargai diri sendiri.

2. Ubah cara pikirmu
Jika kamu sering merasa insekyur, kamu bisa mulai mengubah cara pikirmu. Manfaatkan perasaan itu sebagai proses untuk membuat kamu sadar akan kekurangan diri serta menerimanya dengan bijak. Lebih dari itu, dengan mengakui rasa insekyur, kamu juga bisa mencoba mencari alasan mengapa kamu merasakan hal itu sehingga bisa mengatasinya.
 

Ilustrasi-Fernando Brasil (Unsplash)

Ilustrasi-Fernando Brasil (Unsplash)
 

3. Cintai dirimu sendiri
Apapun yang terjadi, selalu cintai diri sendiri tanpa syarat dan dengan sepenuh hati. Kamu tidak akan merasa insekyur ketika kamu betul-betul mencintai dirimu sendiri termasuk menerima kekurangan dan merasa bangga atas segala hal yang berhasil kamu capai.

4. Bersyukur
Rasa syukur kepada Sang Pencipta atas semua yang telah kamu miliki juga bisa menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa insekyur. Jika perlu, kamu bisa membuat daftar hal-hal yang perlu kamu syukuri. Ketika kamu merasa insekyur, kamu bisa melihat daftar itu dan mengubah sudut pandangmu.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Dunia Bollywood Berduka, Aktor Legendaris India Dilip Kumar Meninggal

BERIKUTNYA

Peluang Bisnis Daur Ulang Popok dan Masker Masih Terbuka Luas Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: