Perlu kiat yang tepat untuk memulai rutinitas setelah liburan panjang (Sumber gambar: Christina Morillo/Pexels)

4 Kiat Kembali ke Rutinitas dengan Tubuh yang Fit

11 May 2022   |   18:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah libur Lebaran, masyarakat sudah mulai kembali menjalani aktivitas sehari-hari. Libur panjang idealnya akan menyegarkan pikiran dan semangat setelah meluangkan banyak waktu untuk berkegiatan bersama dengan teman dan keluarga tercinta. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang libur yang panjang justru dapat memberi efek sebaliknya.

Tidak sedikit orang dihadapi dengan Monday blues atau secara umum merasa kelelahan karena tubuh yang tidak fit untuk kembali menjalani rutinitas normal seperti bekerja maupun sekolah. 

Dengan kegiatan yang mulai kembali pulih seperti bekerja dari kantor serta sekolah tatap muka, itu mengharuskan kita untuk meningkatkan kewaspadaan atas kesehatan serta daya tahan tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit, terlebih ketika berada di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Lalu, langkah apa saja yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan dan imunitas tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas? Berikut adalah 4 kiat yang bisa dilakukan seperti dilansir oleh KlikDokter.


1. Lakukan tes Covid-19 usai liburan

Saat berlibur bersama dengan keluarga tercinta, tentu kita berinteraksi dan beraktivitas dengan banyak orang. Meskipun telah mendapatkan vaksinasi, disiplin protokol kesehatan setibanya di rumah usai liburan panjang tetap diperlukan untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penularan virus, segera lakukan test Covid-19 ketika kamu tiba di rumah. Jika kamu segera melakukannya, maka kamu akan siap untuk kembali menjalani aktivitas sehari-hari dengan tubuh yang sehat dan prima yang terhindar dari virus Covid-19.

(Baca juga: 5 Buah untuk Turunkan Kolesterol Usai Lebaran)


2. Konsumsi suplemen 

Jangan lupa juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seusai liburan panjang. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh yang tinggi dapat membantu mencegah tubuh dari virus penyakit.

Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tinggi serat, seperti sayur hingga buah-buahan. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen agar tubuh kamu terhindar dari penyakit saat hendak kembali menjalani aktivitas sehari-hari. 
 

Dinielle De Veyra

Berolahraga bisa membuat kesehatan tubuh terjaga (Sumber gambar: Dinielle De Veyra/Pexels)


3. Persiapkan tubuh dengan berolahraga ringan

Setelah menikmati libur Lebaran dan melakukan perjalanan mudik yang pastinya sangat melelahkan, saatnya kamu kembali melakukan olahraga secara rutin sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Tidak harus selalu melakukan olahraga berat dengan waktu yang lama, masih banyak olahraga ringan yang dapat kamu lakukan untuk memulihkan otot dan sendi yang kaku. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan olahraga setelah liburan panjang, salah satunya menghilangkan pegal setelah menempuh perjalanan panjang saat mudik Lebaran ke kampung halaman. Tak hanya itu, kamu juga mendapat suntikan energi dan semangat untuk bisa kembali produktif bekerja. Dengan berolahraga, sistem kekebalan tubuh kamu juga akan meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

(Baca juga: Libur Lebaran Usai, Simak 6 Kiat Kembalikan Produktivitas)


4. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Menjaga kondisi tubuh tetap fit setelah melakukan perjalanan mudik merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cara rutin mengonsumsi air mineral seusai melakukan perjalanan mudik Lebaran. 

Mengonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas per hari dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh, apalagi setelah melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya jika kamu menyiapkan botol minum untuk digunakan ketika kembali menjalani aktivitas sehari-hari.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

YouTube Mulai Uji Coba Fitur Membership Gifting Mirip Twitch

BERIKUTNYA

Aktris Ariana DeBose Bergabung dalam Serial Westworld, Perannya Masih Dirahasiakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: