jelang Imlek warga Tiongjoa melakukan berbagai tradisi yang terus dijalankan agar tetap berada dalam naungan keberuntungan. (sumber gambar Unsplash/ Henry & Co.)

5 Tradisi Unik Masyarakat Tionghoa Jelang Perayaan Imlek, dari Beberes Rumah hingga Kembang Api

16 January 2023   |   18:31 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like

4. Makanan Khas

Pada perayaan Imlek masyarakat Tionghoa biasanya akan menyajikan 12 macam makanan yang melambangkan 12 shio yang ada. Selain melambangkan shio, masing-masing makanan yang disajikan tersebut juga memiliki makna dan pengharapan tersendiri. 

Beberapa di antaranya termasuk mie yang melambangkan umur yang panjang. Kue keranjang yang manis yang berbentuk seperti bola juga melambangkan rejeki yang tidak pernah habis. Kemudian ikan bandeng yang dimakan tanpa dibalik dan disisakan agar ada surplus di tahun yang akan datang.


5. Menyalakan Kembang Api

Menyalakan kembang api juga menjadi salah satu pertunjukan khas dalam memeriahkan Imlek. Tradisi ini berasal dari legenda lama di Tiongkok yang menyebut pada ribuan tahun lalu ada monster bernama Nian (tahun) yang menyerang penduduk desa saat pergantian tahun.

Dari sinilah mereka kemudian membuat kembang api dan menyalakannya agar dapat mengusir monster tersebut dari desa dengan cahaya yang terang dan suaranya yang menggelegar, tulis laman Britannica. Selain kembang api, Imlek juga identik warna merah, karena monster tersebut disebut takut dengan warna-warna cerah. 

Baca juga: Penuh Makna, 12 Makanan Ini Wajib Ada saat Imlek

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

4 Sajian Khas Tahun Baru Imlek yang Penuh Filosofi

BERIKUTNYA

Intip Bocoran Harga & Spesifikasi Seri iPhone 15

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: