Ponsel iPhone (Sumber gambar: Unsplash/Ameen Almayuf)

Intip Bocoran Harga & Spesifikasi Seri iPhone 15

16 January 2023   |   20:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan teknologi, Apple, setiap tahunnya secara rutin mengeluarkan rangkaian ponsel pintar andalan terbarunya. Pada tahun ini, seri iPhone 15 digadang-gadang akan hadir untuk memuaskan hasrat penggemar gadget canggih tersebut. Seri anyar nanti akan membawa fitur dan spesifikasi yang lebih mumpuni. 

Walaupun belum ada rilis resmi dari Apple, tapi spesifikasi hingga harga iPhone sudah banyak beredar dari para pembocor (leaker). Situs Techradar misalnya menyebut Apple saat ini sedang mengerjakan chip 3nm A17 Bionic untuk iPhone 15. Dugaan rilisnya gawai ini semakin kuat mengingat iPhone 14 Pro dan Pro Max menggunakan A16 Bionic.

Sementara itu, LeaksApplePpro menyebut bahwa Apple akan meluncurkan iPhone 15 Plus bersama 3 model lainnya. Harga dan ukurannya disebut-sebut akan sama. “Yang akan dilakukan Apple adalah memprovokasi lebih banyak penjualan dengan menaikkan harga iPhone 15 Pro,” tulis laporan tersebut dikutip dari Forbes, Senin (16/1/2023). 

Baca jugaApple Rilis iPad 10, Sudah Pakai USB Type-C & Punya 4 Pilihan Warna

Dari laporan tersebut disampaikan harga iPhone 15 diprediksi mulai dari US$799 (Rp12 juta), iPhone 15 Plus mulai US$899 (Rp13,5 juta), iPhone 15 Pro mulai US$1.099 (Rp16,6 juta), dan iPhone 15 Ultra (Pro Max) akan dibanderol dengan harga $1199 (Rp18 juta). 

Tingginya harga iPhone ini menurut Leakers merupakan langkah agresif yang dirancang untuk meningkatkan penjualan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, menyusul permintaan yang rendah untuk model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Adapun desain iPhone 15 tidak berbeda dari seri sebelumnya.

Kendati demikian, potongan pil dan lubang Dynamic Island mungkin akan diperluas ke semua model iPhone 15. Jika demikian, maka iPhone 15 akan menjadi jajaran iPhone pertama yang sepenuhnya menghilangkan notch. Berikut ini bocoran spesifikasi iPhone 15 yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber. 


1. Prosesor & Chip

Mengutip Digital Trends, iPhone 15 mungkin menggunakan A16 yang saat ini ditampilkan di iPhone 14 Pro. Sementara chip A17 diperuntukkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. TSMC, pemasok lama chip untuk iPhone diprediksi menggunakan proses 3 (nanometer) nm untuk chip A17.

Ini akan membuat A17 lebih efisien dalam konsumsi daya dan mengurangi panas yang dihasilkan selama penggunaan. Chip 3 nm A17 juga akan memiliki peningkatan 15 persen dalam kecepatan dan daya serta penghematan daya 30 persen lebih banyak dibandingkan chip 5nm saat ini.

Laporan lain menunjukkan bahwa iPhone 15 Pro juga bisa mendapatkan peningkatan RAM dari 6GB menjadi 8GB. Meskipun penyimpanan tingkat atas saat ini adalah 1TB untuk iPhone 14 Pro, kapasitas iPhone 15 Pro kemungkinan dapat ditingkatkan menjadi 2TB. 

Selanjutnya, Apple akan menggunakan chip modem 5G Qualcomm untuk jajaran iPhone 15 2023. ‌iPhone 15‌ diharapkan dilengkapi dengan chip Qualcomm X70, yang telah meningkatkan AI untuk kecepatan pemrosesan yang lebih cepat, jangkauan yang lebih baik, sinyal yang lebih baik, latensi yang lebih rendah, dan peningkatan efisiensi daya hingga 60 persen.


2. Kamera

Apple diketahui sedang mengerjakan teknologi lensa periskop. Kemungkinan ini akan dipakai untuk model iPhone 15 Pro Max. Dengan lensa periskop, pengguna akan mendapatkan optical zoom lebih luas dari seri sebelumnya, seperti 5 kali atau 10 kali pembesaran.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max saat ini hanya memiliki zoom optik hingga 3 kali. Namun, tampaknya hanya iPhone 15 Pro Max yang lebih besar yang dapat memperoleh fungsi tersebut.Sejauh ini, baru Samsung yang mengeluarkan smartphone dengan teknologi lensa periskop yang memungkinkan zoom optik 4 hingga 10 kali dan zoom digital hingga 100 kali. 

Analis Apple Ming-Chi Kuo percaya bahwa Apple akan menerapkan teknologi zoom optik 6 kali saat mengadopsi lensa periskop. Kemudian, iPhone 15 akan menggunakan kamera 8P, yang mengacu pada jumlah elemen di dalam bahan lensa. Ini dapat membantu mengurangi distorsi pada gambar akhir.


3. USB tipe C & Kecepatan Transfer Data

Pada seri terbaru tahun ini, kemungkinan Apple akan beralih ke USB-C, mengingat ada peraturan Uni Eropa terkait pengisian daya di perangkat elektronik. Peralihan itu membawa smartphone Apple lebih dekat dengan jajaran iPad dan MacBook, yang sebagian besar telah memakai porta tersebut. 

“Survei terbarunya menunjukkan semua iPhone baru 2023 akan meninggalkan Lightning dan beralih ke USB-C,” ujar analis Apple Ming Chi Kuo. 

Sementara itu, porta USB-C akan mendukung kecepatan transfer data yang tinggi. Menurut Kuo, model iPhone 15 Pro akan mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3. Mengutip Macrumors, dengan pemutakhiran, model iPhone 15 Pro akan dapat mentransfer video dan jenis file lainnya dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Kecepatan transfer USB 2.0 dibatasi hingga 480Mb/dtk, sedangkan USB 3.2 mendukung kecepatan hingga 20Gb/dtk.  Jika Apple menawarkan dukungan Thunderbolt 3 untuk model iPhone 15 Pro, kecepatan transfer data bisa mencapai 40Gb/dtk. 

Baca jugaBegini Cara Penerapan Fitur Darurat SOS di iPhone 14 Melalui Satelit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Tradisi Unik Masyarakat Tionghoa Jelang Perayaan Imlek, dari Beberes Rumah hingga Kembang Api

BERIKUTNYA

The Last of Us, Film Zombie Adaptasi Game yang Ikut Diperankan Christine Hakim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: