Ilustrasi belanja online. (Freepik/Ijeab)

5 Tips Anti Boros saat Belanja Online

09 January 2023   |   16:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Batasi Lirik Platform Belanja Online 

Menengok platform belanja online setiap hari bahkan setiap waktu menjadi pemicu utama kamu bersikap konsumtif dalam berbelanja. Memang menurut Mike, platform tersebut biasanya dibuat semenarik mungkin hingga menarik minat masyarakat atau pelanggannya. 

Mereka juga menggunakan algoritma yang bisa menyesuaikan minat yang pernah kamu lirik. Sekali kamu melihat atau menyukai, barang tersebut akan selalu muncul di daftar utama pencarian. 

Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau setidaknya kurangi waktu melihat platform belanja online. “Semakin sering berinteraksi semakin konsumtif karena algoritma sesuai dengan yang paling ditonton. Jangan mengurangi belanjaan dulu tanpa mengurangi kebiasaan,” tutur Mike. 


4. Kurangi Lihat Sosmed

Sosial media memang menjadi salah satu penghibur. Namun demikian, terlalu sering melihat sosmed bisa membuat kamu  tergiur berbelanja, lho. Bisa muncul hasrat membeli barang yang terlihat bagus dipakai orang lain dan tengah menjadi tren. 

Untuk menghindari perilaku ini, Mike menyebut banyak alternatif hiburan. Kamu bisa meluangkan waktu untuk berkebun, memasak, menonton film, yang tidak memerlukan waktu begitu intens. 

Kendati demikian, sebaiknya lebih banyak mengobrol dengan pasangan untuk mendapatkan hiburan. “Harus dicari penyebabnya kenapa sering berinteraksi di sosmed,” imbuhnya.


5. Belanja Cerdas

Kerap kali masyarakat belanja karena melihat promo. Menjadi malapetaka ketika kamu memiliki banyak dompet digital dan selalu mengecek promo yang ditawarkan. 

Mike menilai boleh saja manfaatkan promo atau diskon, asalkan disesuaikan dengan rencana belanja dan pastikan tidak lebih besar dari penghasilan. “Manfaatkan. Justru pembelanja cerdas tidak terseret toko online tetapi kita menentukan, baru cari promonya. Jadi dibalik,” sebutnya. 

Baca juga3 Tips Belanja Pintar ala Prita Ghozie

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Tips Mengasuh Anak Bagi Pekerja yang Libur Sehari dalam Seminggu

BERIKUTNYA

Seoul Music Awards 2023 Umumkan Line Up Presenter, Ada Park Se Wan hingga Seol In Ah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: