Tips Aman Berbelanja Secara COD di Hari Belanja Online
09 September 2021 |
16:58 WIB
Pada hari ini, pelaku usaha online sedang berlomba-lomba memberikan promo dalam perhelatan belanja online 9.9. Salah satu layanan yang disediakan oleh penjual dalam transaksi jual beli online ini ialah fitur cash on delivery (COD).
Dalam transaksi belanja online, COD merupakan metode pembayaran di tempat, alias ketika pembeli ingin mendapatkan kepastian barang sampai di tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada pembeli.
Lantas apa yang harus dilakukan agar proses transaksi secara COD berjalan lancar? Berikut tips dari Ninja Xpress:
1. Perjelas Kesepakatan Kedua Belah Pihak
Agar proses COD berjalan lancar maka sebelum menyelesaikan transaksi belanja online, pembeli dan penjual perlu melakukan kesepakatan yang jelas terkait pesanan seperti jenis produk, ukuran warna, harga barang, alamat pengiriman, ongkos kirim, serta mitra kurir yang akan dipilih.
2. Sepakati Kebijakan Pengembalian Barang
Hal yang tidak kalah penting untuk disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu mengenai kebijakan pengembalian barang apabila pesanan tidak sesuai setelah diterima oleh pembeli. Sehingga pembeli dan penjual sama-sama puas dalam melakukan transaksi dan Ninja Riders tenang menjalankan tugas.
3. Jika Komplain Sampaikan Pada Penjual Bukan Kurir
Dalam transaksi COD, apabila barang atau paket yang diterima oleh pembeli tidak sesuai pesanan atau berbeda dari yang diharapkan, pembeli dapat menyampaikan keluhan kepada penjual agar dapat ditindaklanjuti, dengan catatan pembeli tetap melakukan pembayaran barang kepada Ninja Riders.
Dalam kasus ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan isi paket, sudah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual dan bukan merupakan tanggung jawab kurir dalam menentukan isi paket. Pembeli perlu memahami bahwa Ninja Riders merupakan mitra kurir yang bertugas untuk mengantarkan pesanan dengan selamat ke tangan pembeli, dan berkewajiban untuk memastikan isi paket tidak mengalami kerusakan dalam proses pengantaran.
4. Jika Tidak Sesuai, Lakukan Pengembalian Barang Sesuai Kesepakatan
Apabila pembeli melakukan transaksi melalui platform e-commerce seperti Lazada, pengembalian barang telah diatur sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Lazada. Namun, apabila pembeli melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli melalui platform social commerce seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain-lain, pembeli dapat melakukan pengembalian barang sesuai kesepakatan dengan pembeli.
Selain itu, jika pembeli ingin menggunakan metode pembayaran COD maka perhatikan juga 3 hal berikut
1. Pastikan Toko Online Memiliki Track Record Bagus
Biasanya toko online yang memiliki track record bagus, dapat dilihat melalui kolom komentar masing-masing produk dan dapat dilihat melalui jumlah bintang sebagai penilaian konsumen lain. Selain itu, di beberapa marketplace ternama biasanya terdapat fitur chat dengan seller, konsumen dapat menulis pesan dengan meyakinkan seller agar mengirimkan barang sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi agar sesuai dengan harapan.
2. Pahami Syarat dan Ketentuan Berbelanja
Setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Konsumen harus mengetahui beberapa hal seperti, harga minimal dan maksimal pembelian, penyedia layanan logistik yang bekerjasama, dan area jangkauan jasa kirim.
3. Manfaatkan Respon Cepat dan Resolusi Tepat Customer Care
Dengan memanfaatkan layanan Customer Care yang telah dioptimalkan oleh Ninja Xpress bisa jadi pilihan jika menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang dan atau pada saat melakukan pembayaran melalui COD.
Customer Care akan melakukan kecepatan respons atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam. Tidak perlu khawatir, Customer Care akan membantu konsumen untuk memberikan ketepatan resolusi pemecahan masalah pengiriman.
Editor: M R Purboyo
Dalam transaksi belanja online, COD merupakan metode pembayaran di tempat, alias ketika pembeli ingin mendapatkan kepastian barang sampai di tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran kepada pembeli.
Lantas apa yang harus dilakukan agar proses transaksi secara COD berjalan lancar? Berikut tips dari Ninja Xpress:
1. Perjelas Kesepakatan Kedua Belah Pihak
Agar proses COD berjalan lancar maka sebelum menyelesaikan transaksi belanja online, pembeli dan penjual perlu melakukan kesepakatan yang jelas terkait pesanan seperti jenis produk, ukuran warna, harga barang, alamat pengiriman, ongkos kirim, serta mitra kurir yang akan dipilih.
2. Sepakati Kebijakan Pengembalian Barang
Hal yang tidak kalah penting untuk disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu mengenai kebijakan pengembalian barang apabila pesanan tidak sesuai setelah diterima oleh pembeli. Sehingga pembeli dan penjual sama-sama puas dalam melakukan transaksi dan Ninja Riders tenang menjalankan tugas.
3. Jika Komplain Sampaikan Pada Penjual Bukan Kurir
Dalam transaksi COD, apabila barang atau paket yang diterima oleh pembeli tidak sesuai pesanan atau berbeda dari yang diharapkan, pembeli dapat menyampaikan keluhan kepada penjual agar dapat ditindaklanjuti, dengan catatan pembeli tetap melakukan pembayaran barang kepada Ninja Riders.
Dalam kasus ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan isi paket, sudah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual dan bukan merupakan tanggung jawab kurir dalam menentukan isi paket. Pembeli perlu memahami bahwa Ninja Riders merupakan mitra kurir yang bertugas untuk mengantarkan pesanan dengan selamat ke tangan pembeli, dan berkewajiban untuk memastikan isi paket tidak mengalami kerusakan dalam proses pengantaran.
4. Jika Tidak Sesuai, Lakukan Pengembalian Barang Sesuai Kesepakatan
Apabila pembeli melakukan transaksi melalui platform e-commerce seperti Lazada, pengembalian barang telah diatur sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan oleh Lazada. Namun, apabila pembeli melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli melalui platform social commerce seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain-lain, pembeli dapat melakukan pengembalian barang sesuai kesepakatan dengan pembeli.
Ilustrasi e-commerce/CC0
Selain itu, jika pembeli ingin menggunakan metode pembayaran COD maka perhatikan juga 3 hal berikut
1. Pastikan Toko Online Memiliki Track Record Bagus
Biasanya toko online yang memiliki track record bagus, dapat dilihat melalui kolom komentar masing-masing produk dan dapat dilihat melalui jumlah bintang sebagai penilaian konsumen lain. Selain itu, di beberapa marketplace ternama biasanya terdapat fitur chat dengan seller, konsumen dapat menulis pesan dengan meyakinkan seller agar mengirimkan barang sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi agar sesuai dengan harapan.
2. Pahami Syarat dan Ketentuan Berbelanja
Setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Konsumen harus mengetahui beberapa hal seperti, harga minimal dan maksimal pembelian, penyedia layanan logistik yang bekerjasama, dan area jangkauan jasa kirim.
3. Manfaatkan Respon Cepat dan Resolusi Tepat Customer Care
Dengan memanfaatkan layanan Customer Care yang telah dioptimalkan oleh Ninja Xpress bisa jadi pilihan jika menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang dan atau pada saat melakukan pembayaran melalui COD.
Customer Care akan melakukan kecepatan respons atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam. Tidak perlu khawatir, Customer Care akan membantu konsumen untuk memberikan ketepatan resolusi pemecahan masalah pengiriman.
Editor: M R Purboyo
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.