Ilustrasi keluarga yang sedang belanja (Dok. Gustavo Fring/Pexels)

3 Tips Belanja Pintar ala Prita Ghozie

19 January 2022   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kondisi pandemi Covid-19 yang tak menentu membuat kita harus memiliki perencanaan pengeluaran yang lebih bijak. Hal itu dilakukan semata-mata untuk memastikan agar kondisi keuangan kita tetap terkelola dengan baik. Begitupun dalam hal berbelanja, kita harus bisa memiliki siasat agar tidak menjadi boros.

Perencana Keuangan, Prita Ghozie, mengatakan perencanaan belanja di tengah pandemi seperti saat ini menjadi sangat penting. Hal itu dikarenakan saat ini orang-orang memiliki pengeluaran tambahan untuk perlengkapan protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

Oleh karena itu, kata Prita, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, saat ini masyarakat harus belajar untuk menjadi smart shopper dengan menghitung pengeluaran secara seksama.

“Memilih barang berkualitas tapi tetap terjangkau bisa dijadikan pilihan yang paling bijaksana karena selain hemat, konsumen juga mendapatkan produk berkualitas serta masih mempunyai sisa dana yang dapat disisihkan untuk kebutuhan lain,” katanya dalam cara konferensi pers virtual MR. DIY, Rabu (19/1/2022).
 

Ilustrasi (Dok. Anna Shvets/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Anna Shvets/Pexels)

Untuk menjadi smart shopper atau pembeli yang pintar, Prita pun membagikan tiga tips agar belanja tetap hemat seperti berikut ini.
 

1. Buat anggaran rumah tangga

Membuat anggaran rumah tangga dapat membantu kalian supaya pemasukan dan pengeluaran menjadi seimbang. Menurut Prita, tanpa adanya anggaran rumah tangga, kalian tidak akan tahu seperti apa sebenarnya pola pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Kita jadi ngerti evaluasinya harus seperti apa dan sebenarnya di antara anggota keluarga di rumah, apa saja sebenarnya kebutuhan kita,” katanya.

(Baca juga: 4 Tips Ngopi Hemat yang Bisa Genhype Coba)


2. Selalu membuat daftar belanja

Berbelanja menggunakan checklist atau daftar belanja membuat pengeluaran lebih terencana dan tidak ada pembelian yang tidak memiliki manfaat. 

“Tujuannya cara satu ini adalah pada saat kita datang ke tempat belanja, kita pasti membeli barang yang kita butuhkan,” tutur Prita.
 

3. Terapkan good money habit

Prita menjelaskan bahwa good money habit adalah sikap mengutamakan manfaat dibandingkan harga murah semata dalam membeli barang. Dengan demikian, prioritasnya adalah mencari produk yang bermanfaat, berkualitas, dan didukung oleh harga yang terjangkau.

“Jadi pastikan antara harga yang murah dan kualitas terjamin harus ada pada barang yang kita beli. Cari yang memang berkualitas dan memberikan harga yang terbaik,” katanya.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

5 Lagu B-Side K-pop Rilisan 2020-2021 yang Ikonik

BERIKUTNYA

PT. Pembangunan Jaya & Miles Films Hadirkan Webseries Para Maestro Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: