Dok. Unsplash

Coba Yuk, 7 Tips Belanja Cerdas Online ala Netizen

25 November 2021   |   06:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Belanja tidaklah semudah kelihatannya. Kegiatan ini juga perlu kecakapan, sehingga seseorang bisa lebih hemat sekaligus mendapatkan produk-produk berkualitas. Nah, untuk itu ada beberapa cara cerdas yang bisa diikuti oleh Genhype supaya kegiatan belanja jadi lebih hemat dan efektif.

Menurut hasil survei ShopBack, tips dan trik para netizen berikut ini dapat membuat Genhype lebih untung.  Apa saja? Yuk simak uraian berikut ini.


1. Coba-coba di periode promo

Beberapa netizen mengatakan, jika ingin mencoba makanan atau merk yang belum pernah mereka coba sebelumnya, atau ingin sekadar belanja iseng-iseng dan self-reward (bukan belanja kebutuhan pokok/penting), mereka akan memanfaatkan promo.

Dengan demikian, barang-barang atau makanan tersebut bisa dicoba di harga termurah. Jika barang atau rasa makanan tak sesuai harapan, paling tidak biaya yang keluar tidak terlalu besar.
 

2. Ketahui harga offline dan harga normal di toko online

Salah satu tips menarik dari para netizen adalah sering-sering memperhatikan harga produk di toko offline dan toko online. Bandingkan harga normal dan harga ketika masa promo.

Semakin mengerti besar tidaknya perbedaan harga, semakin kita paham di mana tempat berbelanja paling tepat. Apakah offline atau online? Jika dibeli online, toko mana yang menawarkan harga paling baik?


3. Manfaatkan free ongkir

Seorang netizen mengatakan, kalau Anda membeli tiga atau lebih barang dari satu toko yang beratnya melebihi jatah gratis ongkir, coba beli terpisah supaya tetap mendapatkan promo gratis ongkirnya. 

(Baca juga: Biar Enggak Kalap Belanja, Jawab Jujur 5 Pertanyaan Ini)


4. Ingat-ingat promo di marketplace atau merchant andalan

Dengan sering mengamati, window shopping, dan membandingkan harga serta ulasan berbagai toko, biasanya lama kelamaan kita akan tahu merchant mana yang biasanya suka memberikan promo paling menguntungkan.

Bila perlu, putuskan jadi loyalis di marketplace mana sehingga keuntungan yang diterima tidak “terpencar.” Misal, kita bisa terus belanja di satu marketplace yang sama sembari mengumpulkan poin dan cashback


5. Cek harga dan ongkir barang dari beberapa toko

Cek dan bandingkan harga dari beberapa toko yang satu domisili dengan Anda. Selain harga, periksa juga ulasan-ulasan produk dan tokonya serta ongkir termurah.

Untuk menghindari ongkir mahal, Genhype bisa cari produk serupa dari toko yang lebih dekat dengan domisili Anda, dan pakai jasa antar yang memberikan potongan harga.


6.  Bandingkan harga akhir jika membeli dari luar kota

Selalu hitung total harga barang, ongkir, dan promo antara setiap toko, baik online maupun offline. Bandingkan, lalu ambil pilihan terhemat. Ini terutama membantu konsumen yang tinggal di luar kota jika barang yang dipesan bersumber dari pulau lain.


7.  Simpan dulu di wishlist

Banyak dari netizen yang menyarankan, untuk menghindari pembelian di luar budget, lebih baik endapkan dulu barang-barang incaran di wishlist lalu kunjungi lagi beberapa hari atau minggu kemudian, dan perhatikan apakah Genhype masih menginginkannya.

Genhype juga bisa menunggu tanggal promo tertentu seperti tanggal kembar atau tanggal gajian agar bisa check out dengan lebih hemat.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Lisa BlackPink Positif COVID-19

BERIKUTNYA

Cinema XXI Siapkan Sederet Film Box Office yang Bakal Tayang dalam Waktu Dekat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: