beberapa makanan yang direkomendasikan, seperti bakso, ayam goreng, satai, sambal, dan soto. (sumber gambar Unsplash/ R Eris Prayatama)

Rekomendasi 10 Kuliner Terbaik Indonesia Versi TasteAtlas, Ada Warung Mak Beng hingga Soto Kadipiro

07 January 2023   |   22:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki keberagaman kuliner khas dengan citarasa yang lezat dan terkenal. Bahkan, tidak sedikit wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Tanah Air untuk berburu kuliner lokal karena mereka mengakui olahan kuliner Nusantara menjadi salah satu yang terenak di dunia.

Baru-baru ini, TasteAtlas, sebuah panduan perjalanan seputar kuliner yang berbasis di Kroasia pun menyusun peringkat makanan terbaik di dunia pada 2022. Melansir situs resminnya, peringkat teratas dalam daftar makanan tersebut adalah masakan Italia, Yunani, dan Spanyol. 

Baca juga: Liburan ke Solo? Icip 5 Kuliner Legendaris Ini Yuk!

Negara Indonesia pun turut berbangga hati, karena masuk dalam daftar tersebut dan berada di urutan ke-16 dengan skor 4,37. Tak ayal posisi ini memantapkan Tanah Air sebagai pemimpin kuliner terbaik di kawasan Asia Tenggara dan membuatnya hampir setara dengan Jerman yang berada di posisi ke-15. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TasteAtlas (@tasteatlas)


TasteAtlas juga merekomendasikan 224 makanan Indonesia dan 412 lokasi kuliner yang tersebar di berbagai wilayah. Adapun beberapa makanan yang direkomendasikan, seperti bakso, ayam goreng, satai, sambal, dan soto. Produk makanan lainnya yang direkomendasikan juga termasuk buah durian, kecap manis, lengkuas, bawang goreng, serundeng, dan geplak.

Selain itu, untuk daftar minuman favorit versi TasteAtlas meliputi bajigur, sekoteng, kopi joss, kopi gayo Aceh, dan teh talua. Terkait kuliner terbaik, rekomendasinya pun cukup beragam dengan berbagai makanan khas yang tersebar di Nusantara. Biar enggak penasaran, berikut Hypeabis.id rangkumkan 10 di antaranya.


1. Warung Mak Beng, Sanur

Bagi para pencinta kuliner, restoran yang terletak di Sanur, Bali ini memang sudah tidak asing lagi. Restoran yang berdiri sejak 1941 ini terkenal dengan menu ikan goreng dan sup kepala ikan yang disajikan dengan pedasnya sambal. Hingga saat ini , warung Mak Beng pun terus menjadi incaran wisatawan yang melancong ke Bali.

Lokasi: Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Jl. Hang Tuah No.51, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.


2. Lapo Marpadotbe, Jakarta

Restoran terkenal lainnya yang mendapat tempat di hati kritikus TasteAtlas adalah Lapo Marpadotbe yang populer dengan masakan khas Tapanuli seperti arsik, saksang, dan babi panggang. Bagi para pencinta kuliner khas Batak, restoran ini memang sudah terkenal dan selalu menjadi tujuan utama di  kawasan Jakarta.

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.26, RT.7/RW.6, Utan Kayu Sel., Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.


3. 1945 Restaurant, Jakarta

Restoran yang mengambil tahun kemerdekaan Indonesia ini juga masuk dalam daftar kuliner terbaik dengan skor 4,7 yang direkomendasikan oleh kritikus kuliner Filipus Verdi. Adapun, sajian yang paling direkomendasikan di restoran yang terletak di lantai tiga Fairmont Hotel Jakarta ini adalah sayur asemnya yang masuk dalam daftar makanan terbaik di dunia.

Lokasi: Jalan Asia Afrika No.8, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 


4. Soto Kadipiro, Bantul

Soto legendaris di Yogyakarta ini pun masuk dalam daftar kuliner terbaik dengan skor mencapai 4,5. Berdiri sejak 1928, saat ini pengelola soto dengan kuah bening itu telah sampai di generasi ketiga, dan tetap mempertahankan kelezatan resep turun temurun dari empunya, Pak Karto Wijoyo.

Lokasi: Wates 33, Ngestiharjo, Bantul, 55184 Yogyakarta, Indonesia.


5. Soto Ayam Cak To, Surabaya

Kota Pahlawan Surabaya juga memiliki kuliner soto ayam yang masuk dalam daftar terbaik versi TasteAtlas, yaitu Soto Ayam Cak To dengan rating 4,6. Adapun menu favorit dan legendaris yang banyak dicari di warung makan ini adalah soto lamongannya yang khas dengan taburan bubuk koya.

Lokasi: Jalan Undaan Wetan 10, Genteng, Surabaya, 60274 Jawa Timur, Indonesia.

Baca juga: Ini Dia Daftar Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara yang Bawa Keberuntungan
1
2


SEBELUMNYA

4 Ide Desain Kamar Gaming Low Budget yang Bikin Betah

BERIKUTNYA

5 Lokasi Pre-Wedding Ciamik di Sentul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: