Menu Gudeg di Tentrem Yogyakarta (Sumber gambar: Indah Permata Hati)

Menjelajah Kuliner Rumahan ala Tentrem Yogyakarta

08 May 2024   |   20:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kota Istimewa begitu melekat sebagai julukan Yogyakarta. Wilayah yang juga disebut sebagai Kota Perjuangan ini kerap membuat rindu siapa saja yang menjamahnya. Sebagai kota kaya wisata, Yogyakarta juga tak pernah lepas dari predikat kulinernya yang lezat.

Bahkan kota yang terletak di bagian Selatan Pulau Jawa ini kini makin terdekat dengan industri kulinernya. Yogyakarta punya puluhan jenis makanan unik yang tak dimiliki kota lain. Sebut saja gudeg, sate klatak, hingga tengkleng gajah. dan bakpia yang selalu menjadi incaran wisatawan saat menyambangi Kota Pelajar ini.

Baca juga: Tak hanya Gudeg, 4 Kuliner Ini Wajib Kalian Coba Saat Pelesiran ke Yogyakarta
 
Dengan segudang kuliner lokal yang menggigurkan, Yogyakarta menyambut wisatawan dengan makanan khas dari keramaian pusat kuliner hingga hidangan mewah nan elegan di restoran. Salah satu restoran yang terletak di hotel Tentrem Yogyakarta, Kayumanis Restaurant, memadukan kedua konsep tersebut menjadi satu.

Berada di lower ground Hotel Tentrem Yogyakarta, Kayumanis Restaurant membuat konsep restoran yang terasa homey dengan aneka makanan khas lokal yang disajikan elegan.
 
Membawa menu-menu lokal ke dalam Kayumanis Restaurant, Executive Chef Hotel Tentrem Yogyakarta Philip Williams mengatakan Kayumanis Restaurant merupakan satu dari 4 konsep restoran yang hadir d Tentrem Yogyakarta lainnya yaitu Eboni Bar & Lounge, Summer Palace dan Pool Bar.

Chef Philip menerangkan, Kayumanis sendiri dikhususkan bagi pengunjung yang ingin mencicipi makanan khas Nusantara. Karena berlokasi di Yogyakarta, tentu saja Chef Phillip banyak membawa menu-menu lokal Yogyakarta ke restoran ini.
 

Roti kukus dari Tentrem Yogyakarta (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Roti kukus dari Tentrem Yogyakarta (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


“Kami punya banyak pengunjung lokal dan mancanegara, misi kami memperkenalkan menu-menu lokal [Yogyakarta] dengan menyediakan ragam pilihan dari makanan ringan sampai dessert,” kata Chef Philip.

Menurut Chef Philip, beragamnya pilihan menu lokal di Kayumanis Restaurant sukses memikat pengunjung berbagai kalangan mulai dari wisatawan nusantara di luar Yogyakarta hingga wisatawan mancanegara. Bahkan, kata Chef Phillip, ada beberapa tamu yang sengaja datang hanya untuk mencicipi kuliner di restoran ini tanpa menginap di hotel.

“Paling padat saat breakfast karena banyak pengunjung yang include dengan penginapan, tetapi ada juga yang datang untuk mencicipi ragam kuliner di restoran,” katanya.
 
Suasana saat sarapan padat dengan jenis makanan lokal. Memasuki pintu depan, pengunjung akan disuguhkan dengan ragam roti kukus original, keju, dan cokelat. Chef Philip menyebut, stall roti kukus menjadi hidangan yang cukup diincar sebagai menu pembuka. Roti tawar yang tebal, hangat, dan lembut dikukus dalam tungku kukus besar disajikan dengan taburan cokelat dan keju terasa legit di mulut. 

Kemudian di sebelah kanan stall roti kukus, terdapat ragam jenis bubur manis dan kue-kue tradisional khas Yogyakarta. Terdapat juga jenis gorengan seperti tahu goreng, tempe goreng, hingga pisang goreng dengan jenis saus sambal dan kecap. Chef Philip menyebut, gorengan menjadi menu khas Indonesia yang pasti selalu laris diburu tamu. 
 

Seporsi gudeg yang disajikan dalam menu sarapan di Tentrem Yogyakarta (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Seporsi gudeg yang disajikan dalam menu sarapan di Tentrem Yogyakarta (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Beralih ke stall bakery, pengunjung diajak melihat proses pembuatan aneka kue tradisional seperti bolu kukus, brownies, hingga roti dan jenis pastry yang memikat dengan aroma panggangan roti yang harum. Paling menarik, Kayumanis Restaurant juga menyediakan aneka kopi dan minuman seduh mirip seperti konsep warung kopi.

Dengan konsep in, Chef Philip menyebut pengunjung bisa memilih sendiri variasi kopi atau minuman seduhan sesuai selera, kemudian meminta chef untuk dibuatkan dengan metode yang diinginkan. Konsep ini membuat pelayanan antara chef dengan tamu terasa lebih intim dan personalized.

Beranjak ke stall menu utama, di mana Kayumanis Restaurant menyajikan gudeg sebagai menu andalan. Seperti konsep stall minuman, di stall ini tamu bisa memilih sendiri jenis lauk hidangan gudeg yang ingin dikudap. Gudeg dibuat dengan daging buah nangka yang mentah.

Chef Philip menyebut, biasanya tiap orang menginginkan lauk pendamping yang berbeda-beda untuk sajian gudegnya. Oleh karena itu, konsep stall ini diterapkan untuk memperlihatkan jenis pilihan menu pendamping gudeg sesuai selera. Menu pendamping gudeg yang siap menggoyang lidah antara lain, opor ayam, ayam goreng, sambal goreng krecek, tempe dan tahu bacem, hingga telur pindang. 
 
Penyuka hidangan khas Yogyakarta bisa mampir ke Kayumanis Restaurant yang terletak di Lower Ground Hotel Tentrem Yogyakarta yang terletak di Jalan P. Mangkubumi No 72A, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta. Pengunjung bisa membayar mulai dari Rp220.000 untuk mencicipi aneka hidangan khas lokal di restoran ini.

Baca juga: Mencicipi Fusion Dessert Bercita Rasa Lokal ala Tentrem Yogyakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sinopsis 12.12: The Day, Pemenang Film Terbaik Baeksang Arts Awards 2024

BERIKUTNYA

Diselenggarakan 2 Babak, Ini Karya yang Akan Dibawakan di Konser Symphony of Friendship

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: