Kuliner di Jogja (BukaReview)

10 Kuliner yang Harus Diburu di Yogyakarta

23 January 2022   |   09:30 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Kurang lengkap jika berlibur ke Yogyakarta tanpa wisata kuliner yang khas di kota budaya dan wisata tersebut. Beraneka jenis sajian yang menggugah selera banyak dijajakan di berbagai sudut kota mulai dari gudeg, sate, soto, mangut, hingga menu angkringan untuk bersantai.  

Rasa sajian yang cocok di lidah dengan harga yang ramah di kantong menjadi ciri khas tersendiri saat kulineran di Jogja. Berikut pilihan 10 kuliner di Yogyakarta yang harus kamu coba.
 

1. Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

Bagi kamu pecinta pedas, warung yang terletak di jalan K. H. Ahmad Dahlan ini menjadi pilihan yang tepat. Sepiring bisa diisi nasi, daging sapi, dan jeroan sapi. Harganya mulai dari Rp15.000.

Oseng Mercon Bu Narti (Center Travel)

Oseng Mercon Bu Narti (Center Travel)


2. Sate Klatak Mak Adi.

Buat kalian para daging kambing lovers harus mencoba makanan lokal ini! Terdapat variasi menu yang bisa dipilih, sate Klatak, Tongseng, Gulai dan masih banyak lagi. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah Krenyos, daging kambing berlemak yang digoreng. Lokasi di Jalan Imogiri Timur, harga mulai dari Rp20.000.


3. Mangut Lele Mbah Marto.

Meskipun lokasinya yang nyempil di perkampungan, rumah makan ini tetap ramai dikunjungi. Menu khasnya adalah Lele Mangut dengan rasa yang otentik. Kamu bisa ambil lauk dan porsi nasi sesuka kamu. Berlokasi di Jalan Parangtritis dengan kisaran harga Rp20.000an.Mangut Lele Mbah Marto (Travelingyuk.com)

Mangut Lele Mbah Marto (Travelingyuk.com)


4. Gudeg Mbah Lindu.

Gudeg paling cocok saat sarapan. Rasanya yang manis dengan banyak pilihan lauk bikin pagimu jadi bersemangat. Lokasi di Jalan Sosrowijayan, kisaran harga Rp15.000.


5. House of Raminten.

Resto ala Jogja ini wajib kamu kunjungi untuk makan bersama keluargamu. Suasananya yang identik dengan kebudayaan Jogja bikin kamu makin menikmati keindahan Jogja dan seisinya. Lokasi di Jalan Faridan, buka 24 jam.

House of Raminten (Niaga Tour)

House of Raminten (Niaga Tour)


6. Warung Kopi Klotok.

Tempat sarapan dan makan siang yang adem ini terletak di Jalan Kaliurang dekat dengan Merapi. Pilihan makanan yang rumahan banget sangat ramah untuk lidah siapapun. Kamu bisa memilih duduk di dalam ruangan maupun lesehan di dekat sawah. Jangan khawatir dengan harga mulai Rp3.500 aja!

Warung Kopi Klotok (De Jogja Adventure)

Warung Kopi Klotok (De Jogja Adventure)


7. Angkringan Pak Jabrik.

Tempat nongkrong asik di dekat Tugu Jogja. Ada banyak sajian yang bisa kamu beli, seperti nasi teri, oseng tempe, sate kepala ayam, sate sosis, sate telur, gorengan, dan lainnya cuma dimulai dari harga Rp1.000 saja.

Angkringan Pak Jabrik (Kuliner Asyik)

Angkringan Pak Jabrik (Kuliner Asyik)


8. Soto Bathok Mbah Karto.

Kuliner legendaris ini terletak di Candi Sambisari, Kalasan. Kamu bisa menikmati makanan lezatnya yaitu Soto yang disajikan dengan mangkuk batok kelapa. Ada juga macam lauk pauk lainnya seperti telur puyuh, sate usus, dan mendoan. Harganya murah meriah hanya Rp5.000.

 

9. Lumpia Samijaya.

Lumpia satu ini cukup populer di Jogja. Terletak di jantung kota yaitu di Jalan Malioboro. Mulai dari 6.000 rupiah saja kamu bisa mendapatkan satu lumpia. Cocok untuk dijadikan cemilan bersama keluarga dan teman-temanmu saat berkunjung di Jogja.

Lumpiya Samijaya (Travelingyuk.com)

Lumpiya Samijaya (Travelingyuk.com)


10. Mie Ayam Bu Tumini.

Mie ayam ini memiliki kuah yang kental dengan porsi yang banyak paling cocok untuk makan siangmu. Menu terfavorit adalah Mie Ayam Ceker. Harganya mulai dari 8.000 saja berlokasi di Jalan Imogiri Timur.

Itu dia 10 kuliner yang wajib kamu buru saat berwisata di Yogyakarta. Jangan lupa catat ya pilihan-pilihan di atas! 

Editor: Fajar Sidik




Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Garuda Indonesia dan Disney Company Luncurkan Merchandise Tematik

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Semarang yang Wajib Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: