Tiptop Medan (Sumber gambar : Tiptop Medan)

Cobain Kuy! 4 Tempat Kuliner Legendaris Kaya Sejarah di Indonesia

02 September 2022   |   21:08 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Indonesia kaya akan kulinernya yang menggugah selera, mulai dari makanan berempah, kue tradisional, hingga kopi khas daerah. Genhype akan dimanjakan dengan sensasi rasa tersendiri yang meninggalkan kesan unik di lidah. Karena itulah, saat mengunjungi beberapa daerah di Indonesia jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner.

Kalian perlu melakukan secara langsung sehingga kalian enggak hanya mendapatkan kesempatan mencicipi cita rasa kuliner tersebut, tetapi juga menikmati sensasi unik ketika menyantapnya langsung di daerah asalnya.

Di tengah menjamurnya tempat kuliner baru saat ini, tak dapat dipungkiri masih ada beberapa tempat kuliner legendaris yang masih tangguh berdiri hingga kini. Selain dikenal karena usia yang cukup tua, tempat-tempat kuliner legendaris ini juga menyimpan banyak sejarah yang dapat dipelajari para food traveler.

Baca juga Yuk Icip Menu Legendaris Khas Kerajaan Bali

Berikut beberapa tempat kuliner yang kaya sejarah di Indonesia sebagai pelengkap juga ada rekomendasi penginapan yang bisa kalian pilih.
 

1. Kong Djie Coffee, Belitung

Pulau Belitung yang terletak di lepas pantai timur Sumatra ini memiliki banyak destinasi kuliner menarik. Nah, bagi para pecinta kopi, Kong Djie Coffee patut ada di bucket list ketika hendak mengunjungi Kepulauan Bangka Belitung.

 Sejak didirikan pada 1943,  Kong Djie Coffee telah mewariskan budaya ngopi ala warga Belitung yang sudah ada sejak abad ke-19, ketika kopi dapat menyatukan masyarakat Belitung dari berbagai latar belakang, usia, agama, hingga suku.

Untuk mencicipi secangkir kopi hitam khas Kong Djie dan menjelajahi pesona Belitung lainnya, kalian bisa menginap di Urbanview Hotel Belitung Lodge Resto & Club House yang memiliki fasilitas lengkap dan aula bersantai yang luas.
 

2. Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto, Palangkaraya

Salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, Tjilik Riwut menyisakan banyak kenangan yang mendalam bagi masyarakat Kalimantan Tengah, termasuk Palangkaraya.

Untuk mengenang jasanya, Rumah Tjilik Riwut yang sempat menjadi rumah dinas Tjilik pada 1959, saat menjabat menjadi Gubernur Pertama Kalimantan Tengah, kini dialihfungsikan menjadi restoran yang menyajikan menu-menu khas suku Dayak, seperti Juhu Umbut Rotan, Tanak Baung, Seluang Goreng, hingga Kandas Sarai.

Untuk menikmati hidangan di Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto ini, kamu bisa menginap di Sans Hotel Obelix Syariah Palangkaraya atau Urbanview Hotel Bundaran Besar Palangkaraya yang memiliki akses mudah dan dekat dengan pusat wisata lainnya!
 

3. Tip-Top Restaurant, Medan

Tidak hanya dikenal sebagai daerah dengan pesona sungainya yang indah, Medan juga dikenal akan berbagai tempat kulinernya yang patut diacungi jempol. Seperti Tip-Top Restaurant, restoran dan toko kue yang sudah memanjakan lidah konsumen sejak tahun 1934 ini telah menjadi tempat kuliner andalan masyarakat Medan, menyajikan beragam hidangan lezat mulai dari sajian khas Indonesia hingga barat (western).

Hingga saat ini, Tip-Top Restaurant menjaga cita rasa kuenya dengan tetap memanggang menggunakan tuku api yang usianya sudah hampir mencapai satu abad!

Untuk mencicipi menu Tip-Top Restaurant yang khas seperti kue Belanda Moorkop atau makanan khas Indonesia Ayam Panggang Santan, kami merekomendasikan kamu untuk menginap di Urbanview Hotel Syariah Residence Medan atau Sans Hotel Cemara Asri Medan yang terletak di lokasi strategis.
 

4. Phoenam, Makassar

Memiliki arti ‘tempat persinggahan Selatan’, Phoenam menawarkan cita rasa kopi nikmat yang diseduh dari biji kopi Toraja. Didirikan pada 1946, eksistensi Phoenam tetap tangguh di tengah maraknya gempuran kedai kopi baru saat ini, menyajikan beberapa menu andalan seperti Kopi Susu Phoenam dan Roti Panggang Kaya Phoenam.

Baca jugaIni Ragam Soto khas Daerah dari Coto Makassar hingga Soto Betawi

Hingga kini, Phoenam dikenal memiliki nilai sejarah dan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Makassar, menjadikannya kedai kopi andalan yang patut dicoba!

Untuk menikmati beragam sajian khas Phoenam, kamu tidak perlu khawatir mencari penginapan yang nyaman. Pasalnya, kamu bisa menginap di Urbanview Hotel Sayang Makassar yang nyaman dan juga dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan!

Jadi, bagaimana Genhype, sudah siap menyambangi tempat kulineran di atas? Yang terutama, jangan lupa memilih penginapan yang aman, bersih, dan nyaman sehingga wisata kulinermu dapat menjadi lebih mengesankan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Rayakan Ultah ke-58, Ini Kumpulan Film Terbaik Keanu Reeves

BERIKUTNYA

5 Outfit Gen Z ala Olivia Rodrigo, Bisa Jadi Inspirasi Kamu Buat Hang Out!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: