The Fly (Sumber gambar: Universal Music Indonesia)

Lama Tak Terdengar, The Fly Ajak Pendengar Bersemangat lewat Single Let the Music

26 December 2022   |   16:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lama tak merilis karya, band rock alternatif era 90-an The Fly kembali menyapa penggemarnya dengan meluncurkan single baru bertajuk Let the Music. Seperti judulnya, single ini dibuat oleh The Fly untuk para pendengarnya sebagai penyemangat dalam situasi apapun dengan mendengarkan musik.

Bagi The Fly, musik memiliki kekuatan magis yang bisa mengubah mood atau perasaan seseorang, sekaligus menjadi peredam dan penenang dalam berbagai situasi yang kurang mengenakkan. Pada saat merasa terpuruk, mendengarkan musik bisa menjadi semacam 'siraman rohani' bagi siapa pun.

Baca juga: Fiersa Besari Suguhkan Lagu untuk Para Petualang di Film Balada Si Roy 

"Lagu itu harus ada bobot atau pesan yang ingin disampaikan, dan pesan lagu ini cukup simpel. Pada saat kalian down, sedih, merasa hopeless, terkadang dengan mendengarkan lagu itu bisa mengobati," kata Levi Santoso, bassist The Fly, dalam keterangan resminya.

Diakui oleh Levi, musik memiliki pengaruh yang besar bagi hidupnya. Saat sedang menghadapi masalah, dia kerap mendengarkan musik sebagai media relaksasi untuk mencari inspirasi dalam melakukan sesuatu.

"Nah lagu ini [Let the Music] sangat mewakili itu. Gue berharap orang-orang yang mendengarkannya merasa relate dengan apa yang mereka rasakan,” imbuhnya.
 

Artwork single Let the Music (Sumber gambar: Universal Music Indonesia)

Artwork single Let the Music (Sumber gambar: Universal Music Indonesia)

Tak sendiri, dalam menggarap single barunya ini, The Fly berkolaborasi dengan Widyo Prastowo, kibordis band Ecoutez. Pria yang akrab disapa Iyas itu merupakan pencipta lagu Let the Music. Menurut Kin Aulia, Gitaris sekaligus vokalis The Fly, lagu ciptaan Iyas ini memberikan nuansa yang segar bagi The Fly.

"Hal ini pertama kali kami bener-bener pakai lagu fresh karya teman kami sendiri. Lagu ini belum pernah dipublikasikan dan gue ikut ngerjain di lirik. Jadi kami bertiga aja yang mengeksekusi musiknya. Itu sudah cukup," ujarnya.

Kali ini, Kin juga tampil sebagai vokalis penuh untuk membawakan lagu Let the Music, sebuah tanggung jawab yang sebenarnya sudah diembannya sejak The Fly merilis lagu Pelangi Semu pada 1997. Meski begitu, dia merasa lebih nyaman di lini gitar dan sebagai vokalis latar.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Lagu Ditto, Single Pre-Release NewJeans Sebagai Pembuka Comeback

"Karena gue sebenarnya lebih senang dengan konsep sebagai gitaris dan backing vocal. Tapi dari awal, memang gue juga yang selalu mengarahkan vokal di The Fly, jadi gue semakin paham dengan kebutuhan The Fly sendiri," jelasnya.

Menurut Kin, Let the Music adalah wujud tanggung jawab The Fly sebagai musisi untuk terus produktif menghasilkan lagu yang dapat dinikmati oleh seluruh pendengarnya. Bagi The Fly, bermusik adalah passion dan bukan sekadar untuk menjaga eksistensi.

Terlebih, saat ini lagu Terbang yang dirilis oleh The Fly pada awal tahun 2000-an kembali populer didengarkan banyak orang. Menurut Kin, saat ini menjadi momentum yang tepat bagi The Fly untuk merilis karya-karya terbaru mereka.

“Jadi semangat lagi. Ini momentum bagus untuk merilis lagu baru agar audiens yang lebih muda jadi tahu The Fly. Kami bentuk single baru ini lebih ke arah yang mainstream, bisa didengarkan segala umur, sekaligus menjadi jembatan menuju 2023 untuk lebih produktif lagi," ucapnya.
 


Kiprah The Fly

The Fly merupakan band rock alternatif yang dibentuk pada 1992 dan beranggotakan lima personel, yaitu Kin Aulia (vokal dan gitar), Levi Santoso (bass), Irwan (drum), Kus (gitar) dan Iren (gitar). Band ini populer setelah sukses merilis single Pelangi Semu pada 1997 yang masuk dalam chart musik bergengsi kala itu.

Namun, tepat setelah merilis album perdana pada 1997, Irwan, Kus, dan Iren memutuskan hengkang dari The Fly. Lalu, pada 2007, Firman Siagian bergabung dengan band tersebut, disusul Teddy Suryaman pada 2011. 

Dengan formasi baru, akhirnya mereka berhasil mengeluarkan album berjudul The Fly pada 2000 di bawah label Sony Music Entertainment Indonesia. Tetapi lagi-lagi The Fly harus kehilangan personelnya. Firman dan Teddy memutuskan hengkang dari grup tersebut. Pada 2015, The Fly akhirnya resmi bergabung dengan label Universal Music Indonesia.

Kini, The Fly masih terus meramaikan industri musik Tanah Air dengan menyisakan dua orang personel yaitu Kin Aulia dan Levi Santoso.

Baca juga: Sukses Bikin Ambyar, 5 Lirik Lagu Ini Paling Top dalam Pencarian Google 2022

SEBELUMNYA

Siap-Siap Harga Rokok Naik mulai Januari 2023, Cek Daftarnya

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: