NewJeans. (Sumber gambar: ADOR/HYBE)

5 Fakta Menarik tentang Lagu Ditto, Single Pre-Release NewJeans Sebagai Pembuka Comeback

22 December 2022   |   18:23 WIB

Pekan ini, girl group NewJeans merilis single Ditto menjelang comeback-nya pada tahun depan. Ditto diperuntukkan sebagai single pre-release dari album terbaru mereka OMG yang akan dipublikasikan secara daring dan luring di berbagai platform dan agenda pada 2 Januari 2023. 

Lagu ini sekilas menarik karena pencapaian tangga lagu domestik di MelOn, Bugs, dan Genie, serta tangga lagu iTunes beberapa negara yang merangsek ke peringkat pertama hanya dalam kurun waktu 6 jam setelah rilis.

Baca juga: Eileen Pandjaitan Berdamai dengan Diri Sendiri lewat Single To Let You Go

Hingga saat ini, Ditto masih merajai beberapa tangga lagu domestik dan mendapatkan pencapaian Real-time All-Kill atau peringkat pertama real-time di empat tangga lagu utama: MelOn, Genie, Bugs, dan FLO.

Selain rekor pencapaian yang ditorehkan girl group dari agensi ADOR, yuk intip beberapa fakta menarik tentang single pre-release tersebut.


1. Musik dengan reinterprentasi genre era 1990-an



Berbeda dengan beberapa musik dari album debut New Jeans, Ditto memiliki musik yang merupakan reinterpretasi dari genre musik Baltimore Club. Lagu yang diproduksi untuk Bunnies, komunitas fans NewJeans, tersebut memiliki aliran yang ditelisik kembali dari Maryland, Amerika Serikat pada awal 1990-an.

Baltimore club atau Bmore merupakan genre musik yang mengombinasikan breakbeat dan house. Musik yang masih berakar dari hip hop ini memiliki ciri khas pada penggunaan irama yang dipotong dan elemen staccato dari genre house yang dicampur.

Musik ini sering dikaitkan dengan Jersey club, di mana Bmore merupakan akar dari genre tersebut dengan perbedaan pada suara kick yang lebih keras, sample musik yang banyak dipotong, serta iramanya yang cepat dan agresif.

Dalam pernyataan resminya, CEO ADOR Min Hee-jin mengatakan bahwa aliran ini juga digunakan untuk menunjukkan musik musim dingin versi NewJeans dengan gayanya sendiri. 


2. Minji jadi salah satu penulis lagu

Untuk lagu ini, Minji yang merupakan anggota tertua dari NewJeans berperan sebagai penulis lagu untuk pertama kalinya dalam single ini. Idol kelahiran 2004 tersebut menulis liriknya bersama dengan solois The Black Skirts dan Ylva Dimberg. 

Dengan ini, Minji menjadi anggota ketiga yang terlibat dalam proses produksi lagu NewJeans. Sebelumnya, Danielle sudah terlibat dalam penulisan lirik untuk lagu Attention dan Hanni dalam lagu Hype Boy. Rencananya, Hanni akan terlibat kembali dalam proses produksi lagu OMG yang akan rilis pada 2 Januari 2023.


3. Dua versi video klip


Meski beberapa versi video klip untuk satu lagu adalah hal yang umum dalam promosi musik di seluruh dunia, tapi ada yang berbeda dengan video klip dari Ditto. Jika sebelumnya Hypeboy memiliki enam versi video klip (dua video klip koreografi dan empat video klip narasi), maka Ditto memiliki dua versi video yang disebut sebagai Side A dan Side B.

Video klip dua bagian ini diproduksi oleh Shin Woo-seok yang mengelola rumah produksi Dolphiners Films. Rumah produksi ini dikenal lewat iklan dan filmnya yang memiliki pendekatan narasi yang unik, termasuk untuk video klip kali ini yang mengusung konsep cerita serupa film home video.

Baca juga: Voxxes Suguhkan Musik Romantis & Ekspresif dalam Single Paris

Dua cerita ini memiliki klip yang sama, tapi berbeda secara narasi. Side A justru menunjukkan hubungan persahabatan antara para anggota NewJeans dengan seorang siswi yang merekam momen kebersamaan mereka dan berbagai kegiatan di sekolah.

Di sisi lain, Side B justru menunjukkan realitas dari siswi tersebut hingga akhirnya memutuskan untuk meninggalkan NewJeans sepenuhnya dan fokus pada hal lain.

 
1
2


SEBELUMNYA

AFF Cup 2022: Indonesia vs Kamboja, Sejarah Catat Timnas Garuda Lebih Unggul

BERIKUTNYA

Staycation Jadi Pendorong Peningkatan Okupansi Hotel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: