Vokalis NOAH, Ariel. (Sumber gambar: NOAH Official Instagram)

5 Lagu NOAH yang Paling Banyak Diputar di Spotify

06 January 2024   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Band papan atas Indonesia NOAH resmi vakum dari belantika musik Tanah Air. Kabar tersebut disampaikan NOAH melalui akun Instagram resmi mereka. Untuk sementara waktu, para penggemar NOAH terpaksa tak bisa menyaksikan idola mereka bermusik. Ini menjadi masa hiatus pertama NOAH sepanjang karier mereka.

Melalui akun Instagramnya, NOAH tampak mengunggah sebuah video singkat yang menampilkan rangkuman perjalanan karier bermusik mereka yang dimulai sejak 2012. Video tersebut berisikan cuplikan-cuplikan kegiatan NOAH mulai dari manggung di sejumlah kota dan negara, hingga aktivitas mereka di balik panggung konser. 

Baca juga: Sepak Terjang NOAH, Bongkar Pasang Personel hingga Jadi Band Papan Atas

"Terima kasih banyak kepada seluruh partner, EO, promotor, media, radio, TV, dan lainnya. Terima kasih banyak. Kami pamit. Dari kami Ariel, Lukman, David. Sampai jumpa lain waktu," demikian pernyataan tertulis NOAH, dikutip Jumat (5/1/2024). 

Alasan utama band yang digawangi Ariel, Lukman, dan David itu hiatus adalah untuk istirahat sejenak dari ingar bingar industri musik, setelah berkarier selama dua dekade sejak era Peterpan hingga berganti nama menjadi NOAH.

Belum diketahui pasti sampai kapan NOAH hiatus dan akan kembali lagi ke dunia musik Tanah Air. Namun, pada satu kesempatan, sang vokalis, Ariel, pernah menyatakan bahwa mereka akan rehat setidaknya untuk dua atau tiga tahun lamanya sebelum aktif bermusik kembali.
 


Kabar vakumnya NOAH ini pun menjadi perbincangan publik terutama di kalangan penggemar. Tak heran, sebab kiprah NOAH di industri musik memang tak perlu dipertanyakan lagi. Mereka sukses menghasilkan karya-karya yang karib di telinga penikmat musik, hingga menjadi salah satu band kenamaan di dalam negeri.

Sebagian besar lagu NOAH sejak era Peterpan ditulis oleh Ariel. Tema lirik lagu yang dibawakan oleh mereka berkutat seputar percintaan, persahabatan, kehidupan, dan pemikiran abstrak, dengan pilihan kata yang dekat dan akrab pendengar dari semua kalangan. Tak ayal, banyak lagu dari NOAH yang dengan cepat populer dan menjadi hit.

Dari puluhan lagu yang telah dirilis NOAH, beberapa diantaranya menjadi karya favorit para penikmat musik dan banyak diputar di layanan streaming musik. Berikut adalah 5 lagu NOAH yang paling banyak diputar berdasarkan data dari Spotify diambil pada 5 Januari 2024.


5. Yang Terdalam (31 juta kali)

Yang Terdalam merupakan lagu yang pertama kali dirilis pada 2003. Namun lagu itu direkam ulang dan tergabung dalam album Taman Langit, album rekaman ulang kedua dari NOAH. Album tersebut merupakan rangkaian kedua dari keseluruhan proyek perekaman ulang lagu-lagu yang NOAH rekam saat masih bernama Peterpan.

Menariknya, Yang Terdalam ditulis oleh Ariel saat dia masih duduk di bangku sekolah sekitar tahun 1998. Dari segi lirik, lagu itu menceritakan seseorang yang merindukan dan mengingat hubungan romantisnya yang sudah berlalu.


4. Menghapus Jejakmu (24 juta kali)

Menghapus Jejakmu adalah lagu yang pertama kali dirilis pada 2007 dari album Peterpan berjudul Hari yang Cerah. Pada 2022, lagu-lagu dalam album tersebut direkam ulang oleh NOAH salah satunya Menghapus Jejakmu. Lagu tersebut diciptakan oleh Ariel bersama Eross Chandra, gitaris band Sheila On 7. Menghapus Jejakmu juga diaransemen ulang dan dirilis sebagai single Ariel bersama Bunga Citra Lestari.


3. Kisah Cintaku (26 juta kali)

Kisah Cintaku adalah lagu yang dirilis pada 2008 dalam album Sebuah Nama, Sebuah Cerita. Album tersebut merupakan karya hit terbaik sekaligus album terakhir Peterpan. Dari segi lirik, lagu yang ditulis oleh Tito Soemarsono itu berkisah tentang seseorang yang merasakan kesepian dan kerinduan mendalam dengan kekasihnya yang telah tiada.
 

2. Menunggumu (27 juta jali)

Menunggumu adalah lagu kolaborasi Peterpan bersama solois legendaris Chrisye. Lagu tersebut dirilis pada album terakhir Chrisye yang berjudul Senyawa (2004). Pada 2008, lagu ini akhirnya dimasukkan ke dalam album hit terbaik Peterpan yang berjudul Sebuah Nama, Sebuah Cerita.

Pada 2014, ketika Peterpan telah mengubah namanya menjadi NOAH, mereka mengaransemen ulang lagu Menunggumu untuk album kompilasinya, Second Chance, dan kembali dibuatkan video musiknya. Adapun, lagu tersebut diciptakan Ariel saat sang vokalis masih duduk di bangku SMP. 


1. Separuh Aku (79 juta kali)

Separuh Aku menjadi lagu NOAH yang paling banyak diputar di Spotify. Separuh Aku merupakan single utama dari album perdana NOAH, Seperti Seharusnya, yang dirilis pada 2012. Album ini menandai debut mereka menggunakan nama NOAH dari Peterpan.

Lirik lagu Separuh Aku ditulis oleh sang kibordis, David, dan Ihsan, yang terinspirasi dari rasa empati David terhadap teman atau orang yang dikasihi. Lagu ini pun mendapatkan kesuksesan komersial serta memperoleh beberapa penghargaan, salah satunya Karya Produksi Terbaik-Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2013.

Baca juga: NOAH Resmi Hiatus dari Belantika Musik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Free Fire Advance Server Januari 2024 Dibuka, Temukan Bug Dapatkan 1.000 Diamond

BERIKUTNYA

Jadwal Acara Akhir Pekan di Jakarta 6-7 Januari 2024, dari Pameran Seni hingga Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: