Taman Margasatwa Ragunan (Sumber gambar: Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

Mau Liburan ke Taman Margasatwa Ragunan? Ini Harga Tiket Masuk & Wahananya

26 December 2022   |   15:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur anak sekolah telah tiba. Bagi kalian yang hendak mengisi waktu libur, Taman Margasatwa Ragunan yang ada di Jakarta bisa menjadi pilihan. Di tempat ini, kalian bisa refreshing sambil menambah pengetahuan tentang berbagai satwa di dalamnya. 

Berdasarkan laman ragunanzoo.jakarta.go.id, Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada 19 September 1864 di Batavia ( kini Jakarta ) dengan nama “Planten en Dierentuin”. Perhimpunan penyayang flora dan fauna Batavia atau Culture Vereninging Planten en Dierentuin at Batavia adalah pengelola pertama.

Baca juga: Inspirasi Gaya Nyaman dan Stylish untuk Liburan Akhir Tahun

Pada awalnya, taman ini berada di atas lahan seluas 10 hektare di Jl. Cikini Raya No. 73, Jakarta. Tanah yang digunakan adalah tanah hibah dari seniman pelukis Indonesia, yakni Raden Saleh.

Planten en Dierentuin kemudian mengalami perubahan nama menjadi Kebun Binatang Cikini pada 1949. Kemudian, 15 tahun berselang atau pada 1964, Pemerintah Jakarta pada saat itu, yakni Soemarno membentuk Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang.

Pembentukan badan itu untuk memindahkan kebun binatang dari Jl. CIkini Raya ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dengan tanah hibah seluas 30 hektare dari Pemerintah DKI Jakarta, sebanyak 450 ekor satwa dipindahkan dari Kebun Binatang Cikini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin membuka secara resmi Kabun Binatang Ragunan degnan nama Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Pada saat ini, Taman Margasatwa Ragunan memiliki luas 147 hektare dengan lebih dari 2009 ekor satwa dan 20.000 lebih pohon tertanam di taman ini. Di taman ini, para pelancong akan merasa seperti memasuki sebuah hutan tropis mini di ibu kota Jakarta dengan keragaman hayati yang ada di dalam hutan.


Tiket Masuk

Untuk memasuki taman ini, Genhype dapat memesan tiket terlebih dahulu secara daring melalui website dengan tarif Rp4.000 per orang dewasa dan Rp3.000 per orang anak-anak. Setelah masuk, kalian dapat menikmati fasilitas & wahana yang tersedia di taman ini.

Perlu kalian ketahui juga, pembayaran tiket masuk ke Ragunan menggunakan Kartu Jakcard Bank DKI Jakarta. Namun, jangan khawatir bila belum punya, kalian bisa mendapatkannya di semua loket Taman Margasatwa Ragunan.

Kemudian, topup saldo minimum Rp10.000 dan maksimal Rp1 juta. Untuk topup bisa dilakukan di semua loket Kebun Binatang Ragunan dan Halte Busway. 


Fasilitas

Sementara itu, berikut fasilitas wahana atau fauna yang bisa kalian coba di Taman Margasatwa Ragunan:
 
  • Kuda Tunggang

Fasilitas pertama yang dapat dinikmati oleh Genhype adalah kuda tuggang. Kalian yang ingin menikmati Kuda Tunggang dapat menaikinya dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan biaya sebesar Rp5.000 per satu kali keliling, wisatawan dapat menaiki kuda tunggang ketika berada di dalam Taman Margasatwa Ragunan.
 
  • Unta Tunggang

Selain kuda tunggang, fasilitas adalah onta tunggang. Kalian tidak perlu ke negara-negara Timur Tengah untuk dapat menunggangi onta karena di taman ini juga kalian bisa melakukannya. Biaya yang harus dikeluarkan oleh wisatawan ketika menaiki onta sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kuda, yakni Rp7.500 per satu kali keliling.
 
  • Gajah Tunggang

Selain kuda dan unta, pengunjung Taman Margasatwa Ragunan juga dapat menunggang gajah, dan menikmati sensasi berada di atas satwa dengan ukuran yang besar ini. Atraksi gajah tunggang hanya ada pada minggu dan libur nasional. Kemudian, untuk menaiki gajah ketika berkunjung ke taman ini, wisatawan cukup merogoh kantong dan mengeluarkan uang sebesar Rp7.500 untuk sekali keliling.
 
  • Kuda Bendi

Kuda bendi adalah kendaraan tradisional yang mirip dengan delman atau andong. Saat ini, Kuda bendi sudah tidak langka di jalanan ibu kota. Kalian yang ingin merasakan sensasi menaiki kuda bendi di Taman Margasatwa Ragunan dapat membayar sebesar Rp15.000 per orang per sekali keliling.

Baca juga: 4 Kiat Aman Liburan di Tengah Kondisi Cuaca Ekstrem
1
2


SEBELUMNYA

Gamers Merapat, Ini Cara Klaim Death Stranding Gratis di Epic Games Store

BERIKUTNYA

SM Entertainment Siap Rilis Lagu Hot & Cold, Tampilkan Kolaborasi 4 Idola Papan Atas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: