Pengunjung melihat koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta. (Sumber: Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

Rekomendasi Wisata Sekitar Jakarta dengan Bujet di Bawah Rp50.000

09 May 2023   |   09:00 WIB

Berwisata, bepergian bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, atau sekadar melepas penat adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Sesekali, kita perlu melakukan wisata untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran setelah lama bekerja atau belajar. 

Kegiatan ini juga tidak selalu identik dengan biaya yang mahal. Ada banyak tempat wisata murah yang bisa kalian kunjungi, misalnya di sekitar Jakarta. Meskipun terbilang murah meriah, tapi tempat-tempat wisata berikut ini tetap layak dikunjungi karena bisa membawa kesenangan hingga menambah wawasan. 

Nah, biar tidak penasaran, yuk simak rekomendasi tempat wisata di sekitar Jakarta yang bisa kalian jadikan pilihan dengan bujet di bawah Rp50.000.  

Baca juga: Rekomendasi Wisata Alam dan Kuliner di Bogor
 

Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan atau juga disebut Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan sebesar Rp.4000 untuk dewasa dam Rp.3000 untuk anak-anak. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Ragunan sempat ditutup selama sekitar 3 minggu sejak 19 September 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, tetapi dibuka kembali pada 11 Oktober 2005. Kebun binatang ini memiliki banyak spesies hewan yang langka antara lain kakatua, orangutan, gorila, anoa, hingga gajah 
 

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu taman hiburan bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Untuk harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah sebesar Rp. 25.000 per orang.

Taman dengan area seluas 150 hektare area ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di 26 provinsi di Nusantara (situasi pada 1975). Gambaran itu ditampilkan dalam bentuk anjungan daerah arsitektur tradisional hingga aneka busana, tarian, dan tradisi masing-masing wilayah. 

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia. Di kawasan ini juga tersedia fasilitas seperti kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di Jakarta. 
 

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Kebun ini dioperasikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan terletak di pusat Kota Bogor. Bersebelahan dengan kompleks istana kepresidenan Istana Bogor. 

Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Letak geografis Bogor yang mengalami hujan hampir setiap hari bahkan di musim kemarau menjadikan kebun ini sebagai lokasi yang menguntungkan untuk budidaya tanaman tropis.

Didirikan pada 1817 oleh pemerintah Hindia Belanda, Kebun Raya Bogor berkembang pesat di bawah kepemimpinan berbagai ahli botani terkenal termasuk Johannes Elias Teijsmann, Rudolph Herman Christiaan Carel Scheffer, dan Melchior Treub.

Sejak didirikan, Kebun Raya Bogor berfungsi sebagai pusat penelitian utama pertanian dan hortikultura, dan merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Tiket masuknya dibanderol Rp 30.000. 
 

Museum Nasional

Monumen Nasional atau yang populer disebut Monas merupakan monumen peringatan yang memiliki tinggi 132 meter atau sekitar 433 kaki dan dibangun diarea seluas 80 hektar area. Monas sendiri memiliki keindahan yang terletak di bagian puncak tugu karena terdapat lidah api yang dilapisi oleh lembaran emas, yang menggambarkan sebuah semangat perjuangan Bangsa Indonesia yang menyala-nyala layaknya api.

Hal menarik yang dapat ditemukan di monas yaitu antara lain relief sejarah nasional Indonesia, ruang kemerdekaan, hingga pelataran puncak dan api kemerdekaan. Adapun, bagi Genhype yang ingin berkunjung ke Monumen Nasional, kalian bisa masuk dengan harga yang relatif murah. Harganya berbeda-beda tiap kategori, berikut rinciannya.  

Kunjungan Museum dan Cawan:
- Rp2.000,00 (Anak/Pelajar)
- Rp3.000,00 (Mahasiswa)
- Rp5.000,00 (Dewasa/Umum)

Kunjungan hingga Puncak:
- Rp4.000,00 (Anak/Pelajar)
- Rp8.000,00 (Mahasiswa)
- Rp15.000,00 (Dewasa/Umum)

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Yogyakarta dengan Spot Foto Instagramable

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Karya Siswa SMK NU Banat Kudus Melenggang di Hong Kong Fashion Week

BERIKUTNYA

5 Keunggulan Laptop Gaming Terbaru ROG Berbekal 13th Gen Intel Core, Cek Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: