Surabaya Night Zoo (Foto: Website SNZ)

Mengintip Kehidupan Malam Hewan Nokturnal di Surabaya Night Zoo

21 February 2024   |   19:21 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Melihat kehidupan hewan di waktu siang sudah biasa, tapi apa rasanya menyaksikan tingkah laku mereka saat gelap tiba? Pengalaman unik ini salah satunya dapat ditemui di Surabaya Night Zoo, sebuah kebun binatang berkonsep wisata malam yang menakjubkan.

Pengunjung dapat mengeksplorasi kehidupan malam dari hewan-hewan liar yang menciptakan suasana berbeda jika dibandingkan dengan waktu siang. Terletak di Jalan Setail, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Surabaya Night Zoo diinisiasi Kebun Binatang Surabaya sebagai wisata edukasi untuk mengenal kehidupan hewan saat malam hari. 

Baca juga: 6 Hewan Indonesia yang Telah Dinyatakan Punah, Terbaru Ikan Pari Jawa

Wisatawan bisa berkunjung ke zona Surabaya Night Zoo mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Saat memasuki kebun binatang, pengunjung akan merasakan atmosfer unik yang menawarkan suasana berbeda dari destinasi kebun binatang pada umumnya. Sambutan hangat nan menyala disuguhkan dengan penampilan fire dance yang menambah suasana malam yang hangat menyerupai api unggun.
 
Wisata kebun binatang malam yang telah buka sejak Juni 2023 ini disambut positif masyarakat di mana angka kunjungan yang melonjak sejak hari pertama buka. Tidak hanya menyaksikan satwa malam, Surabaya Night Zoo juga mengedukasi pengunjung dengan memberikan wawasan seputar hewan-hewan nokturnal yang aktif saat malam hari.
 

Surabaya Night Zoo (Sumber gambar: Instagram.com/surabayasparkling)

Surabaya Night Zoo (Sumber gambar: Instagram.com/surabayasparkling)


Selain menambah wawasan tentang satwa nokturnal, pengunjung dapat langsung berinteraksi dengan hewan-hewan dan mengambil foto bersama. Berbeda dengan kondisi siang hari, nuansa malam hari kentara dengan warna-warni lampu dan atmosfer yang cukup sunyi. Sembari menikmati tenangnya malam, tour guide akan memandu pengunjung berkeliling sambil menjelaskan bagaimana satwa nokturnal berperilaku saat malam hari.
 
Lantaran suasana yang lebih tenang dan gelap, Surabaya Night Zoo memang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin mendalami edukasi mengenai hewan. Pihak pengelola juga menyediakan zona mapping lighting yang menceritakan perjalanan sejarah Kebun Binatang Surabaya yang berdiri sejak 1916.
 
Selain hewan-hewan nokturnal, pengunjung bisa melihat replika matoa gorilla, bermacam jenis reptil, hingga memberi makan ikan secara langsung. Pengunjung hanya akan dibawa ke area hewan-hewan yang aktif di malam hari, seperti kura-kura dan penyu. Setelahnya, pengunjung akan dibawa ke area aquarium, diorama, dan nocturama.
 

Surabaya Night Zoo (Sumber gambar: Surabaya Zoo)

Surabaya Night Zoo (Sumber gambar: Surabaya Zoo)


Untuk bisa menjelajahi seluruh konsep wisata kebun binatang malam ini, pengunjung hanya diberi durasi kunjungan sekitar 45-60 menit saja. Selain untuk menjaga efisiensi waktu, batasan waktu ini juga diberikan karena kondisi malam di mana beberapa hewan mungkin memerlukan istirahat. Selain waktu, Surabaya Night Zoo juga membatasi jumlah pengunjung hingga 25 orang saja per satu grup. 

Baca juga: Mengenal Cat Zoomies, Saat Kucing Tiba-tiba Aktif Berlarian
 
Pengunjung yang berminat mengunjungi ke Surabaya Night Zoo perlu menyiapkan uang sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000 untuk satu kali sesi kunjungan. Untuk sampai di Surabaya Night Zoo, pengunjung perlu menempuh sekitar 500 meter dari Terminal Joyoboyo, Surabaya dan tetap lurus di Jalan Darmo hingga sampai di Kebun Binatang Surabaya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sam Mendes Bakal Jadi Sutradara Film Biopik The Beatles

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi Lengkap Suzuki Jimny 5-Pintu yang Ramai dibahas di IIMS 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: